8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 1

Hiu adalah kelompok ikan yang telah berkeliaran di lautan kita selama ratusan juta tahun. Kelompok ini mencakup beberapa pemangsa besar, mulai dari Helicoprion yang telah punah, yang memiliki rahang seperti gergaji bundar, hingga hiu putih besar modern yang melaju cepat di air seperti peluru saat mereka memburu mangsa.

Banyak hiu raksasa telah berevolusi dan punah sepanjang sejarah bumi, namun hingga kini banyak juga yang masih mengintai di lautan saat ini, meskipun tidak semua adalah predator ganas. Berikut adalah delapan hiu terbesar dari dulu dan sekarang, yang pernah hidup di dunia.

1. Hiu Megamouth

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 3

Hiu Megamouth (Megachasma pelagios) adalah pemakan hewan kecil dan sejumlah besar krustasea dan plankton mirip udang, daripada berburu mangsa yang lebih besar. Hiu ini makan seperti sedang mengambil tegukan besar air laut dan kemudian mendorong air keluar melalui insang mereka, meninggalkan mulut mereka penuh dengan makhluk kecil yang lezat. Hiu megamouth dapat tumbuh hingga panjang sekitar 5 meter (m) dan berat 750 kilogram (kg), menurut Animal Diversity Web (ADW) Universitas Michigan.

Spesies ini pertama kali ditemukan di lepas pantai Hawaii pada tahun 1976, ketika seekor hiu megamouth tertabrak dan terjerat di jangkar kapal Angkatan Laut, seperti pernah dikutip oleh media Live Science. Hiu megamouth menghabiskan hari-hari mereka jauh di dalam laut, kemudian naik ke permukaan air pada malam hari saat mereka mengikuti sumber makanan mereka. Mereka hidup di semua lautan besar di seluruh dunia tetapi distribusi pastinya masih kurang dipahami oleh para ilmuwan, demikian menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

2. Hiu Perontok

Jenis hiu perontok atau Alopias vulpinus memiliki ekor yang panjang dan berbentuk sabit. Ekor itu membentuk setengah dari total panjang tubuh mereka, demikian menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Hiu perontok menggesekkan ekornya yang besar seperti cambuk untuk menyetrum ikan, memukul mereka secara langsung dan dengan gelombang kuat yang dihasilkan oleh sapuan, membuat mangsanya lebih mudah ditangkap.

Hiu ini bisa tumbuh hingga 6,1 meter panjangnya. Hiu perontok terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang 7,6 m, dan yang terberat memiliki berat lebih dari 340 kg, menurut Museum Sejarah Alam Florida. Hiu perontok hidup di perairan laut tropis dan dingin di seluruh dunia dan kebanyakan memakan ikan kecil yang berkelompok seperti ikan herring.

3. Hiu Greenland

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 4

Hiu Greenland ( Somniosus microcephalus ) adalah hewan aneh yang menghuni perairan dalam dan dingin di Samudra Arktik dan Atlantik Utara. Parasit laut sering menempel pada mata hiu Greenland, yang dapat membuat mereka buta sebagian. Tapi itu tampaknya tidak terlalu mengganggu hiu ini, karena mereka menggunakan indra mereka yang lain untuk menangkap mangsa. Hiu Greenland memakan ikan dan mamalia laut seperti anjing laut. Mereka tumbuh perlahan tetapi dapat mencapai panjang 7,3 m dan berat hingga 1.200 kg, menurut St. Lawrence Shark Observatory di Kanada.

Sebuah studi tahun 2016 tentang hiu Greenland yang diterbitkan dalam jurnal Science memperkirakan bahwa hiu ini bahkan tidak mencapai kematangan seksual sampai mereka berusia sekitar 156 tahun. Studi ini juga menunjukkan bahwa umur maksimum hiu Greenland setidaknya 272 tahun.

“Penting untuk diingat ada beberapa ketidakpastian dengan perkiraan ini,” Julius Nielsen, rekan penulis makalah 2016 sebelumnya mengatakan kepada Live Science. “Tetapi bahkan bagian terendah dari rentang usia – setidaknya 272 tahun – menjadikan hiu Greenland sebagai vertebrata yang hidup paling lama yang diketahui sains.”

4. Hiu Putih Besar

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 5

Hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dikenal juga dengan nama Hiu Great White. Jenis hiu ini mungkin adalah predator paling terkenal di lautan. Menurut Museum Sejarah Alam Florida, Hiu putih besar diperkirakan tumbuh hingga 6 m panjangnya, tetapi ada laporan yang belum dikonfirmasi menyatakan kalau hiu ini bisa mencapai panjang 7 m. Mereka juga dapat memiliki berat hingga lebih dari 3.000 kg, menurut World Wildlife Fund (WWF).

Sebagai satwa laut, hiu putih besar menghabiskan sebagian besar waktu mereka berburu ikan dan mangsa kecil lainnya di dan dekat dasar laut. Saat dewasa, hiu memburu mamalia laut seperti singa laut dan lumba-lumba. Hiu putih besar memiliki jangkauan geografis yang luas tetapi paling umum di perairan beriklim sedang, seperti di lepas pantai barat AS di Samudra Pasifik, menurut IUCN.

5. Helicoprion

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 6

Ada segelintir hiu punah yang memiliki tubuh melampaui ukuran hiu putih besar modern dan hiu Greenland, jneis ini dikenal dengan nama Helicoprion. Kerabat ikan ratfish purba ini dijuluki “hiu gergaji” karena memiliki rahang melingkar dengan satu set gigi spiral. Fosil rahang Helicoprion, yang menyerupai amon runcing, menunjukkan hiu ini mungkin telah tumbuh hingga 7,7 m, menjadikannya predator terbesar di bumi ketika mereka hidup hampir 270 juta tahun yang lalu.

6. Hiu Basking

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 7

Hiu Basking mungkin merupakan hiu pemangsa terbesar yang hidup saat ini. Meskipun hiu basking (Cetorhinus maximus) hanya memakan plankton, mereka dapat mencapai panjang hingga 12,2 m dan berat lebih dari 5 ton, menurut Museum Sejarah Alam Florida. Raksasa ini paling sering ditemukan di Samudra Atlantik dan Pasifik, menurut IUCN.

Hiu basking sering dianggap sebagai raksasa yang lambat dan lembut, tetapi mereka mampu meluncur keluar dari air dengan kecepatan 18 km/jam dan melompat 4 kaki (1,2 m) di udara untuk bermanuver. Perilaku manuver ini sering digunakan untuk berkomunikasi dengan hiu basking lainnya, atau untuk membersihkan diri dari parasit.

7. Hiu Paus

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 8

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah hiu terbesar yang masih hidup saat ini di dunia. Mereka biasanya tumbuh antara 5 sampai 10 m, panjang dan beratnya sekitar 21 ton. Namun, hiu paus terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang 20 m dan berat 46 ton, menurut Zoological Society of London. Hiu paus hidup di lautan beriklim tropis dan hangat di seluruh dunia, termasuk sering terlihat di Indonesia juga.

Hiu paus dikategorikan sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN dan terancam punah karena penangkapan ikan, serangan perahu dan aktivitas manusia lainnya.

8. Megalodon

8 Hiu Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia, 1 Sering Nongkrong di Indonesia 9

Raja hiu pemangsa yang tak terbantahkan adalah megalodon (Carcharocles megalodon). Anggota spesies yang punah ini adalah hiu terbesar yang pernah hidup dan ikan terbesar yang diketahui sains. Ukuran pasti megalodon diperdebatkan dalam komunitas ilmiah tetapi mereka mungkin memiliki panjang sekitar 18 m berdasarkan fosil gigi, dan bahkan mungkin bisa mencapai sepanjang 24 m. Mereka mungkin juga memiliki berat hingga 50 ton, menurut Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian.

Sebagian besar fosil megalodon berumur antara zaman Miosen tengah dan zaman Pliosen, atau sekitar 15,9 juta hingga 2,6 juta tahun yang lalu, karena tidak ada lagi catatan keberadaannya setelah periode ini. Megalodon telah dibangkitkan di layar lebar, seperti dalam film thriller fiksi ilmiah 2018 “The Meg,” tetapi megalodon yang sebenarnya sudah lama hilang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung