8 Cara Mengatasi Pesimis dengan Benar

8 Cara Mengatasi Pesimis dengan Benar

adalah cara pandang dan kondisi berpikir yang negatif terhadap apapun yang ada di dunia. Sikap muncul karena dorongan sikap putus asa, atau justru sebaliknya, keputusasaan melahirkan sikap pada diri seseorang. Sehingga dan putus asa dapat diibaratkan sekeping mata uang dengan dua sisi yang berbeda namun memiliki nilai dan pengaruh yang sama.

Sikap merupakan salah satu penyakit jiwa yang harus segera ditangani, karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi diri orang yang bersangkutan. Mereka yang diselimuti perasaan tidak akan pernah mencapai kesuksesan, karena memang tidak pernah ada upaya untuk mengerjakan apapun dengan sungguh-sungguh.

Ketidakseriusan dalam mengerjakan segala sesuatu disebabkan karena dirinya sudah merasa gagal sebelum berusaha, atau tidak ingin berusaha karena menganggap usaha yang dia lakukan tidak akan ada gunanya.

Untuk itu, bagi mereka yang memiliki risiko terserang penyakit kejiwaan yang satu ini, ada baiknya untuk menyimak cara mengatasi . Berikut cara yang dapat dilakukan:

1. Berpikir Positif

8 Cara Mengatasi Pesimis dengan Benar

Pikiran positif ibarat seberkas cahaya di tengah gelap gulita. Dia akan menerangi langkah-langkah kita, mengusir rasa takut dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, dan menghilangkan kecemasan yang muncul tanpa alasan yang jelas.

Baca juga  Apakah Kita Harus Selalu Optimis dan Tidak Boleh Pesimis?

Berpikir positif akan dapat menetralisir sikap dan memunculkan semangat baru untuk dapat berbuat sesuatu yang lebih baik.

2. Percaya Pada Potensi yang Dimiliki

Ketidakpercayaan terhadap potensi yang ada pada diri kita, membuat kita kerapkali sudah merasa gagal sebelum berusaha. Karena itu, tanamkan kepercayaan bahwa kita mampu berbuat sesuatu, atau sebelum berbuat sesuatu, asah potensi yang berhubungan dengan apa yang akan kita lakukan, sehingga kita semakin yakin akan mampu mengerjakannya dengan baik.

3. Fokus Pada Tujuan 

8 Cara Mengatasi Pesimis dengan Benar

Fokus terhadap apa yang akan dituju merupakan salah satu cara mengatasi yang efektif, karena begitu kita fokus terhadap apa yang akan kita kerjakan, pada saat itu pula segala potensi dan sumber daya yang ada akan kita kerahkan dengan semaksimal mungkin untuk dapat memperoleh hasil yang terbaik.

4. Cari Akar Permasalahan

Seorang dokter akan memberikan obat setelah tahu penyakit yang diderita pasien. Begitu juga dengan sikap , akan dapat diobati hanya jika kita mengetahui sumber permasalahan yang membuat sikap tersebut muncul.

Baca juga  Mengenal Arthur Schopenhauer, Filsuf Pesimisme yang Eksentrik

5. Ubah Sudut Pandang

Hidup selalu memiliki dua sisi: siang dan malam, gelap dan terang, senang dan susah, serta yang lain. Sehingga untuk mengubah sikap pesimis menjadi , dapat dilakukan dengan mengubah sudut pandang.

Ketika kita berhadapan dengan situasi yang tidak kita harapkan, tanamkan keyakinan bahwa ada sisi lain yang kondisinya berlawanan dengan situasi yang sedang kita hadapi, dan menjadi tugas kita untuk dapat menemukan sisi yang berlawanan tersebut.

6. Bergaul dengan Orang-Orang yang  

8 Cara Mengatasi Pesimis dengan Benar

Ungkapan bijak mengatakan: jika kita bergaul dengan penjual ikan, maka tubuh kita akan tertulari bau amis, sebaliknya, jika kita bergaul dengan penjual parfum, maka tubuh kita akan tertulari bau harum.

Ungkapan tersebut bukan untuk mendiskreditkan mereka yang berprofesi sebagai pedagang ikan, melainkan untuk menegaskan bahwa salah satu cara mengatasi pesimis adalah bergaul dengan orang-orang .

Lewat pergaulan itulah tanpa sadar pikiran kita akan dimasuki nutrisi-nutrisi yang dipancarkan oleh otak mereka, dan sikap kita juga akan terbawa oleh perilaku mereka yang senantiasa dalam menghadapi kondisi apapun.

Baca juga  Apakah Kita Harus Selalu Optimis dan Tidak Boleh Pesimis?

7. Buka Memori Positif Dimasa lalu

Sekecil apapun, kita pasti pernah menikmati kesuksesan atas apa yang kita kerjakan pada masa lalu. Bangkitkan memori keberhasilan itu untuk memotivasi diri bahwa kita bisa meraih sukses meski kita harus mengerjakan sesuatu yang berbeda dan dengan kondisi yang juga tidak sama, sepanjang kita mau berusaha dengan sekuat tenaga.

8. Pelajari Apapun yang Dapat Memotivasi Diri

Otak manusia tidak berbeda jauh dengan komputer. Jika yang dimasukkan ke dalam komputer sesuatu yang positif, maka yang keluar juga positif, begitu juga sebaliknya.

Otakpun demikian, jika hal-hal positif dan sikap yang senantiasa diterima oleh otak, maka apa yang dikeluarkan otak lewat kepribadian dan perilaku juga bersifat positif dan , tapi jika hal-hal negatif dan sikap pesimis yang dijejalkan, maka kepribadian dan perilaku yang dipengaruhi otakpun juga negatif dan pesimis.

Itu sebabnya mempelajari apapun yang dapat memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang merupakan salah satu cara mengatasi pesimis. Belajarlah dari banyak sumber untuk memotivasi diri, bisa lewat buku-buku, film, atau cerita pengalaman hidup dari orang-orang sukses! (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan