8 Rekomendasi Novel di iPusnas

8 Rekomendasi Novel di iPusnas

Hai, teman-teman! Kali ini saya akan merekomendasikan beberapa novel yang dapat kalian baca secara gratis dan legal di aplikasi iPusnas. Nah, sebelumnya, bagi yang belum tahu, iPusnas merupakan aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dapat kalian download di Google Playstore secara gratis.

iPusnas menyediakan buku dalam bentuk digital yang dapat kalian baca dengan cara meminjam terlebih dahulu. Ada banyak sekali pilihan kategori buku, mulai dari fiksi maupun nonfiksi. Kali ini saya akan membagikan beberapa novel yang sudah saya baca dan barangkali dapat menjadi pilihan bacaan kalian di waktu kosong.

1. Cantik itu Luka

Gambar: Wikipedia
Gambar: Wikipedia

Novel karya Eka Kurniawan yang satu ini sepertinya sudah familiar bagi banyak orang. Sudah sejak lama saya ingin sekali membaca novel ini karena penasaran dengan isinya dan awalnya saya tidak mengira novel ini tersedia di iPusnas, sampai suatu ketika saya iseng mencari di kolom pencarian dan menemukannya.

Novel ini benar-benar di luar perkiraan saya, yang saya pikirkan bercerita mengenai peristiwa di era modern, tetapi ternyata menyajikan cerita dalam bentuk sejarah yang juga informatif. Bagi kalian yang ingin membaca novel sekaligus belajar sejarah, bisa membaca novel ini di iPusnas, tetapi karena novel ini cukup populer, jadi kalian harus mengantri lama untuk bisa meminjam.

2. Supernova

Gambar: seri novel Supernova di iPusnas
Gambar: seri novel Supernova di iPusnas

Seri novel Supernova karya Dee Lestari tersedia lengkap di iPusnas! Pertama kali mengetahui hal ini saya sangat excited dan berbunga-bunga karena memang ingin sekali membaca semua serinya. Bagi kalian yang senang dengan novel bergenre science-fiction, tentu wajib membaca seri ini.

Baca juga  3 Alasan Mengapa UI/UX Designer Sangat Dibutuhkan!

Bahasanya memang beberapa kali sulit dipahami, sehingga kalian harus membaca dengan pelan dan hati-hati. Novel ini juga sangat populer sehingga kalian perlu waktu lama untuk mengantri dan meminjam, tetapi dijamin akan terbayarkan ketika kalian berhasil meminjam dan membacanya.

3. The Good Son

8 Rekomendasi Novel di iPusnas

Novel karya Jeong You-Jeong ini sukses membuat saya bingung, geram, dan geleng-geleng kepala sendiri. Alur ceritanya maju mundur, sehingga kalian harus benar-benar memperhatikan setiap latar dan adegan yang sedang diceritakan. Satu kata untuk novel ini; brilian! Saya baru menyadari setelah membaca setengahnya bahwa adegan “saat ini” yang diceritakan sebenarnya hanya berlangsung beberapa waktu, tetapi karena alurnya mundur, ceritanya jadi berjalan sangat panjang dan beberapa kali membingungkan, tetapi sangat worth untuk dibaca. Novel bergenre thrillermistery ini sangat populer juga, jadi yaa kalian harus mengantri lama untuk bisa meminjam.

4. Sang Mucikari

8 Rekomendasi Novel di iPusnas

Novel ini merupakan karya V. Lestari dan gaya berceritanya cukup lekat dengan kehidupan sehari-hari. Menceritakan bagaimana seorang manusia yang tampak buruk dari luar belum tentu buruk pula hatinya, banyak pula gambaran mengenai kebusukan dan keegoisan yang ada di dalam hati manusia.

Ada banyak nilai-nilai kemanusiaan yang disampaikan dalam novel ini dan sepertinya belum banyak yang mengetahui betapa bagusnya novel ini karena ada banyak salinan tersedia di iPusnas sehingga kalian tidak perlu mengantri untuk meminjamnya!

Baca juga  5 Aplikasi Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

5. Re:

8 Rekomendasi Novel di iPusnas

Novel karya Maman Suherman ini mirip seperti novel Sang Mucikari, menceritakan bagaimana seorang wanita menjalani kehidupannya di dunia pelacuran yang bersimbah darah, dendam, dan air mata. Ending dari novel ini sungguh membuat saya merinding sekaligus iba. Untuk membaca novel ini kalian perlu mengantri lama karena novel ini termasuk populer.

6. If You Could

8 Rekomendasi Novel di iPusnas

“Menerima tidaklah sesederhana itu…”

Novel karya Chyntia Febrina ini menceritakan bagaimana proses penerimaan yang begitu sulit dalam hidup. Ada banyak hal di hidup yang memang seringkali tidak sesuai keinginan kita dan sulit untuk diterima. Melalui novel ini, proses penerimaan tersebut diceritakan betapa sulitnya tetapi harus tetap dijalani karena berbagai alasan yang mengharuskan. Novel ini belum banyak diketahui sepertinya, karena tersedia banyak dan kalian tidak perlu mengantri untuk bisa membacanya.

7. Percik Cinta di Istanbul

Gambar: https://ebooks.gramedia.com/books/percik-cinta-di-istanbul
Gambar: https://ebooks.gramedia.com/books/percik-cinta-di-istanbul

Novel karya JL Singgih ini bernuansa islami dan sungguh menggetarkan hati. Bukan hanya soal percintaan saja yang diceritakan, tetapi juga bagaimana seorang muslim seharusnya berperilaku dan berperasangka kepada sesama manusia. Ending dari novel ini benar-benar plot twist dan membuat saya tersenyum-senyum sendiri, tetapi kalian perlu mengantri untuk bisa membacanya.

Baca juga  Berikut Cara Aman Transaksi Menggunakan Aplikasi BRImo

8. Dark Matter

Gambar: iPusnas
Gambar: iPusnas

BRILIAN!!!

Novel ini benar-benar menjadi novel science fiction favorit saya di iPusnas. Menceritakan bagaimana keadaan seorang pria yang menjelajahi dunia multiverse. Sebuah peristiwa di masa kini rupanya akan menyebabkan masa depan yang berbeda-beda ketika pilihan yang kita ambil berbeda. Novel ini menceritakan betapa rumitnya keadaan jika keberadaan multiverse benar-benar ada dan dapat dijelajahi. Sepanjang cerita, jantung saya benar-benar dibuat berdebar-debar dan kaki ikut bergerak ketika tokoh dalam novel tersandung.

Selain itu saya juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai teori mekanika kuantum dan beberapa fenomena sains yang saat ini masih menjadi hipotesis akan keberadaan multiverse. Kalian juga tidak akan bosan karena ada percikan romance di dalamnya. Novel karya Blake Courch ini benar-benar keren dan belum banyak yang mengetahuinya, jadi kalian tidak perlu mengantri untuk bisa membacanya!

Nah itu dia beberapa rekomendasi novel di iPusnas yang dapat kalian baca secara gratis dan legal. Tentu ada lebih banyak novel populer yang kalian baca, seperti karya Tere Liye, novel Dunia Sophie, novel Laut Bercerita, novel The Alchemist, tetapi saya belum membaca karena novel-novel populer tersebut benar-benar ramai antrian dan saya belum kebagian dapat meminjam. Nah mungkin kalian dapat membaca beberapa novel “sepi antrian” yang saya rekomendasikan sebelum ramai orang mengetahuinya! Hihi.

Yuk, kita tingkatkan literasi dengan membaca secara legal di iPusnas!

Gambar: tampilan awal aplikasi iPusnas
Gambar: tampilan awal aplikasi iPusnas

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Robiah Oktiavi