8 Tips Agar Selalu Semangat Menjalani Aktivitas

8 Tips Agar Selalu Semangat Menjalani Aktivitas

Hidup tidak selamanya berjalan mulus, terkadang muncul persoalan yang tidak dikehendaki, dan persoalan tersebut memberi pengaruh terhadap mood dalam beraktivitas.

Hal itu menjadi persoalan tersendiri karena tuntutan tugas dan kewajiban tidak pernah perduli, seperti apa kondisi fisik dan mental kita setiap harinya. Siap ataupun tidak fisik dan mental, Aktivitas harus tetap dijalani dengan penuh semangat.

Agar selalu semangat dalam menjalankan aktivitas, berikut 8 tips yang dapat dipraktikkan:

1. Sambut Hari dengan Rasa Syukur 

8 Tips Agar Selalu Semangat Menjalani Aktivitas

Begitu bangun tidur dan kesadaran kita pulih kembali, tarik dan hembuskan nafas panjang sambil mengucapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan Allah kepada kita sehingga dapat kembali menjalani aktivitas pada hari itu.

Rasa syukur tersebut dapat menjadi bahan bakar untuk memompa semangat kerja, karena dengan mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, kita akan senantiasa berusaha untuk menjalani hidup, setidaknya pada hari itu, dengan sebaik-baiknya, salah satunya menjalankan aktivitas dengan penuh semangat.

2. Olah Raga Ringan

Apapun aktivitas yang akan kita jalankan pada hari itu, awali dengan berolahraga untuk melenturkan otot, melancarkan peredaran darah, dan menstimulasi syaraf-syaraf otak, sehingga tubuh benar-benar prima dan lebih siap dalam menerima beban kerja.

Olah raga yang dimaksud bukan olah raga berat yang menguras energi (olah raga berat sebisa mungkin dijauhi kecuali pada saat hari libur), tapi cukup dengan melakukan senam atau jogging dengan berlari-lari kecil di sekeliling rumah.

3. Penuhi Kebutuhan Energi

Memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh merupakan salah satu cara untuk selalu semangatdalam menjalani aktivitas, sebab kurangnya asupan gizi dapat mempengaruhi kinerja otak dan fisik. Jadi jangan lupa untuk sarapan pagi dengan menu yang bergizi, bila perlu tambahkan suplemen vitamin.

4. Buat Rencana Kerja

8 Tips Agar Selalu Semangat Menjalani Aktivitas

Apa yang akan kita lakukan pada hari itu, ingat baik-baik, bila perlu dicatat, dan jadikan rencana kerja harian tersebut sebagai target yang harus dituntaskan pada hari itu juga. Dengan mengusung target kerja harian, kita akan terpacu untuk mencapai target tersebut, sehingga tanpa sadar semangat kerja pun akan terdongkrak.

5. Berpikir Positif

Menanamkan pikiran positif juga merupakan cara untuk selalu semangatmenjalani aktivitas, karena dengan pikiran yang positif, kita akan selalu optimis dalam menghadapi kondisi apapun, serta merasa yakin apa yang kita kerjakan akan dapat terselesaikan dengan sempurna.

Pikiran positif juga meningkatkan energi tubuh untuk dapat bekerja dengan lebih semangat, serta memberikan pengaruh yang positif pula pada diri dan lingkungan yang ada di sekitar. Jika kita senantiasa berpikir positif, maka orang-orang di sekeliling juga akan tertulari pikiran yang sama, sehingga dapat meningkatkan gairah kerja secara menyeluruh, dan hal tersebut akan sangat membantu dalam menuntaskan tugas dan kewajiban pribadi.

6. Fokus Pada Pekerjaan

8 Tips Agar Selalu Semangat Menjalani Aktivitas

Bisa jadi pada hari itu, bahkan pada waktu yang bersamaan, kita harus mengerjakan tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan. Jika kondisinya memang demikian, jangan memikirkan banyak tugas dalam waktu yang sama. Fokus dan kerjakan dengan sungguh-sungguh tugas yang sudah menanti di hadapan kita.

Memikirkan lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan, akan membuat hasil dari semua pekerjaan menjadi tidak sempurna, bahkan bisa gagal semuanya. Jadi kerjakan terlebih dahulu apa yang ada di depan mata. Tetap fokus pada pekerjaan tersebut, agar dapat memberikan hasil yang sempurna dan dapat diselesaikan secepatnya, sehingga dapat beralih ke pekerjaan yang lainnya.

7. Tanamkan Tujuan Secara Global

Cara untuk selalusemangat dalam menjalani aktivitas bisa juga dilakukan dengan menanamkan tujuan global dari apa yang ingin kita raih lewat aktivitas yang kita jalankan. Salah satu misal, kita bekerja keras karena ingin dapat mengumpulkan uang untuk membeli atau memperbaiki rumah, kita mengerjakan pekerjaan sampingan agar dapat membayar biaya kuliah anak, dan sebagainya. Dengan menanamkan tujuan global, kita akan selalu termotivasi untuk bekerja dengan lebih keras, lebih semangat, dan lebih baik.

8. Barengi dengan Niat Ibadah 

Jika dalam hati sudah tertanam niat untuk beribadah atas apa yang kita kerjakan, maka dengan sendirinya gairah kerja akan terdongkrak, karena tujuan kita selama menjalankan aktivitas bukan hanya sekedar untuk kepentingan duniawi tapi mengharap ridho dari Allah SWT. Dengan mengharap ridho-Nya, maka tidak mungkin kita akan mengerjakannya dengan setengah-setengah.

Itulah beberapa cara untuk selalu semangatdalam menjalani aktivitas. Semoga bermanfaat! (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan