8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Banyak dari kita tentunya hobi dan mempunyai napsu makan yang besar. Atau mungkin beberapa diantara kalian sering sekali wisata menikmati - lezat. Mana yang paling kalian sukai ? daerah atau - luar negeri seperti chinese food dan europan food ? sebagian besar pasti akan mengatakan lebih menyukai yang berasal dari sendiri. Alasannya karena Indonesia mempunyai variasi yang begitu banyak. Selain itu hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai khas-nya sendiri.

Tidak perlu jauh- jauh. Semisal kita adalah orang Yogyakarta kemudian berkunjung ke daerah sekitar seperti Solo atau Magelang pasti akan menemukan - khas dari kota tersebut. untuk itu kami merangkum beberapa khas dari daerah di pulau yang bisa kalian coba.

Lontong Balap

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Dari namanya mungkin seperti sedang ada pertandingan balap, tentunya tidak. Ini adalah makanan yang dinamakan Lontong Balap. Makanan ini berasal dari daerah Surabaya, Timur. Mengapa di namakan Lontong Balap ? karena pada jaman dulu para penjual Lontong balap menggunakan gerobak yang dipikul, kemudian menjualnya berkeliling. Yang unik adalah para penjual ini biasanya berjalan lebih cepat daripada pedagang pada umumnya.

Lontong Balap sendiri adalah makanan berisi Lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih. Hampir mirip dengan Kupat Tahu khas Magelang, Tengah tetapi dengan sensasi rasa yang sedikit berbeda tentunya.

 

Lontong Kari

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Lagi- lagi makanan berbahan dasar lontong. Makanan Lontong kari ini berasal dari daerah Barat. Untuk yang tinggal di luar daerah tersebut wajib banget untuk mencoba mencicipi Lontong Kari ini. Makanan ini biasanya berisi lontong, bumbu kacang, daging sapi, bawang goreng, bumbu kari dan Telur.

Nah bisa dibayangkan seperti apa rasanya. Selain rasa yang gurih dari bumbu kecap, ada juga campuran rasa kuah kari yang benar- benar nikmat dan menggugah selera makan. Apalagi jika disajikan dengan kuah yang masih hangat.

Baca juga  5 Jajanan Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Korea

 

Tempe Mendoan

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Nah kalau ini mungkin cukup terkenal di daerah tengah. Sebab Tempe Mendoan adalah makanan yang berasal dari Keresidenan Banyumas. Lalu perbedaan nya dengan tempe pada umumnya apa ? perbedaannya adalah, biasanya tempe mendoan disajikan setengah matang atau lebih cenderung basah. Berbeda dengan tempe goreng tepung yang umum atau tempe kemul yang berasal dari daerah Wonosobo. Perbedaan paling signifikan adalah dari bentuk tempe yang tipis kemudian diselimuti dengan tepung basah yang di goreng setengah matang.

Biasanya tempe mendoan ini paling enak jika disajikan bersama dengan beberapa makanan seperti Ketupat Lontong atau Pecel Sayur. Jika tidak ada maka bisa dinikmati secara utuh dengan cabai rawit atau bumbu kacang.

 

Gethuk Goreng

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Masih di Keresidenan banyumas atau lebih tepatnya dari daerah Sokaraja, Tengah. Gethuk Goreng ini cukup terkenal sebagai cemilan oleh- oleh. Berbeda dengan Gethuk pada umumnya yang penyajiannya dengan dikukus, Gethuk Sokaraja ini di sajikan dengan di goreng. Selain itu rasa manis pada gethuk ini bercampur dengan rasa gurih.

Rasa ini di dapat karena bahan- bahan dalam pembuatan gethuk goreng ini biasanya dicampur dengan Gula atau Gula Merah. Hal unik lainnya biasanya jika kalian membeli Gethuk goreng ini, pengemasannya bukan menggunakan bungkus plastik tetapi menggunakan besek dari anyaman bambu.

 

Nasi Gandul

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Jika kalian berkunjung ke daerah Pati, Tengah belum lengkap rasanya jika belum mencoba berkuliner dan mencicipi makanan khas daerah tersebut bernama Nasi Gandul. Mengapa di namakan nasi gandul ? karena penyajiannya yang biasanya menggunakan alas daun pisang.

Baca juga  Menjadi Modern dan Menjadi Jawa itu Bukan Jalan yang Berbeda

Nasi Gandul ini biasanya adalah makanan yang berisi nasi uduk atau bisa menggunakan nasi putih, telur, daging sapi, dan kuah santan bumbu kuning . tapi konon katanya rasa Nasi Gandul yang asli sedikit berbeda dengan yang ada secara umum. Hal ini di karenakan resep Nasi Gandul yang asli adalah resep warisan turun temurun dan kebanyakan penjual Nasi Gandul yang asli adalah keturunan dari para pendahulunya. Jika ingin merasakan resep Nasi Gandul yang dipercaya mendekati rasa sebenarnya bisa berkunjung ke Desa Gajahmati Kecamatan Kota Pati.

 

Rujak Cingur

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Beberapa waktu lalu kita sempat di hebohkan dengan berita viral mengenai harga satu porsi rujak cingur. Tidak tanggung- tanggung selain diliput oleh televisi banyak sekali Youtuber yang akhirnya berkunjung kesana untuk mencicipi makanan yang satu ini. Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Timur, lebih tepatnya berasal dari daerah Surabaya. Dinamakan rujak cingur sebab makanan ini berisikan daging sapi atau lebih rincinya adalah bagian mulut sapi.

Rujak cingur sendiri mempunyai 2 versi, yang pertama disebut mentahan dan yang kedua matengan. Perbedaannya adalah pada isian dari Rujak cingur itu sendiri. Jika Rujak mentahan biasanya semua bahan akan di campur baik yang di goreng maupun bahan- bahan tidak di goreng seperti - buahan. Sementara yang matengan hanya berisikan bahan yang digoreng. Untuk keseluruhan komponen Rujak Cingur sendiri biasanya berisi irisan beberapa jenis seperti timun, kerahi, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Untuk bumbunya sendiri biasanya disebut petis udang yang dicampur dengan air matang, ditambah gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda.

Baca juga  4 Hal Yang dilakukan Kecoa Yang Tak Mungkin Terjadi Pada Manusia

 

Jadah Tempe

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Pernah berkunjung ke daerah lereng merapi di sekitar Kabupaten Sleman, Yogyakarta ? Jika sudah pasti banyak sekali penjual- penjual Jadah Tempe. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas di daerah kaliurang. Jadah tempe ini mempunyai sejarah yang cukup panjang, terutama karena makanan ini sering di konsumsi secara umum oleh rakyat desa pada jaman awal kerajaan.

Jadah tempe sendiri adalah makanan yang terbuat dari ketan, tetapi ketan tersebut dicampur dengan santan kelapa yang membuatnya terasa sangat gurih. Selain itu ketika mengkonsumsi, ketan ini disandingkan dengan tempe bacem dan cabai rawit. Dari situ tercipta kombinasi rasa gurih manis dan sedikit pedas yang sangat terasa di mulut.

 

Buntil

8 Makanan Khas Dari Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Walau terkenal sebagai makanan khas dari Pulau , nyatanya tidak banyak yang tau bahwa buntil adalah makanan yang berasal dari daerah Banjarnegara, Tengah. Selain mempunyai khas yang di namakan dawet ayu, kota ini mempunyai makanan bernama buntil. Buntil sendiri adalah makanan yang terbuat dari daun singkong kemudian diisi dengan parutan kelapa. Yang membuatnya nikmat adalah kuah pedas dari buntil.

Tetapi variasi makanan buntil ini cukup beragam terutama bahan dasar daunnya yang bervariasi. Selain menggunakan daun singkong ada juga buntil yang terbuat dari daun talas dan daun Cekla Cikli yang dulu sering dijual di sekitar Alun – Alun Banjarnegara tiap pagi hari. Konon katanya daun ini mempunyai rasa yang lebih lembut dan gurih.

Itulah tadi beberapa makanan khas yang berasal dari daerah pula jawa. Sebenarnya masih banyak sekali makanan- makanan khas yang popular maupun kurang dikenal oleh kebanyakan masyarakat. Tetapi kami hanya merangkup beberapa sebagai sumber informasi yang menarik.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meramusenja

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa