8 Tanda Keberadaan Tikus di Sekitar Kita, Yuk Kenali Tandanya


8 Tanda Keberadaan Tikus di Sekitar Kita, Yuk Kenali Tandanya 1

Tikus merupakan salah satu hama yang meresahkan banyak orang. Hewan pengerat ini tidak hanya menggangu di rumah, tikus dapat juga meruntuhkan popularitas dari pelaku usaha. Bayangkan ketika makan di restoran dan tiba-tiba tikus melintas di meja kita, sudah dapat dipastikan kita tidak akan kembali ke tempat itu lagi.

Tikus juga dapat membuat kerusakan benda. Contohnya memutuskan kabel, mengerat makanan dan membuat kerusakan di banyak benda lainnya. Tikus akan terus berusaha mengerat/ menggigit benda apa saja yang ditemuinya. Apabila dia tidak menggigit benda, giginya akan terus tumbuh dan bisa menyebabkan bahaya bagi tikus sendiri.

Tikus sendiri merupakan hewan yang pintar. Sifatnya Neophobia, yaitu langsung curiga jika ada hal yang baru. Karena hal itulah sulit sekali dalam mengendalikan tikus.

Keberadaan tikus dapat kita kenali dengan beberapa tanda. Yuk, kenali tanda-tanda tikus di tempat anda.

1. Kotoran

Tikus seringkali meninggalkan kotorannya di tempat yang dikunjunginya. Untuk ukuran kotorannya tidak sama, tergantung dengan jenis tikusnya. Warna kotorannya berwarna gelap. Tikus pasti akan meninggalkan kotorannya di sepanjang jalur yang dilaluinya.

2. Urine

Selain mengeluarkan kotoran, tikus juga pasti akan mengeluarkan urinenya di tempat yang didatanginya. Urine tersebut bersifat sebagai penanda kepada tikus lainnya. Bau urine tikus ini sangat khas.

3. Jejak

Tikus meninggalkan jejaknya biasanya dengan kaki dan ekor di tempat yang berdebu dan tempat yang jarang digunakan. Untuk mengetahui adanya jejak kaki tikus dapat dilakukan dengan penaburan tepung di tempat yang biasa dilaluinya. Kemudian keesokannya dapat dilihat jejak kaki dari tikus tersebut.

4. Smear

Smear tikus maksudnya adalah jejak tikus yang berwarna hitam. Biasanya ditemukan di dinding atau jalur pipa. Noda warna gelap tersebut merupakan minyak/kotoran dari tubuh tikus yang bergesekan ke dinding. Tikus pada umumnya akan berjalan mepet ke dinding karena penghilatannya yang buruk.

Smear tikus ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Tanda ini tidak begitu efektif untuk mendeteksi aktifitas tikus saat itu juga.

5. Bekas Gigitan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tikus akan terus menggigit apa saja untuk keperluan mengasah giginya. Dia akan menggigit apa saja yang dijumpainya. Paling berbahaya jika menggigit kabel, sehingga dapat mengakibatkan potensi kebakaran karena arus pendek. Kemasan makanan dan bahkan makanan sendiri tidak luput dari gigitan tikus.

6. Sarang Tikus

Tikus dapat membuat sarangnya dengan potongan kain dan baju. Sarang yang mereka banging selalu di tempat yang tersembunyi dan susah dijangkau. Tikus akan membangun sarangnya di tempat gelap, hangat dan tidak jauh dari tempat makanan dan minuman.

7. Adanya Lubang Tikus

Tikus juga seringkali membuat lubang di halaman rumah. Tidak semua jenis tikus yang membuat lubang. Biasanya hanya tikus got yang membuat lubang.

8. Tikus itu Sendiri

Tanda yang lainnya adalah dengan melihat tikus itu sendiri melintas. Kita biasanya mendengar suara di atap, lemari atau di saluran air. Kadang kita juga bisa menemukan bangkai tikus.

Berikut merupakan tanda-tanda keberadaan tikus di rumah. Kenali keberadaannya dan yang terutama adalah selalu menjaga kebersihan dan menata barang dalam posisi yang rapi. Dengan meminimalkan tikus akan menghindarkan kita dari beberapa potensi penyakit.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ian Bangun

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap