8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba


8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba 1

Para penggemar anime Kimetsu no Yaiba pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Ya, Kibutsuji Muzan adalah tokoh antagonis utama dalam anime ini.

Raja iblis berhati dingin yang kejam ini terobsesi untuk menjadi makhluk yang abadi dan sempurna. Ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Apa sajakah fakta-fakta itu? Temukan di bawah!

1. Kibutsuji Muzan adalah seorang kakek-kakek tua?

8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba 3

Apakah seorang Kibutsuji Muzan yang sering disamakan penampilannya dengan Legenda Michael Jackson, bahkan hingga memiliki meme tersendiri ini terlihat seperti seorang kakek-kakek tua renta? Tentu saja tidak.

Ia terlihat sehat, segar, bugar seperti seorang businessman mapan di usia 30 tahunan. Percayakah anda bahwa ia ternyata telah berusia lebih dari 1000 tahun? 

Angka pastinya tidak pernah disebutkan di dalam manga hingga tamat. Namun Urokodaki Sakonji pernah mengatakan bahwa usianya lebih dari 1000 tahun! Fakta ini diperkuat dengan data yang didapat bahwa Muzan hidup sejak era Heian (795-1185 M).

Pada latar belakang anime Kimetsu no Yaiba, era yang sedang berlangsung adalah era Taisho (1912-1926). Artinya jika Muzan lahir di awal era Heian dan meninggal di akhir era Taisho, ia telah berusia 1131 tahun!

2. Kekuatan yang fantastis

8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba 4

Kembali lagi ke poin pertama. Dengan anggapan bahwa Muzan berusia 1131 tahun. Sebagai pengurangan masa kanak-kanak hingga dewasa dimana ia pertama kali diubah menjadi iblis oleh seorang dokter, anggap saja pengalaman bertarung yang ia miliki adalah sekitar 1115 hingga 1120 tahun! Tentu dengan pengalaman sebanyak itu, ia telah mengasah kemampuannya dengan sangat matang.

Sebagai seorang raja iblis, ia juga memiliki kemampuan khusus. Ia bisa mengubah manusia menjadi iblis sesuka hatinya, membunuh iblis ciptaannya, melakukan telepati dengan iblis di sekitarnya, melakukan perubahan bentuk, dan beregenerasi ketika terluka.

Pada pertarungan terakhir dengan para hashira pun, jika mereka tidak dibantu oleh racun milik Tamayo, para hashira sudah dipastikan akan kalah! Perlu diingat bahwa jumlah hashira saat itu yang melawannya berjumlah lima orang (Giyu, Misturi, Obanai, Sanemi, dan Gyomei) ditambah Tanjiro, Inosuke, Zenitsu, dan Kanao.

3.  Jumlah jantung dan otak yang fantastis

Tubuh Muzan dilihat menggunakan transparent world view 
Tubuh Muzan dilihat menggunakan transparent world view 

Fakta berikutnya yang tak kalah menakutkan adalah jumlah jantung dan otak yang dimiliki oleh Muzan. Menurut pengamatan Yoriichi Tsugikuni, Muzan memiliki 7 jantung dan 5 otak!! 

Bisa dibayangkan seberapa cepat otak Muzan berpikir, kelincahan, kecepatannya dan bagaimana ia merespon terhadap sesuatu. Organ “ekstra” ini memungkinkannya untuk meningkatkan performa tubuh iblisnya jauh melebihi kekuatan superhuman yang dapat kita bayangkan. 

4.     Dapat “berubah wujud”

Wujud Toshikuni (Kiri), wujud Tsukihiko (Tengah), wujud perempuan berkimono-nama tidak diketahui (Kanan)
Wujud Toshikuni (Kiri), wujud Tsukihiko (Tengah), wujud perempuan berkimono-nama tidak diketahui (Kanan)

Seperti yang kita tahu, pada anime season pertama Kimetsu no Yaiba, Muzan memiliki penampilan seperti “Michael Jackson”, yaitu seorang bapak-bapak muda dengan jas serta topi fedora. Pada “wujudnya” ini, istri dan anaknya memanggilnya “Tsukihiko”.  Pada bagian akhir anime juga, sekitar episode 23, terlihat Muzan menemui lower moon dalam rupa perempuan berambut panjang yang menggunakan kimono hitam dengan motif bunga.

Dalam manga, setelah Mugen Train arc, Muzan muncul kembali dalam rupa anak laki-laki berkulit pucat yang memiliki alergi terhadap cahaya matahari. Dalam rupa anak-anak ini, ia bernama Toshikuni. Pada “wujud” Toshikuni, ia sama sekali tidak tampak seperti seorang iblis. Namun ketika Akaza datang untuk memberikan laporan, seketika itu juga kukunya tumbuh dan matanya tiba-tiba meruncing seperti mata iblis. 

Wujud Muzan yang selanjutnya adalah wujudnya ketika sedang bertarung. Pada wujud ini, rambutnya berubah menjadi putih, tangan dan kakinya tumbuh daging-daging dengan mulut serta gigi tajam, kedua kakinya berubah menjadi kaki monster dengan kuku-kuku tajam, serta muncul sejenis pecut dari tulang-tulang rusuk bagian belakangnya yang sangat tajam.

Pada wujud terakhirnya, Muzan berubah menjadi bayi yang sangat besar setinggi bangunan tiga lantai. Wujud ini adalah wujudnya ketika ia ingin bertahan dari serangan Tanjiro dan para demon slayers. Pada wujudnya ini, ia tampak mencoba untuk melarikan diri dari sinar matahari, satu-satunya kelemahannya.

Wujud bayi raksasa
Wujud bayi raksasa

5. Memiliki trauma terhadap anting-anting hanafuda

8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba 5

Ketika Muzan bertemu dengan Tanjiro di salah satu sudut kota. Ia mengingat kembali kejadian menegangkan dimana ia hampir dibunuh oleh seorang pendekar pedang berambut merah panjang, dengan anting-anting hanafuda, Yoriichi Tsugikuni. Y

oriichi berhasil melukai Muzan hingga ke tingkat sel dengan menggunakan pernapasan matahari dan pedang nichirin merah miliknya, bekas luka itu bahkan tidak dapat disembuhkan dan masih dapat dilihat hingga pada pertarungan akhir Muzan melawan para hashira.

Adegan Yoriichi hampir membunuh Muzan pada anime agak berbeda dengan yang dilihat oleh Tanjiro. Pada manga, diperlihatkan adegan tersebut berlangsung di hutan bamboo. Namun pada anime, adegan itu diperlihatkan berlangsung di pinggir jalan dengan rumah-rumah Jepang zaman dahulu.

6. Alasannya membunuh seluruh keluarga Tanjiro

8 Fakta Menarik Kibutsuji Muzan, Raja Iblis di Kimetsu no Yaiba 6

Mengapa Muzan membunuh seluruh keluarga Tanjiro pada episode pertama anime? Tentu saja jawabannya adalah balas dendam. Muzan kemungkinan secara tidak sengaja menemukan keluarga Kamado yang memiliki hubungan dengan anting-anting hanafuda.

Anting-anting hanafuda tersebut melekat kuat dengan Yoriichi Tsugikuni, yang pernah hampir membunuh Muzan pada masa Sengoku. Tujuannya adalah melenyapkan keturunan Yoriichi, dengan harapan orang yang memiliki kemampuan pernapasan matahari musnah. 

Kejadian ini juga memungkinkan untuk menjawab pertanyaan, mengapa Muzan mengubah Nezuko menjadi iblis. Dengan mengetahui bahwa mereka berhunungan dengan pemilik teknik pernapasan matahari, Muzan memiliki harapan yang tinggi bahwa Nezuko dapat menjadi iblis yang kuat.

Mengingat Kokushibou (Michikatsu Tsugikuni), Upper Moon 1, bawahan langsung yang paling kuat dalam 12 Kizuki adalah saudara kembar dari Yoriichi Tsugikuni.

7. Mendambakan keabadian

Blue Spider Lily
Blue Spider Lily

Kehidupan Muzan selalu dibayangi oleh kematian, bahkan sejak ia masih berada dalam rahim. Ia telah divonis meninggal ketika ia lahir, namun kemudian ia menangis ketika akan dikremasi. Pada usia remajanya juga ia divonis akan meninggal karena suatu penyakit sebelum berumur 20 tahun. Pengobatan yang ia dapatkan dari seorang dokter adalah obat bunga spider lily biru. Namun, hasil yang ia dapatkan adalah ia berubah menjadi iblis.

Dengan menjadi iblis, artinya ia harus memakan daging manusia dan tidak boleh terpapar cahaya matahari. Tujuan utamanya adalah menjadi iblis yang sempurna dimana ia bisa berjalan di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, ia menugaskan 12 Kizuki untuk menemukan bunga spider lily biru dengan harapan dapat mendatangkan keabadian yang sempurna bagi dirinya.

8. Memiliki ikatan darah dengan Kagaya Ubuyashiki, pemimpin Demon Slayer?!

Kibutsuji Muzan dan Kagaya Ubuyashiki
Kibutsuji Muzan dan Kagaya Ubuyashiki

Kagaya Ubuyashiki memiliki hubungan darah dengan Muzan. Keluarganya memiliki kutukan abadi karena telah melahirkan iblis yang memangsa manusia. Seluruh anak laki-laki akan menderita penyakit mematikan dan akan meninggal sebelum mereka berumur 20 tahun.

Seorang pendeta berkata bahwa untuk menghilangkan kutukan tersebut, keluarga Ubuyashiki harus mendedikasikan hidup mereka untuk memusnahkan Muzan. Hal ini sendiri diungkapkan oleh Kagaya Ubuyashiki pada chapter 137 ketika Muzan menemuinya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aditchii

   

Hanya seorang mahasiswa yang salah jurusan

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap