8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia


8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 1

Kamu sedang sedih, putus asa, atau stress? STOP semua itu! Teruslah membaca jika kamu ingin mengetahui cara hidup yang lebih bahagia dengan 8 langkah ini.

Pernahkah kamu berpikir tentang saat paling bahagia dalam hidup? Seperti apa saat paling bahagia itu? Kamu mungkin memiliki jawaban yang berbeda-beda. Tapi mari kita lihat bersama, apa definisi kebahagiaan dan bagaimana kita dapat meraihnya?

Apa Itu Kebahagiaan?

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 3

Definisi kebahagiaan sendiri telah diungkapkan sejak lama oleh banyak tokoh. Aristoteles misalnya, beliau mengungkapkan bahwa kebahagiaan adalah fokus dan bertindak berdasarkan kebijakan jangka panjang. Sedangkan orang-orang Hedonisme berpendapat bahwa kebahagiaan adalah menghindari rasa sakit dan berjuang mendapatkan kesenangan. Ini adalah definisi yang bagus, namun tentunya belum terasa lengkap.

Sedangkan ilmu pengetahuan modern menambahkan tiga kriteria penting untuk menjalani kehidupan yang bahagia. Martin Seligman (psikolog) misalnya, beliau mendefinisikan bahwa kebahagiaan juga menyangkut emosi positif, hubungan positif dan keterlibatan. Kita telah memahami definisi ini, sehingga kita bisa segera meraih kebahagiaan dengan 8 langkah berikut ini:

1. Terimalah Menjadi Manusia!

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 4

Seperti apa kata pepatah “roda kehidupan pasti berputar”, begitu halnya pasang surut dalam hidup. Kebahagiaan bukanlah kondisi yang konstan. Kondisi sedih, marah, stress juga bagian dari kehidupan. Jika kita menolaknya, kondisi yang buruk bisa semakin membesar. Maka terimalah kenyataan ini!

Lalu, bagaiman untuk mengatasi masalah ini? Sebagai contoh, mungkin kamu merasa sedih karena tidak mendapatkan pekerjaan impian. Akui kenyataan dan kesedihan ini! Tapi segera alihkan dan fokus pada apa yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan ini.

2. Berpikir Positif

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 5

Berpikir positif adalah salah satu cara yang akan membuatmu merasa lebih bahagia dan tidak terlalu tertekan seiring berjalannya waktu. Hidup akan lebih mudah dijalani ketika kamu terbiasa berpikir positif. Lebih lanjut, berpikir positif terhadap sesuatu yang negatif akan membuatmu lebih tangguh dalam menjalani kehidupan.

3. Fokus dengan Rasa Syukur

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 6

Kamu bisa bersyukur tentang segala sesuatu yang kamu miliki saat ini. Syukur merupakan bagian dari Intervensi Psikologi Positif. Jika rasa syukur ibarat tanaman di taman rumah, hendaknya kamu merawatnya agar tetap hidup subur.

4. Quality Time

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 7

Waktu yang berkualitas bersama keluarga atau teman dapat menambah kebahagiaan hidup. Keluarga dan teman akan mendukungmu ketika kamu dalam keadaan sulit. Mereka juga dapat menjadi teman curhat yang dapat kamu minta pendapat tentang masalahmu. Sehingga kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi kehidupan karena tidak dipendam sendirian.

5. Olahraga

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 8

Rencanakan waktu di sela-sela kesibukanmu untuk berolahraga, 5 menit berjalan kaki di luar rumah sudah cukup. Olahraga dapat mengurangi hormon stress dan memperbaiki gejala depresi. Dengan olahraga, tubuhmu akan diberikan suntikan kebahagiaan yang tidak dapat ditolaknya.

6. Temukan Tujuan

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 9

Kamu harus menciptakan tujuan pribadimu sendiri. Ketika kamu punya tujuan hidup, secara tidak langsung akan menambah perasaan bahwa waktumu di dunia ini penting sehingga berusaha malakukan yang terbaik.

7. Capai Tujuan

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 10

Sebuah prestasi dapat membawa kegembiraan dan kebahagiaan. Walaupun kecil, kemenangan tetaplah kemenangan. Untuk meraih tujuan, buat tujuan yang spesifik, terukur, realistis, dan terikat dengan waktu.

8. Kelola Waktu

8 Langkah untuk Menjalani Hidup yang Lebih Bahagia 11

Jika langkah-langkah diatas terlihat membebani, mulailah dengan mengatur waktu terlebih dahulu. Mengatur waktu lebih baik daripada memiliki waktu. Dengan mengatur waktu, kamu bisa melakukan hal-hal yang ingin kamu nikmati dan tidak melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak diinginkan. Sehingga hidup akan lebih bahagia dan berkualitas.

Singkatnya, Bagaimana Kita Menjalani Hidup yang Bahagia?

Kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa kamu pelajari sekaligus kamu ciptakan. Singkatnya, jika kamu sekarang tidak bahagia, ketahuilah bahwa itu akan berlalu. Fokuslah pada apa yang akan kamu hadapi dan lakukan. Jangan lupa untuk selalu memupuk rasa syukur dari hal-hal yang kecil. Luangkan waktu untuk keluarga atau teman dan tentunya jangan lupa waktu untuk olahraga. Terus kerjakan hal positif yang kamu suka yang akan memandumu menjadi versi terbaik dari dirimu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ahmad

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap