8 Cara Merawat Wajah Pria agar Semakin Tampan mempesona


8 Cara Merawat Wajah Pria agar Semakin Tampan mempesona 1

Merawat wajah tidak hanya menjadi monopoli kaum wanita, karena fungsi dari perawatan wajah juga untuk memaksimalkan sisi maskulinitas. Karena itulah kaum Adam juga harus mengerti cara merawat wajah, agar memiliki tampilan yang semakin tampan mempesona.

Tentu saja cara perawatan wajah antara pria dengan wanita berbeda, karena sisi fisik yang ingin ditonjolkan tidak sama. Selain itu perbedaan jenis kulit juga mempengaruhi, dimana lulit kaum pria memiliki kecenderungan lebih tebal, berminyak serta berpori-pori lebih besar, sedang kaum wanita sebaliknya.

Itu sebabnya ada berberapa perbedaan antara cara merawat wajah pria dengan wanita. Bagi kaum  pria yang selama ini kurang begitu memperhatikan penampilan dan tidak pernah melakukan perawatan wajah kecuali hanya dengan membasuh muka, berikut 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyempurnakan penampilan dan membuat penampilan terlihat lebih tampan.

Pastikan Wajah Bersih dari Rambut

Bersih dari Rambut

Sebagian pria memiliki hormon androgen atau testosteron dalam jumlah yang besar sehingga memiliki pertumbuhan rambut yang lebat tidak terkecuali pada bagian wajah. Pada kondisi normal, rambut tersebut tumbuh menjadi kumis, jenggot, alis dan bulu mata. Namun ada pula yang tumbuh satu – dua helai pada bagian wajah sehingga membuat wajah terlihat kotor.

Untuk membuat wajah terlihat bersih, cukurlah rambut wajah secara teratur dan dengan cara yang benar. Cara tersebut adalah dengan membasuh wajah menggunakan air hangat, baik sebelum maupun sesudah bercukur guna memudahkan proses pencukuran. Gunakan produk aftershave non-alkohol  dan lakukan pencukuran rambut wajah searah dengan tumbuhnya rambut.

 

Jaga Kelembaban Kulit Wajah

Jaga Kelembaban Kulit

Kaum pria sebenarnya lebih rentan terpapar polusi mengingat aktifitasnya di luar ruangan pada umumnya lebih panjang dibanding wanita. Pada saat di luar ruangan itulah kulit wajah akan terpapar sinar matahari dalam waktu yang melebihi batas normal dan menjadi tempat singgah debu-debu yang berterbangan. Belum lagi paparan asap rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Untuk itu, dalam membersihkan wajah tidak cukup dengan hanya mencuci muka menggunakan sabun, tapi butuh aplikasi lainnya untuk perawatan yaitu dengan menggunakan pelembab. Cuci muka pun usahakan menggunakan sabun khusus untuk mencuci muka dan tidak menggunakan sabun mandi karena dampaknya akan membuat kulit wajah menjadi kering.

 

Hindari Rokok

Hindari Rokok

Bahaya rokok tidak hanya merusak paru-paru tapi juga bisa menjadi penyebab penuaan dini karena mempercepat rusaknya sel-sel kulit. Dalam kondisi normal, perempuan cenderung mengalami gejala penuaan dini lebih cepat karena jumlah kolagen pada tubuh wanita lebih sedikit dibanding pria. Namun hal tersebut menjadi tidak berlaku jika pria memiliki ketergantungan terhadap rokok.

Rokok dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen atau protein penting yang fungsinya untuk melindungi organ dalam tubuh, membangun struktur sendi dan tendon, menyatukan bagian tubuh seperti otot dan tulang serta mempertahankan elastisitas kulit.

Dengan berkurangnya produksi kolagen, maka elastisitas kulit pun menjadi berkurang sehingga kulit menjadi kendor alias keriput. Selain berpengaruh terhadap penampilan, berkurangnya jumlah kolagen yang dihasilkan tubuh juga berdampak pada kesehatan yaitu rasa sakit pada persendian, kemampuan otot menurun hingga perapuhan tulang atau osteoporosis.

 

Perhatikan Pola makan

Pola makan

Menjaga pola makan kerapkali diabaikan kaum pria. Itu sebabnya sangat jarang pria yang menjalankan program diet. Kalaupun ada, kebanyakan bertujuan untuk membangun volume otot sebagaimana dilakukan para binaragawan.

Padahal kesempurnaan penampilan kaum pria tidak hanya sebatas pada bentuk otot tubuh, tapi juga  pada kulit wajah. Jika diet hanya bertujuan untuk membangun volume otot, maka jangan disalahkan jika penampilan Anda kurang menarik meskipun memiliki otot perut sixpack disebabkan kulit wajah yang kotor dan kusam.

Untuk itu, kaum pria juga harus memperhatikan pola makan yang terkait dengan pemeliharaan kulit, karena kulit pria cenderung berminyak dan memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga lebih rentan kotor dan kusam.

Cara merawat wajah pria agar terlihat halus dan terbebas dari jerawat adalah melalui asupan makanan dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat, utamanya yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu dengan menjauhi berbagai jenis makanan yang mengandung minyak berlebih seperti fast food, gorengan serta yang lain.

 

Gunakan Sunscreen

Pakai sunscreen

Paparan sinar ultraviolet (UV) tidak dapat dielakkan, terlebih bagi kaum pria yang sebagian besar waktunya dihabiskan di luar ruangan. Padahal UV yang dibawa oleh sinar matahari, jika membakar kulit dalam waktu yang lama akan dapat merusak warna serta tekstur kulit.

Untuk itu, tabir surya dengan  kadar SPF minimal 30 wajib digunakan sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan. Jika aktifitas merasa terganggu karena menggunakan sunscreen yang lengket, maka pilihlah produk yang gampang meresap ke dalam kulit.

 

Perhatikan Area di Sekitar Mata dan Bibir

area sekitar bibir dan mata

Area di sekitar mata dan bibir sangat rentan terhadap dehidrasi karena tidak mengeluarkan keringat dan tidak mempunyai kelenjar minyak. Itu sebabnya proses penuaan biasanya diawali dengan tanda-tanda keriput pada area di sekitar bibir dan mata.  Sehingga untuk mengatasinya tentu saja harus rajin melakukan perawatan di sekitar area tersebut.

Cara merawat wajah pria untuk area di sekitar mata dan bibir, terutama untuk menghindari dehidrasi adalah dengan mengoleskan  krim  di sekitar area tersebut, pada pagi hari dan menjelang tidur. Sedang untuk mencegah bibir pecah-pecah atau menghitam, jaga kelembaban bibir dengan menggunakan lips blam.

 

Scrub Wajah Secara Rutin

8 Cara Merawat Wajah Pria agar Semakin Tampan mempesona 3

Selain melakukan tindakan preventif dalam merawat wajah, mulai dari mencuci muka, toning hingga moisturizing, sempatkan juga sekali waktu untuk melakukan scrub wajah atau eksfoliasi.

Scrub wajah perlu dilakukan secara rutin karena dalam kurun waktu tertentu sel-sel kulit akan mati. Sel kulit yang telah mati ini jika tidak diangkat dan dibuang akan menjadi kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi juga bermanfaat untuk menghaluskan folikel kulit sehingga wajah akan senantiasa terlihat cerah.

 

Rawat Kumis dan Jenggot serta Jaga Kebersihannya

Merawat Kumis dan Jernggot

Sebagian pria ingin terlihat lebih maskulin dengan cara memelihara kumis dan jenggot. Keberadaan kumis dan jenggot tersebut bukan merupakan persoalan karena banyak wajah pria yang tetap terlihat bersih dan sedap dipandang meskipun dipenuhi kumis dan jenggot di sekitar area mulut.

Hal itu disebabkan karena pria tersebut rajin dalam merawat serta menjaga kebersihan kumis dan jenggot. Jika tidak, kumis dan jenggot selain dapat membuat wajah terlihat kumuh dan kotor juga menimbulkan gatal.

Untuk merawat kumis dan jenggot tidak membutuhkan pembersih khusus karena bisa menggunakan sabun pembersih wajah atau shampo. Hanya saja, penggunaannya jangan terlalu berlebihan agar minyak alami yang terdapat pada kumis dan jenggot tidak hilang.

Demikian 8 cara merawat wajah pria yang dapat diaplikasikan oleh kaum Adam untuk dapat tampil lebih tampan dan lebih mempesona.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap