8 Benda Yang Wajib Kamu Siapkan Saat Ban Mobil Bocor


8 Benda Yang Wajib Kamu Siapkan Saat Ban Mobil Bocor 1

Ketika mobil kamu mengalami bocor pada ban, pasti menjadi suatu hal yang tidak mengenakkan, dan menjadi stres bagi kamu yang tidak mau ribet. Ban mobil memang dirancang sedemikian baiknya, dengan kualitas yang berbeda-beda, tergantung kocek kalian. Ban mobil bocor memang menjadi kendala, disaat mobil sedang melaju kencang, atau ketika memang usia ban memang sudah cukup lama, sehingga memang layak diganti. Ban dengan kualitas rendah pasti sangat mudah atau rawan mengalami kebocoran bahkan kerusakan yang bia berbahaya dan beresiko besar bagi pengendaranya. Nah buat kalian yang tak mau ribet namun harus tetap hati-hati dan mempersiapkan beberapa hal, khususnya benda-benda yang wajib kalian bawa saat ban mobil mengalami bocor. Berikut 8 benda yang wajib kamu bawa saat ban mobil mengalami bocor.

1. Kunci Roda atau Tool Kit

Kunci roda atau tool kit
Kunci roda atau tool kit

Benda pertama yang wajib kamu bawa adalah kunci ban, kunci ini dirancang khusus untuk melepas baut yang terletak pada ban, khususnya mobil itu sendiri. Kunci untuk melepas baut pada ban terdiri dari beberapa ukuran, tergantung ukuran baut pada ban itu. Jika kalian tak membawa benda ini tentunya kalian akan mengalami kesulitan, apalagi untuk melepas ban kalian harus melepas baut-baut pada ban itu sendiri.

2. Ban Serep atau Cadangan

Ban cadangan
Ban cadangan

Jika kamu bepergian membawa mobil, pasti setiap mobil itu memiliki tempat sekaligus ban cadangan atau dikenal ban serep. Ban serep atau ban cadangan itu memang difungsikan untuk mengganti ban mobil, ketika ban mengalami bocor, atau kerusakan parah, sehingga ban serep dapat digunakan untuk sementara. Jika kalian tak membawa ban serep ini, kalian akan kesulitan apalagi kalian mengalami ban bocor di daerah yang sepi, atau jauh dari tukang tambal ban. Jadi ban serep ini memang penting dan sangat krusial khususnya untuk pengguna mobil.

3. Dongkrak

Dongkrak
Dongkrak

Benda berikutnya yang wajib kamu bawa adalah dongkrak. Dongkrak sendiri merupakan alat yang berfungsi menaikkan bodi mobil, agar ban dapat dilepas dari mobil. Peran dongkrak ini sangat penting, jika tanpa dongkrak bagaimana kalian bayangkan ban tak mungkin mampu diperbaik ketika kondisi genting atau segera karena kondisi di jalan sepi atau jauh dari pemukiman misalnya. benda ini biasanya diletakkan didekat mesin atau berada di bagasi mobil. Dongkrak sendiri terdiri bermacam-macam, tergantung jenisnya. Ada jenis dongkrak hidrolis maupun dongkrak manual. 

4. Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman
Segitiga pengaman

Benda berikutnya yang terbilang inovatif yakni segitiga pengaman, yang berfungsi untuk memberi tanda atau sinyal ke pengendara lain dijalan, untuk memberi tahu ketika mobil atau kendaraan kamu mengalami masalah, seperti ban bocor. Benda ini semestinya terus berada di mobil, bukan hanya ketika mobil mengalami ban bocor saja, namun ketika mobil mengalami kerusakan lain.

5. Tire Repair Kit

Tire repair kit
Tire repair kit

Benda berikutnya yang wajib kalian bawa adalah Tire repair kit, yang merupakan solusi bagus meski hanya sementara mengatasi ban mobil kalian mengalami bocor. Satu paket alat ini terdapat alat untuk melubangi, alat pengait, sekaligus lem untuk menambal ban itu sendiri ketika ban mobil mengalami bocor. Meski sifatnya sementara, namun menjadi solusi cerdas, ketika jauh dari bengke tambal ban.

6. Senter

Senter
Senter

Kegunaan alat yang satu ini terbilang tak begitu diperhatikan, apalagi ketika anda mengalami masalah pada mobil anda, ketika ban mobil mengalami bocor, senter dapat berfungsi baik untuk memberikan pencahayaan diwaktu gelap. Ketika malam hari anda akan mengalami kesulitan, karena memang tak dapat melihat kondisi kendaraan anda secara jelas. Namun jika hal ini terjadi di waktu siang hari, alat ini tak begitu berguna.

7. Tikar kecil

Tikar kecil
Tikar kecil

Barang yang satu ini semestinya dibawa di dalam mobil saat bepergian, karena ketika mobil mengalami masalah, bukan hanya ban bocor saja, tikar dapat berfungsi sebagai alas atau tempat berbagai komponen kecil pada mobil. Meski tak begitu penting, benda ini sebaiknya selalu ada di dalam mobil.

8. Pengukur Tekanan Ban

Pengukur tekanan ban
Pengukur tekanan ban

Benda berikutnya yang tak lupa adalah alat pengukur tekanan ban pada mobil. Alat ini terbilang cukup kecil bahkan bisa dimasukkan dalam saku pengendara. Alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan ban pada mobil agar ban kalian benar-benar seimbang, dan kita dapat menyesuaikan ukuran ban masing-masing.

Nah itu tadi 8 benda yang wajib kamu bawa di dalam mobil kalian saat ban mobil mengalami bocor dijalan, semoga bermanfaat!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap