9 Hal Menjadikan Ramadan Lebih Produktif

9 Hal Menjadikan Ramadan Lebih Produktif

Ramadan bulan mulia yang di dalamnya penuh keberkahan dan ampunan. Sehingga, sayang sekali ketika bulan Ramadan terlewat begitu saja tanpa adanya planing.

Maka sudah sejogjanya kita menyiapkan diri menyambut Ramadan dengan merancang planing agar Ramadan menjadi lebih produktif.

Ada beberapa hal yang bisa harus kita perhatikan selama Ramadan,

1.Perbanyak tsaqofah. Manfaatkan moment bersama Ramadan dengan mengupgrade diri dengan tsaqofah/ilmu Islam dengan mengikuti kajian-kajian ke-Islamaan.

2. Menjaga lisan. Usahakan untuk sedikit berbicara dan mengurangi bercanda agar terhindar dari berbicara yang jorok dan menyakiti orang lain.

Baca juga  Benarkah Sufi Anti Modernisasi?

3. Menghindari berbuat maksiat. Puasa sejatinya bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar di siang hari saja, tapi juga menahan seluruh anggota tubuh agar tidak berbuat maksiat siang dan malam.

4. Dekat dengan Al Qur’an. Al Qur’an hendaknya tidak hanya sekedar dibaca dan memenuhi khatam 30 juz di bulan Ramadan, tapi juga ditadaburi dan mengamalkan seluruh isinya.

Baca juga  Tinggi Manusia Terus Menyusut dari Masa ke Masa?

5. Menyiapkan doa. Berdoa menjelang berbuka puasa ada waktu yang sangat mustajab, maka persiapkanlah minimal 30 doa untuk bulan Ramadan agar bisa di baca setiap harinya dengan satu doa yang berbeda.

6. Terawihlah dengan imam yang memiliki bacaan yang bagus.

7. Perbanyaklah dzikir dan meminta ampun pada Allah.

8. Perbanyak sedekah. Usahakan tiap harinya tidak terlewat untuk sedekah meski hanya Rp 1000,-.

Baca juga  Pangan Hasil GMO dan Hukum Syariat Islam

9. Luruskan niat. Penting untuk meluruskan niat ketika kita menjalankan ibadah di bulan Ramadan, jangan sampai karena niat yang tidak karena mengharapkan Allah membuat ibadah kita menjadi sia-sia.

Hal terpenting lagi, Ramadan yang hanya satu tahun sekali ini jadikan sebaik moment meningkatkan kualitas ketaatan pada Allah dan memberikan kebiasaan baik pada diri meski nanti Ramadan telah berakhir

Akhirnya, bergembiralah menyambut Ramadan dan semoga Allah mendekap kita dengan ridha-Nya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rakhmawati Aulia