8 Tips Berjualan Untuk Para Ibu


8 Tips Berjualan Untuk Para Ibu 1

Cukup banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga dengan tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri dan sebagai seorang ibu bagi putra-putrinya. Salah satu diantaranya adalah dengan berdagang.

Istilah berdagang yang dimaksud di sini, tidak harus memiliki tempat khusus atau toko sebagai tempat berjualan, tapi cukup dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah, dengan stok barang sesuai kondisi keuangan atau bahkan hanya bermodal katalog serta gadget.

Cara berdagang yang simple, mudah dan tidak butuh modal besar bahkan cenderung tanpa biaya tersebut bisa dilakukan lewat sistem afiliasi atau sistem reseller yang kini menjadi salah satu trend bisnis di dunia maya.

Sistem yang dikembangkan tersebut, memungkinkan seseorang untuk berjualan hanya dengan memanfaatkan media online, bisa juga menawarkan barang secara langsung kepada customer, atau dengan memadukan keduanya.

8 Tips Berjualan Untuk Para Ibu 3

Namun, cara apapun yang dilakukan, tetap saja butuh kemampuan dalam menawarkan barang, agar customer tertarik untuk membeli. Berikut tips berjualan untuk para ibu yang ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk membantu ekonomi keluarga.

1. Take Action

Jika Anda memang benar-benar ingin berdagang, segeralah berbuat dengan mencari informasi tentang produk-produk yang banyak dibutuhkan, mencari produsen atau tempat grosir produk tersebut, mempelajari produk dengan detail, serta apa saja yang dibutuhkan untuk bisa berjualan.

2. Berburu Customer

Cari customer sebanyak mungkin, karena semakin banyak customer dan semakin sering melakukan penawaran, kemungkinan untuk dapat menjual barang juga semakin besar. Berburu customer bisa dilakukan dengan cara offline maupun online, atau dengan menggabungkan keduanya.

3. Berpikir Positif

Pikiran yang positif selain dapat menumbuhkan rasa percaya diri, juga menimbulkan aura untuk menarik perhatian konsumen.

8 Tips Berjualan Untuk Para Ibu 4

4. Canangkan TargetĀ 

Meski bisnis yang dibangun tidak mematok target, tapi usahakan membuat target untuk diri sendiri. Cara ini efektif untuk membangkitkan semangat kerja, dan memberikan motivasi untuk senantiasa melakukan yang terbaik.

5. Jangan Putus Asa

Jangan pernah merasa putus asa, ketika gagal meyakinkan konsumen untuk membeli barang yang kita tawarkan, dan jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran tentang bagaimana cara menawarkan barang yang lebih baik.

6. Antisipasi Penolakan

Siapkan mental sekaligus jawaban untuk mengantisipasi setiap penolakan, dan pelajari sebab-sebab penolakan. Tetaplah tersenyum meski penawaran ditolak dan selalu jaga hubungan baik dengan para customer. Sebab bukan tidak mungkin mereka yang awalnya menolak, suatu saat kelak justru menjadi pelanggan setia.

8 Tips Berjualan Untuk Para Ibu 5

7. Jangan Kecewakan Pembeli

Memberikan kepuasan kepada pembeli baik dari sisi layanan maupun kualitas barang. Jika pembeli merasa puas, setidaknya ada dua keuntungan yang bisa didapat, pertama dia akan menjadi pelanggan tetap, kedua dia akan mempromosikan bisnis yang Anda jalankan dari mulut ke mulut.

8. Baca Peluang

Tips berjualan untuk para ibu yang terakhir adalah senantiasa membaca peluang. Bisnis apapun akan dapat meraih sukses jika pandai membaca peluang, sebab dunia usaha sifatnya fluktuatif mengikuti kondisi dari sektor-sektor yang lain.

Itulah 8 tips berjualan untuk para ibu yang dapat dipraktikkan baik untuk mencari tambahan penghasilan maupun dijadikan sebagai pekerjaan utama. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap