8 Stadion di Tempat Tak Lazim


8 Stadion di Tempat Tak Lazim 1

Stadion dalam dunia sepakbola memiliki fungsi untuk tempat diselenggarakannya kegiatan pertandingan sepakbola, dan biasanya stadion sepakbola ini berada ditempat dalam perkotaan, atau setidaknya tempat yang mudah dijangkau oleh para penonton untuk menyaksikan pertandingan tim kesayangannya. Namun ada beberapa stadion di penjuru dunia, dengan posisi tempat yang tidak lazim pada umumnya, berikut 8 stadion yang berada di tempat tak lazim :

1. Estadio Hernando Siles

stadion negeri awan
stadion negeri awan

Estadio Hernando Siles, begitu namanya, stadion ini berada ditempat tak lazim. Untuk memainkan sebuah pertandingan sepakbola, kedua kesebelasan harus berada ditempat ketinggian 3,636 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Benar, stadion ini berada di puncak gunung. Rasanya bukan hal biasa, namun biasa bagi timnas Bolivia menyelanggarakan pertandingan resminya di atas gunung.

Tentunya akan menjadi hambatan bagi mereka yang tak pernah bermain di temoat yang bukan pada umumnya, dengan cuaca ekstrem, bahkan banyak pemain yang mengeluh pusing setelah bermain di stadion ini.

2. Ottamar Hitzfield Stadium

stadion swiss
stadion swiss

Stadion ini berada di Negara Swiss, berada di ketinggian 2000 mdpl, dan untuk menuju stadion ini diperlukan kendaraan khusus melewati pengunungan Zermatt. Stadion dibuat oleh Ottamar Hitzfield Stadium yang merupakan nama dari stadion ekstrem ini. Letaknya dipuncak pegunungan tentunya sebuah tempat yang tak lazim untuk pertandingan sepakbola. 

Klub yang biasanya bermain di lapangan ini yaitu FC Gspon. Ini merupakan  klub amatir yang mengikuti kompetisi di Swiss Mountain League. Bahkan saat musim salju datang, tempat ini berubah menjadi arena bermain jet ski, kemudian salah satu cara agar dapat pergi ke sana yakni dengan mempergunakan kereta gantung. 

Berada pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut membuat pasokan oksigen berkurang, dan para pemain banyak yang mudah lelah dan susah bernafas. Hal yang lebih unik lagi, tempat ini dikelilingi jaring tinggi agar bola tidak terjun ke jurang. Hal unik terjadi ada sekitar 1000 bola hilang selama 40 tahun ini. Bahkan tak jarang ada pemain yang harus mencari bolanya sekitar jurang, tentu ini hal yang menjengkelkan.

3. Hasteinsvollur Stadium

Stadion di dekat gunung berapi aktif
Stadion di dekat gunung berapi aktif

Stadion ini terbilang unik dan berada ditempat yang tak lazim, pasalnya stadion yang berada di Negara Islandia terletak di dekat gunung yang masih aktif. Para pemain yang akan menyelenggarakan pertandingan patut waspada, mereka harus was-was ketika nantinya akan terjadi suatu hal yang membahayakan keselamatan mereka.  

Stadion Hasteinsvollur  bisa dibilang stadion tertua yang dibangun oleh nenek moyang Islandia kala itu pada tahun 1912. Disamping sisi stadion juga terdapat tebing menjulang tinggi serta lancip. Menjadi pusat perhatian tersendiri ketika bermain di stadion ini.  Stadion ini hanya berkapasitas 2.300 penonton saja, sementara lainnya menonton dipinggir lapangan.

Meski stadion ini menghadirkan pemandangan yang unik namun cukup ekstrim. Mengingat stadion ini berada di dekat gunung berapi aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus kapan saja. Stadion ini menjadi tempat berlabuhnya klub asal Liga Premier Islandia yaitu IBV Vestmannaeyjar.

4. Estadio Municipal de Braga

Stadion diatas bebatuan dan cadas
Stadion diatas bebatuan dan cadas

  Stadion ini berada di Negara Portugal, stadion juga terbilang berada ditempat yang tak lazim. Stadion ini dibangun diatas gunung bebatuan dan disulap menjadi sebuah tempat menarik, meski harus memapas batu dan cadas yang besar. Stadion ini menelan biaya yang paling tinggi di Portugal. Berada di tambang Monte Carlo yang menghadap  Kota Braga. Desain stadion ini memang mencontoh desain Suku Inca Kuno di Amerika Selatan.

Stadion ini terbilang unik dan memiliki nilai seni tinggi, pasalnya stadion berkapasitas lumayan besar ini berpadu dengan nuansa alaminya disekitar stadion, pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa yang akan bermain di stadion ini.

5. Stadion Lofoten

Stadion berada di tengah-tengah karang
Stadion berada di tengah-tengah karang

Ini stadion yang tak kalah unik dan berada ditempat yang terbilang sangat tidak lazim, bernama Stadion Lofoten di Negara Norwegia. Stadion itu termasuk unik mengingat lokasinya yang berada di antara ditengah-tengah karang besar yang berada di Pulau Lofoten, Desa Henningsvaer, Norwegia.

6. Stadion Gospin Dolac

Stadion dibawah perbukitan
Stadion dibawah perbukitan

Stadion unik dan berada ditempat tak lazim di Imotski, Kroasia. Stadion dibangun pada tahun 1989 dan merupakan kandang dari klub sepak bola Kroasia NK Imotski. Stadion ini  berkapasitas 4.000 penonton. 

Stadion yang terletak di perbatasan antara Negara Kroasia dan Bosnia itu diselilingnya terdapat tebing curam. Tribune stadion didesain cukup menarik dengan berbentuk susum atas bawah, dan terletak di sisi-sisi tebing yang curam.

7. Eidi Stadium, Kepulauan Faroe

Stadion di pinggir laut
Stadion di pinggir laut

Setelah tadi kita bahas stadion yang berada di dekat bukit, pegunungan, stadion ini cukup unik dan berada ditempat yanag tak lazim. Stadion bernama Eidi Stadium berada di Kepulauan Faroe, terletak di dekat laut. Hanya beberapa meter jarak dari lautan Atlantik, Eidi Stadium adalah markas dari beberapa klub sepakbola di Kepulauan Faroe. Hanya tersedia beberapa kursi atau tempat duduk untuk stadion tersebut. Hal unik yang terjadi adalah apabila ada bola yang keluar jatuh ke laut. 

8. Stadion Vladivostok, Rusia

Stadion terapung pinggir laut
Stadion terapung pinggir laut

Stadion baru di Rusia yang didesain di Kota Vladivostok, Rusia. Ini merupakan stadion terindah di Rusia. Berada di tepi Tanjung Dezhnyov, dimana stadion ini berada terlihat nampak sebuah kotak hijau cerah yang membedakannya dengan perairan Teluk Amur, stadion ini pada dasarnya dikelilingi perairan luas dan mengapung diatas air.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap