9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Mungkin karena manusia telah kehilangan sejak lama, banyak orang menganggap hewan menarik. Seberapa besar kegembiraan yang kamu dapatkan saat anjingmu yang besar bisa bergoyang ketika melihatmu? Ketertarikan itu meluas ke beberapa hewan di seluruh yang ekornya luar biasa , kuat, fleksibel, atau sekadar . Di seluruh , sebagian besar hewan memiliki atau sejenisnya, tetapi hewan dengan terpanjang adalah beberapa yang paling luar biasa.

Bahkan jika mereka tidak lagi berfungsi, beberapa hewan telah berevolusi untuk memperlihatkan paling mewahnya. dapat ditemukan dari mamalia terkecil hingga reptil terbesar, tetapi tidak semuanya sepanjang yang kamu kira. Berikut ini adalah beberapa hewan yang memiliki rasio lebih dari tubuh mereka sehingga membuatnya cukup .

1. Kadal Rumput

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Jelas mengapa para ilmuwan memutuskan untuk menyebut kadal ini dengan Kadal Ekor karena ekornya sering mencapai tiga kali total tubuhnya. Tidak hanya sangat dalam kaitannya dengan tubuhnya, tetapi ekor itu juga dapat diputuskan sendiri olehnya saat diserang untuk memungkinkan hewan tersebut lolos dari pemangsaan. Seiring waktu, ekor itu akan tumbuh kembali ke ukuran aslinya, tetapi butuh beberapa saat.

Kadal ini hidup endemik di sebagian besar Asia Tenggara tempat mereka menikmati hidup di antara pepohonan. Dalam kebanyakan kasus, tubuh mereka mencapai hanya 12 centimeter, tetapi ekornya dapat mencapai 38 centimeter. Mereka umum dalam perdagangan hewan peliharaan eksotis di mana mereka dihargai karena ekornya, yang paling berbeda di antara semua reptil.

2. Jerboa Bertelinga Panjang

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Jerboa Bertelinga Panjang mungkin mendapatkan namanya dari telinganya yang agak memanjang, tetapi mereka terlihat tidak cocok dengan ekornya. Spesies hewan pengerat kecil ini ditemukan di Palearctic di wilayah barat Cina, Gurun Takla-Makan, Mengxin, Dataran Tinggi Qung-Zang, dan Gunung Aerijin. Panjang tubuhnya adalah 7 centimeter, tetapi ekornya dua kali panjang ini.

Baca juga  Membangun dunia imajinasi lewat World Building

Ekor yang terpanjang dari hewan ini tercatat pada 16 centimeter, yang menempatkan hewan pengerat kecil ini sebagai spesies mamalia nomor satu dengan ekor terpanjang dalam hal bagaimana kaitannya dengan total panjang tubuh. Ini mungkin bukan ekor terpanjang di bumi, tetapi dibandingkan dengan mamalia lain, ekor makhluk kecil ini sangat panjang dan tidak proporsional dengan tubuhnya.

3. Widowbird Ekor Panjang

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Widowbird Ekor Panjang dikenal sebagai “Sakabula” di berbagai daerah Botswana, Angola, Kenya, Afrika Selatan, Republik Demokratik Kongo, Zambia, Kenya, Zambia, dan Swaziland. Burung kecil berwarna-warni ini terkenal karena bulu ekornya yang sangat panjang. Jantan memiliki bulu-bulu panjang yang melekat pada ekornya. Betina relatif menjemukan dalam penampilan dan memiliki bulu ekor yang hanya memanjang 2 atau 5 centimeter.

Pada sebagian besar jantan dewasa, antara enam dan delapan dari 12 bulu ekornya memanjang setengah meter penuh dari tubuhnya. Ketika mereka terbang di atas wilayahnya, bulu-bulu mereka membuatnya terlihat jauh lebih besar daripada yang sebenarnya.

4. Whiptail Stingray

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Whiptail Stingray merupakan keluarga pari yang ditemukan di tropis hingga sedang di ini. Ada juga beberapa contoh pari yang ada di air tawar di seluruh Afrika, Asia, dan Australia. Seperti semua pari, mereka adalah bertulang rawan dengan bentuk tubuh seperti berlian yang membuatnya terlihat seperti layang-layang di bawah air.

Salah satu contohnya, Pari Selatan (Dasyatis americana) ekornya dapat mencapai ukuran hingga 1,5 meter dengan lebar mencapai sedikit lebih panjang dari total lebar tubuh. Mereka dilengkapi dengan duri kecil, namun bergerigi , yang dapat digunakan sebagai tujuan defensif untuk menjaga dirinya dari predator. Mereka diketahui dapat melukai manusia, tetapi seringkali hanya menyebabkan luka kecil dan luka yang menyakitkan.

Baca juga  Cara Mudah Menjadi Bahagia Di Dunia Modern Yang Dipenuhi Dengan Ketidakbahagiaan

5. Lemur Berekor Cincin

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Lemur Berekor Cincin dinamai karena kehadiran corak cincin hitam dan putih di sepanjang ekornya yang agak mengesankan. Seperti semua lemur, hewan endemik itu hidup di pulau Madagaskar di mana ia menghabiskan sebagian besar waktunya di antara pohon-pohon tinggi di hutan. Ekor hewan ini terutama digunakan untuk membantu keseimbangan, komunikasi dan kohesi kelompok.

Ekornya jauh lebih panjang dari keseluruhan tubuhnya, yang bisa mencapai sekitar 45 centimeter. Biasanya, ekor hewan ini dapat mencapai panjang 63 centimeter dan membentuk beberapa tanda yang paling khas. Menariknya, jumlah cincin pada ekornya cocok dengan perkiraan jumlah ekor vertebra, yang biasanya sekitar 25 buah.

6. Hiu Thresher

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Ada empat spesies berbeda dari Hiu Thresher yang berkeliaran di lautan ini dan semuanya memiliki ekor khas yang memanjang. Ekor mereka, khususnya sirip ekor di sepanjang bagian atas ekor adalah apa yang memberi nama Hiu Thresher. Ini jauh lebih meningkat daripada spesies hiu lain dan dapat mencapai sepanjang tubuh hiu itu sendiri.

Sementara mereka dilengkapi dengan gigi dan rahang, Hiu Thresher menggunakan ekornya sebagai senjata untuk mengejutkan mangsanya. Ia memiliki kemampuan untuk mencambuknya dan memukul hewan yang dimaksud dengan cukup keras untuk membuatnya menjadi mangsa yang mudah. Yang terbesar dari keluarga hiu ini, Bigeye Thresher (Alopias superciliosus), dapat mencapai total panjang tubuh 4,9 meter dengan setengahnya adalah sirip ekor.

7. Angola Colobus

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Angola Colobus adalah spesies monyet yang terutama tersebar di Afrika tengah, sub-Sahara mulai dari Kongo Basin ke bagian Afrika Timur di Kenya dan Tanzania. Spesies ini mendapatkan namanya dari negara Angola, tetapi jarang ditemukan di sana. Seperti kebanyakan spesies monyet, ekornya digunakan untuk memberikan keseimbangan saat mereka berlari di sepanjang cabang-cabang pohon dan mungkin juga sebagai bentuk komunikasi.

Baca juga  5 Party Halloween di Dunia Yang Paling Unik dan Keren

Kera-kera Angola Colobus berukuran sedang untuk kera-kera yang panjang totalnya mencapai 76 centimeter dan beratnya mencapai 14 kg. Ekornya secara signifikan lebih panjang dari tubuh mereka dan dapat mencapai satu dan sepertiga kali panjang total tubuhnya.

8. Kadal Kaca

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Pada pandangan pertama, mudah untuk mengira Kadal Kaca Timur adalah seekor ular, tetapi sebenarnya itu adalah kadal. Itu perbedaan penting karena ekor ular sebenarnya hanya sebagian kecil dari tubuhnya. Banyak yang hanya memiliki panjang 2-5 centimeter terlepas dari panjang seluruh tubuh ular, tetapi untuk kadal ini, memiliki rasio yang sama sekali berbeda.

Meskipun itu adalah kadal, kamu mungkin telah memperhatikan bahwa ia tidak memiliki kaki, yang tidak diragukan lagi mengapa orang salah mengidentifikasi mereka sebagai ular. Tidak seperti ular, mereka memiliki kelopak mata yang bisa digerakkan, lubang telinga luar, dan rahang yang tidak fleksibel. Panjang totalnya dapat mencapai hingga 109 centimeter dengan sebagian besar dari itu menjadi ekornya. Ekor Kadal Kaca Timur sering lebih dari setengah panjang total tubuhnya. Mereka mendapatkan namanya karena kemampuan ekornya untuk putus dengan menghancurkan tubuhnya “seperti kaca.” Seiring waktu, ekor akan tumbuh kembali seperti spesies kadal lainnya.

9. Jerapah

9 Hewan yang Memiliki Ekor Terpanjang di Dunia

Jerapah mungkin terkenal memiliki leher dan lidah yang sangat panjang, tetapi tidak dengan ekornya. Ekor jerapah adalah salah satu yang paling panjang yang ditemukan pada mamalia hidup dimana dapat mencapai hingga satu meter panjangnya. Jerapah sedang mengalami apa yang disebut “kepunahan diam-diam” dan baru-baru ini terdaftar sebagai hewan langka.

Jumlah mereka berkurang karena hilangnya habitat, perburuan, dan eksploitasi secara keseluruhan. Bulu ekornya sering digunakan sebagai kalung, gelang, dan untuk membuat benang. Bagian lain dari tubuhnya yang sering digunakan adalah daging, kulit, dan bulu, tetapi banyak juga yang menginginkan ekor panjang mereka.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado