9 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk yang Sedang Diet

9 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk yang Sedang Diet

Salah satu kunci utama dalam diet untuk menurunkan berat badan ialah kalori dalam makanan.

Untuk menurunkan berat badan, kita perlu memastikan jumlah kalori yang dikonsumsi lebih rendah daripada jumlah yang digunakan tubuh. Caranya ialah dengan memilih makanan rendah kalori.

Namun, kebanyakan makanan rendah kalori tidak membuat kita cukup kenyang dibandingkan makanan tinggi kalori seperti sumber protein dan lemak.

Sehingga kita bisa merasa masih lapar atau lebih cepat lapar sebelum waktu makan. Akibatnya, kita akan mengambil makanan lebih dari yang seharusnya dikonsumsi.

Untuk diet yang optimal, dianjurkan untuk memilih makanan yang rendah kalori sekaligus mengenyangkan, di antaranya:

1. Apel

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Apel tidak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, namun juga kaya akan kandungan serat.

Apel juga termasuk buah yang menduduki peringkat tinggi dalam The Satiety Index of Common Foods.

Kansungan serat dalam apel yang melipah akan memberikan sensasi lebih kenyang ketika dikonsumsi.

Apel lebih dianjurkan untuk dimakan bersama kulitnya karena sebagian besar serat terdapat dalam kulit. Pastikan untuk mencuci buah hingga bersih sebelum dikonsumsi.

Baca juga  Bawang Bombai Merah & Bawang Bombai Putih, Apa Bedanya?

2. Buah Beri

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Buah beri termasuk pilihan yang sangat baik untuk menu diet rendah kalori yang mengenyangkan. Buah beri memiliki kandungan serat dan air dalam kadar tinggi. Buah beri mengandung gula alami yang lebih rendah dibandingkan gula lainnya.

Bukan itu saja, buah beri tergolong sebagai superfood karena kandungan vitamin dan nutrisi yang melimpah, yang memberikan manfaat antioksidan dan anti inflamasi.

3. Brokoli

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Brokoli termasuk sayuran yang tinggi serat dan rendah kalori, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet.

Brokoli juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral esensial, meliputi vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, selenium,dan folat.

4. Telur

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Telur termasuk opsi yang baik untuk makanan rendah kalori. Telur kaya akan protein yang memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur saat sarapan memiliki rasa lapar yang lebih kecil sepanjang hari, sensasi lebih kenyang, dan penurunan produksi hormon lapar ghrelin.

Baca juga  Sedang Jalani Diet? Ini 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Demi Diet Sukses

Selain itu, telur merupakan sumber yang baik dari vitamin B, vitamin A, D, E, dan K.

Telur juga merupakan sumber dari kolin, suatu nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perawatan sel serta bermanfaat untuk kesehatan otak dan tulang.

5. Ikan Berlemak

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Ikan berlemak sepeti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan kod merupakan sumber protein yang baik dan memiliki kalori rendah.

Lemak dalam ikan tersebut merupakan lemak sehat sehingga konsumsinya tidak akan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan dapat membantu melawan penyakit peradangan dan meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, serta baik bagi otak dan mata.

Ikan berlemak menempati peringkat kedua dalam indeks satiety, sehingga akan sangat membantu dalam mengendalikan berat badan.

6. Yogurt Yunani

sumber: pixabay
sumber: pixabay

Yogurt Yunani termasuk sumber protein yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Konsumsi yogurt Yunani juga memberikan sensasi lebih kenyang dibandingkan mengkonsumsi cemilan rendah protein, seperti biskuit. Selain itu, yogurt mengandung probiotik yang membantu menjaga kelancaran pencernaan.  

Baca juga  Tips Menurunkan Berat Badan Agar Memiliki Badan Yang Ideal

Saat menambahkan yogurt dalam menu makan, perhatikan kandungan gula dalam yogurt yang diberi perasa. Jika memungkinkan sebaiknya memilih yogurt tanpa tambahan perasa untuk dinikmati bersama madu dan buah beri.

7. Jeruk

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Jeruk termasuk salah satu buah yang menduduki peringkat tertinggi dalam indeks satiety. Buah jeruk memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Selain itu, buah jeruk juga sumber yang baik bagi vitamin C dan kalium.

8. Gandum Utuh

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Gandum utuh merupakan sumber serat dan protein yang rendah kalori. Makanan dari bahan gandum utuh seperti oatmeal, roti atau pasta gandum utuh dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Hal ini karena gandum utuk memiliki kandungan serata yang tinggi dan memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh dibandingkan gandum biasa.

9. Kentang

sumber: unsplash
sumber: unsplash

Kentang sering kali dianggap sebagai makanan yang perlu dihindari saat diet. Namun sebenarnya kentang termasuk makanan rendah kalori.

Dalam 5 ons kentang panggang tanpa tambahan bumbu hanya mengandung 100 kalori. 

Kentang rebus juga termasuk salah satu makanan dengan indeks satiety tinggi, sehingga dapat membantu mencegah makan berlebihan.

Selain itu, kentang mengandung vitamin C, kalium, serat, dan protein.

Bagi yang sedang diet, dianjurkan memilih kentang yang direbus atau dipanggang tanpa tambahan perasa sintetik. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laila NF