8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 1

Menjalin hubungan dengan penuh rasa cinta dan bahagia tentu menjadi harapan setiap pasangan. Tapi bagaimana jika hubunganmu kini terasa hambar atau bahkan terasa tak ada cinta lagi yang tersisa?

Pasti terlintas dalam pikiranmu untuk mengakhiri hubungan kalian, benar nggak? Eits, tunggu dulu jangan langsung minta putus ya. Karena bisa saja kalian hanya sedang difase jenuh dan itu adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan.

Tapi, kalau hubunganmu mulai menunjukkan tanda-tanda seperti ini, tidak ada salahnya untuk evaluasi atau mengakhiri hubungan kalian!

1. Mengalami pelecehan, baik fisik, verbal maupun emosional

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 3

Tidak ada satupun hubungan yang sehat jika sudah memasuki ranah pelecehan, baik itu secara fisik, verbal maupun emosional. Jika kamu mengalami semuanya, sudah jelas itu peringatan keras yang harus kalian akhiri.

Kalau pasanganmu tiba-tiba melakukan kekerasan hanya karena kelepasan, mungkin masih bisa dimaklumi. Tetapi, jika dilakukan secara berulang kali baiknya hubungan kalian diakhiri. Jangan sampai kalian berada dalam hubungan yang toxic.

2. Menuntut banyak perubahan

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 4

Cinta adalah ketika kamu dan pasangan bisa menerima satu sama lain. Jika salah satu antara kalian ada yang ingin merubah pasangan, ini menjadi tanda bahwa hubungan kalian tidak sehat. Memang, tidak ada salahnya merubah untuk sesuatu yang lebih baik. Tetapi, jika perubahan itu terkesan menuntut dan banyaknya perubahan yang harus dilakukan baiknya hubungan tersebut diakhiri saja.

Sebetulnya, tanpa kamu berusaha merubah pasangan pun cinta bisa merubah seseorang secara alami seiring berjalannya waktu.

3. Tidak mendapat dukungan dari keluarga dan teman

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 5

Percaya deh, pendapat keluarga dan teman mengenai hubunganmu dengan pasangan itu penting lho. Kenapa? Karena mereka menilai dengan lebih obyektif dibandingkan kamu yang tengah jatuh cinta. Biasanya, orang yang tengah jatuh cinta selalu memaklumi semua yang dilakukan pasangan. Seolah mereka tutup mata dengan perilaku buruk pasangan.

Maka dari itu, penting untuk kamu mempertimbangkan berbagai saran dan pendapat dari orang-orang terdekat sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

4. Kamu tidak pernah diajak bergabung ke dalam dunianya

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 6

Ketika menjalani sebuah hubungan selama berbulan-bulan dan sampai saat itu kamu belum mengetahui banyak hal tentang dunia pasanganmu. Entah itu keluarga, pekerjaan bahkan lingkup pertemanannya, ada baiknya kamu berpikir lagi untuk terus melanjutkan hubungan kalian.

Dalam sebuah hubungan, setidaknya kamu harus tahu tentang dia dengan dunianya. Minimal pasanganmu harus mengajak kamu bertemu keluarganya, berkumpul bersama teman-temannya atau mengajakmu mengunjungi sebuah acara untuk memperkenalkanmu sebagai pasangannya. Tetapi, jika semua itu belum dia lakukan dan dia cenderung merahasiakan kamu dari lingkup dunianya, ada baiknya kamu berpikir dua kali untuk melanjutkannya.

5. Sama-sama keras kepala dan tidak ada yang mau mengalah ketika ada masalah

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 7

Saling mengerti, mampu meredam emosi satu sama lain saat ada masalah atau pertengkaran tentu membuat hubungan menjadi lebih baik. Tetapi, jika kalian terus menerus saling mementingkan ego masing-masing, apa yang bisa kalian dapatkan dari hubungan tersebut?

Hubungan yang seperti ini tentunya sudah tidak sehat lagi untukmu dan pasangan. Jadi, lebih baik diakhiri saja ya.

6. Hilangnya kepercayaan

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 8

Kepercayaan menjadi salah satu pondasi penting untuk sebuah hubungan. Namun ketika kepercayaan satu sama lain sudah menghilang, akan sulit bagi kalian berdua untuk membawa hubungan kearah yang lebih bahagia. Hilangnya kepercayaan tentunya akan membuat satu sama lain saling curiga dan itu sangat tidak baik untuk kelanjutan hubungan.

Mau hubungan seperti ini terus dipertahankan?

7. Kehidupanmu dibatasi

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 9

Kapan terakhir kamu jalan-jalan bersama teman, berkumpul bersama keluarga, menikmati me time dengan melakukan hobi atau hal-hal lainnya tanpa pasangan? Jika selama bersama pasangan, kamu tidak merasakan itu semua ada baiknya kamu mulai berpikir untuk mengakhiri hubungan kalian.

Pasanganmu mungkin orang yang penting untukmu, tetapi bukan berarti menjadi satu-satunya yang terpenting dalam hidupmu. Seharusnya, kamu masih bisa merasakan kebebasanmu. Jangan sampai, pasanganmu menjadi pengendali atas hidupmu sendiri.

8. Tidak ada bayangan dia untuk masa depanmu

8 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan dengan Pasangan 10

Ketika menjalani sebuah hubungan, pasti kamu pernah membayangkan untuk hidup bersama pasangan di masa depan. Tapi kalau ternyata bayangan itu tidak pernah terlintas dalam pikiranmu, baiknya jangan dilanjutkan ya. Itu menunjukkan kalau sebetulnya kamu belum yakin dengan hubunganmu sekarang ini.

Kalau kamu sendiri belum yakin, bagaimana bisa kamu mau melanjutkan hubungan kalian nantinya?

Sejatinya, memang tidak ada hubungan yang benar-benar harmonis. Selalu saja ada kejadian yang bisa memicu hubungan kalian berantakan. Tetapi, kalau pemicunya sudah tidak masuk akal seperti tanda-tanda di atas, mengakhiri hubungan adalah pilihan yang paling tepat untuk kebaikan diri sendiri. Jadi, jangan ragu untuk mengakhiri ya. Meskipun nanti akan menyakitimu, tapi percayalah kamu pasti bisa melewatinya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES