8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Salah satu persoalan yang kerap membikin pusing ibu-ibu adalah saat melihat anaknya sulit untuk makan. Persoalan tersebut sudah barang tentu tidak boleh dibiarkan, karena kecukupan gizi lewat yang dikonsumsi memberi dampak secara langsung terhadap daya tahan tubuh .

yang susah makan, disebabkan banyak faktor, diantaranya adalah karena sejak dini atau disaat usianya menginjak 6 bulan tidak pernah dibiasakan untuk memakan padat pendamping ASI, bisa juga karena kapasitas perut yang tidak sama dengan teman-temannya sebaya, mungkin juga karena situasi dan kondisi lainnya.

Kompleksnya penyebab itulah yang membuat ibu harus sabar mengamati keseharian serta mencoba berbagai macam cara untuk menggugah selera makan .

Baca juga  Autism Disorder? Hati-hati Pilih Makanan !

Banyak cara untuk menggugah selera makan . Delapan diantaranya yang dapat ibu coba adalah sebagai berikut:

8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Cobalah untuk menyajikan dengan porsi yang lebih sedikit, karena dimungkinkan kemampuan lambung memang tidak mampu untuk menampung porsi yang terlalu banyak.

2. Hindari suasana yang tidak menyenangkan pada saat sedang makan, seperti amarah atau omelan, karena secara psikologis akan membuat kehilangan selera.

3. Biasakan agar makan dengan jadual yang teratur, seperti halnya kalau tidur atau mandi. Sehingga begitu jam makan tiba, dengan sendirinya dia akan mencari nasi dan lauk sendiri tanpa harus disuruh.

Baca juga  10 Makanan Australia Yang Paling Enak dan Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat Berlibur Ke Sana

4. Jika memberi camilan, berikan camilan dalam porsi yang kecil dan beragam, karena jika terlalu banyak makan camilan, selera makannya dengan sendirinya akan berkurang. Jangan sekali-kali memberi camilan dengan penyedap rasa tinggi yang diolah oleh pabrik, karena selain tidak sehat, camilan berpenyedap rasa tinggi itu juga menipu lidah anak, sehingga saat makan nasi lidahnya terasa tidak enak.

8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

5. Jangan dibiarkan anak terlalu banyak minum di sela-sela makan, karena jika perut terlalu banyak diisi air, porsi sehat yang dia santap pun bias berkurang.

6. Cara mengatasi juga bisa dilakukan dengan menyajikan yang bervariasi dan dengan bentuk yang menarik, seperti mencetak nasi dengan cetakan, membuat lauk dengan bentuk yang menarik, dan sebagainya.

Baca juga  Doyan Mukbang? 5 Restoran di Jepang ini Punya Menu Porsi Jumbo

7. Variasi dan bentuk yang menarik saja masih belum cukup, karena yang terpenting adalah rasa dari tersebut harus bisa menggugah selera makan anak. Untuk itu kewajiban bagi para ibu untuk memasak agar bisa menyajikan yang lezat bagi si buah hati.

8. Jika memungkinkan, sesekali ajaklah anak untuk ikut menyiapkan , seperti mengajaknya berbelanja sayuran yang akan dimasak, menata meja makan, atau yang lain. Dengan ikut dilibatkan, anak akan lebih menikmati yang dihidangkan.

Demikian 8 cara mengatasi anak susah makanyang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan