9 Cara Mengatasi Perasaan Gugup

9 Cara Mengatasi Perasaan Gugup

Semua orang kemungkinan besar pernah merasakan  gugup atau grogi, mungkin hal yang adalah seberapa sering kita merasa gugup ketika terhadap pasangan, teman, atau didepan umum.

Tidak jarang karena gugup justru memperburuk percaya karena tidak dapat tampil secara maksimal saat berhadapan dengan banyak orang. Untuk mengatasi rasa gugup berikut ini tips bagaimana mengatasi rasa gugup meskipun perlahan-lahan. Apa saja

Pertama, apabila rasa gugup mendatangi anda didetik awal atau akhir kegiatan maka anda bisa mencoba dengan melatih pernapasan. Rasa gugup sangat mempengaruhi pola pernapasan, akibanya akan menjadikan anda terlihat tidak siap, seperti kelelahan, dan sebagainya. Oleh karena itu, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan buang secara perlahan.

Kedua, Seringkali anda merasa terbebani didepan umum dan akhirnya memunculkan perasaan gugup.  Mulailah dengan terhadap apa yang anda hadapi karena kurangnya fokus akan memicu perasaan gugup. Beberapa audiens bisa jadi tidak dapat memahami yang anda sampaikan jika perasaan gugup tersebut ada.

Ketiga, terus berlatih untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin merupakan hal yang penting dalam memperkecil kemungkinan perasaan gugup.

Keempat, lakukan gerakan atau pemasan kecil untuk mengurangi perasaan gugup. Cobalah menggunakan agar perasaan gugup berkurang, misalnya aktif menggerakkan tangan saat berbicara atau berpindah tempat saat menunjuk layar didepan saat presentasi.

Kelima, tersenyum manis merupakan langkah berikutnya untuk mengatasi rasa gugup. Dengan menebarkan aura melalui senyuman dapat rasa percaya diri pada anda.

Keenam, biasakanlah mengonsumsi air putih untuk menenangkan detak ketika rasa gugup mendatangi anda. Hindari yang dapat memperburuk anda atau suara anda.

Ketujuh, kontak mata agar selalu fokus pada lawan dan jangan terpaku pada bacaan teks karena hal ini dapat meningkatkan perasaan gugup

Kedelapan, Agar tidak memperburuk rasa gugup cobalah untuk terus berpikir positif untuk mensugesti diri anda agar dapat berjalan dengan lancar.

Kesembilan, terakhir tentu saja berdoa agar kegiatan anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan anda. Berdoa dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk menjalannkannya dengan terbaik serta membantu anda untuk lebih pasrah.

Itulah 9 cara yang dapat anda coba ketika merasa gugup dan grogi . Perlu diingat bahwa orang yang dapat mengatasi rasa gugup merupakan orang yang matang secara mental, karena memang bukan hal yang mudah menghilangkan rasa gugup namun bukan berarti rasa gugup tidak bisa dihilangkan. Rasa gugup yang hilang akan mempermudah segala kegiatan dan menyempurnakan penampilan anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ilham solihin