8 Rekor Arsene Wenger di Arsenal Yang Sulit dipatahkan Pelatih Manapun

8 Rekor Arsene Wenger di Arsenal Yang Sulit dipatahkan Pelatih Manapun 1

Arsene Wenger mantan arsitek sekaligus manager Arsenal telah secara resmi mengundurkan diri dari kursi Kepelatihan Tim Meriam London atau Arsenal sejak 20 April 2018 silam, ketika dirinya merasa sudah saatnya dia pensiun sebagai Pelatih, tim yang ia asuh selama 24 tahun lamanya. Arsene Wenger mulai berkarir sebagai pelatih sekaligus nahkoda Arsenal sejak Oktober 1996, pria asal Prancis ini terbukti telah sukses bersama Arsenal selama dua dekade lebih, dengan mempersembahkan berbagai prestasi bagi Arsenal, juga sukses melahirkan pemain-pemain hebat kala itu, seperti Thiery Henry, Dennis Bergkamp, Cesc Fabregas, Robin Van Persie, Frederik Ljungberg.

Berikut beberapa rekor Arsene Wenger selama menukangi Arsenal selama dua dekade lebih :

Rekor Pertandingan Premier League

Arsene Wenger membawa maskot Liga Inggris
Arsene Wenger membawa maskot Liga Inggris

Arsene Wenger sukses melakoni laga bersama Arsenal di Premier League sebanyak 1228 pertandingan Premier League, dengan hasil sebanyak 704 kali mendapatkan kemenangan, 279 hasil imbang, dan 245 mengalami kekalahan. Ini adalah rekor terbesar Arsene Wenger, dan jarang sekali seorang pelatih dalam satu tim yang ia pimpin, mampu melakoni lebih dari seribu pertandingan dalam kompetisi Liga. Terbukti Arsene Wenger telah mampu mencatatkan rekor yang sulit dipatahkan oleh pelatih manapun sekalipun, dengan melakoni laga terbanyak di Premier League selain Sir Alex Ferguson.

Tak terkalahkan dalam satu musim di kompetisi Premier League

Arsene Wenger 
Arsene Wenger 

Arsene Wenger satu-satunya pelatih yang sukses membawa timnya Arsenal sukss mencatat rekor bersejarah dengan tanpa terkalahkan dalam satu musim di Liga. Hal itu terjadi pada musim 2003/2004, dan rekor ini baru mau dipatahkan oleh Liverpool namun gagal.

49 laga tanpa kalah di Premier League

Reaksi Arsene Wenger saat timnya berlaga
Reaksi Arsene Wenger saat timnya berlaga

Arsenal Wenger juga mengukuhkan rekor dengan 49 pertandingan tanpa kekalahan, sejak Mei 2003  sampai dengan Oktober 2004. Ini adalah pencapaia luar biasa seorang pelatih dedikasi dan profesionalisme mampu menunjukkan konsistensi sebuah tim seperti Arsenal yang menjelma menjadi kekuatan menakutkan bagi lawan kala itu. 

Sukses membawa Arsenal meraih 10 Trofi 

Arsene Wenger mengangkat dua trofi Arsenal
Arsene Wenger mengangkat dua trofi Arsenal

Rekor berikutnya Arsene Wenger adalah dengan mempersembahkan Arsenal 3 gelar juara Premier League dan 7 gelar trofi Piala FA, itu adalah pencapaian besar seorang pelatih selama membela satu tim Liga Inggris sukses mempersembahkan 10 gelar juara, termasuk trofi Piala FA terbanyak sepanjang sejarah, serta mempersembahkan 3 gelar juara Premier League.

86 kali menang di Liga Champions Eropa

Arsene Wenger saat konferensi Pers sesaat laga Liga Champions Eropa
Arsene Wenger saat konferensi Pers sesaat laga Liga Champions Eropa

Arsene Wenger juga sukses sebagai pelatih yang mampu mencatatkan rekor bersejarah bagi Arsenal di ajang Liga Champions Eropa dengan 86 kali kemenangan, diluar pertandingan kualifikasi. Ini adalah pencapaian luar biasa seorang pelatih yang mampu membuat banyak kemenangan di ajang bergengsi antar klub Eropa ini, dan belum dapat dipatahkan oleh pelatih manapun.

Telah melawan ratusan klub berbeda selama sebagai Pelatih

Ekspresi Arsene Wenger 
Ekspresi Arsene Wenger 

Arsene Wenger ternyata juga membuat rekor saat dirinya bersama Arsenal ternyata telah menghadapi 124 tim berbeda sepanjang Arsene Wenger bersama Arsenal. Ini merupakan rekor yang jarang ditemui pelatih manapun di dunia, bahkan selama ia menukangi satu tim saja, ia telah menghadapi ratusan tim yang berbeda.

21 kali mengalahkan David Moyes selama menjadi pelatih

Arsene Wenger dan David Moyes saat mereka berjumpa 
Arsene Wenger dan David Moyes saat mereka berjumpa 

Selama Arsene Wenger menukangi Arsenal ada rekor menarik yang telah ia ciptakan, yaitu ketika dirinya mempercundangi David Moyes dan dirinya telah mengalahkan tim yang diasuh David Moyes sebanyak 21 kali, hal itu tentunya menjadi memori kelam David Moyes yang saat ini menukangi Westham United, dirinya pasti masih ingat betul saat-saat dirinta benar-benar tak berkutik ketika harus melawan skuad Arsene Wenger, melihat catatan buruk Moyes ketika harus berjumpa dengan Arsene Wenger disemua kompetisi.

Selalu menang ketika berjumpa klub Reading

Kiper Reading memungut bola dari gawangnya saat Arsenal sukses membuat gol
Kiper Reading memungut bola dari gawangnya saat Arsenal sukses membuat gol

Arsene Wenger juga membuat rekor apik, ketika timnya Arsenal selalu menang ketika berjumpa dengan Reading salah satu klub Inggris, dengan 10 pertandingan yang pernah mereka jalani, tak satupun hasil selain menang yang didapatkan Arsene Wenger, mereka menyapu bersih 10 laga jumpa dengan Reading dengan kemenangan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra