9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat


9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 1

Pada zaman seperti sekarang ini, membuat anak-anak atau buah hati anda menyukai makanan yang sehat sangatlah rumit, dibandingkan dengan hanya menyuruh mereka memakan sayuran seperti kubis.

Studi menunjukkan, bahwa anak yang lebih sering melewati sarapan, akan menjadi lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah yang cenderung tidak sehat. Dan hal seperti inilah, yang nantinya menjadi kebiasaan tidak sehat. 

Berikut adalah 9 tips membesarkan buah hati anda, menjadi anak yang menyukai pola makan sehat :

1. Makan bersama keluarga

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 3

Makan bersama keluarga, mungkin merupakan hal yang tampak jelas, tetapi ketika hidup kita semakin sibuk, makan bersama keluarga adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan. Usahakan untuk duduk bersama untuk makan malam (atau makan siang atau sarapan), bersantai dan nikmati waktu anda bersama sebagai sebuah keluarga. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang makan makanan keluarga mendapatkan lebih banyak buah dan sayuran, serta kalsium dan mereka akan makan lebih sedikit snack. Mereka juga cenderung berprestasi lebih baik di sekolah dan cenderung tidak merasa tertekan. Ya, makan bersama keluarga adalah hal yang sangat kuat.

2. Menyimpan persediaan makanan

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 4

Persediaan dapur Anda akan memengaruhi pilihan makanan anak-anak Anda. Tinggalkan camilan tidak sehat seperti snack yang tidak bernutrisi. Alih-alih, isi keranjang anda dengan buah dan sayuran, terutama yang portabel dan ramah anak seperti apel, pisang, dan wortel. Camilan sehat lainnya termasuk mangga beku, yogurt dan buah, selai kacang dan seledri, serta dapat anda tambahkan keju, apabila anak anda menyukainya. Pilih air mineral atau susu daripada minuman bersoda, untuk mengurangi gula tambahan.

3. Libatkan keluarga

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 5

Biarkan anak-anak anda berpartisipasi dalam berbelanja bahan makanan dan biarkan mereka membantu anda memasak. Semakin mereka terlibat di dapur, mereka akan semakin tertarik untuk mencoba apa yang mereka bantu ciptakan. Membiarkan mereka memilih camilan sendiri, dari beberapa pilihan sehat, akan membantu mereka memakan camilan tersebut, bukan yang kurang sehat.

4. Gunakan trick untuk memperbanyak kalsium

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 6

Ada taktik kreatif yang dapat Anda terapkan untuk memastikan anak Anda mendapatkan banyak kalsium. Seperti misalnya, anda menambahkan keju ke makanan dan camilan seperti memasukkan keju ke dalam telur dadar, anda juga dapat menambahkan sepotong keju ke sandwich atau membuat pizza mini bersama buah hati anda, dengan saus pizza dan mozzarella. Anda pun, perlu mencoba membuat sandwich keju panggang yang menarik, dengan menggunakan pemotong kue untuk membuat bentuk yang dapat menyenangkan buah hati anda.

5. Buat saus celup

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 7

Menyelamkan sayuran dan buah-buahan ke dalam saus yang enak membuat makan siang lebih menyenangkan. Tawarkan irisan apel dengan yogurt atau selai kacang. anda dapat mengajarkan atau mengajak buah hati anda, untuk menyelamkan irisan apel tersebut kepada yogurt atau selai kacang yang tersedia. Kebanyakan anak, senang untuk mencolek-colek makanan mereka, dengan saus atau bumbu yang telah disediakan di sebuah mangkuk kecil.

Dengan mencolek-colekkan atau menyelamkan makanan ke mangkuk yang telah disediakan, akan memancing buah hati anda untuk menyukai makanan yang semua tidak mereka senangi.

6. “Lakukan seperti yang aku lakukan”

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 8

Jika Anda makan sekantong keripik snack, jangan berharap anak-anak anda akan memakan sayuran. Jadilah panutan dan ajari anak anda untuk membuat pilihan yang seimbang. Mereka menonton lebih dari yang anda kira. Sebelum anda menyadarinya, anda mungkin telah sering berbagi smoothie bayam anda dengan buah hati anda, dan hal tersebutlah yang membuat mereka menyukai smoothie bayam.

7. Isi dengan serat

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 9

Hanya sedikit anak yang menginginkan makanan kaya serat. Tetapi serat mengenyangkan dan bila dikombinasikan dengan banyak minum air, membantu mencegah sembelit dan menjaga keadaan tetap teratur. Biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran semuanya mengandung serat. Mendapatkan lebih banyak serat dalam makanan mereka bisa sesederhana mengunyah popcorn alih-alih pretzel untuk camilan dan memilih sereal atau gandum berserat tinggi untuk memulai hari.

8. Ketahui ukuran porsi

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 10

Anak-anak secara alami makan ketika mereka lapar dan berhenti ketika mereka kenyang. Tapi begitu mereka mencapai usia tertentu, mereka lebih cenderung ingin makan es krim daripada brokoli. Untuk membantu mengajari buah hati anda porsi makanan yang wajar, sajikan porsi tunggal. Alih-alih membiarkan anak-anak memakan sekantong keripik atau satu wadah es krim, anda perlu menyediakan bagian makanan atau porsi mereka terdahulu.

Jika anda memasak makanan dalam jumlah besar dan menyimpan sisa makanan, pisahkan menjadi porsi yang lebih kecil sebelum anda memasukkannya ke dalam lemari es atau freezer. Dengan cara ini, anak-anak anda secara otomatis dapat mengambil satu porsi.

9. Sediakan banyak buah dan sayuran

9 Tips Membesarkan Buah Hati yang Menyukai Pola Makan Sehat 11

Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam menu makanan keluarga anda. Karena, mereka kaya akan vitamin dan mineral, dan kebanyakan dari kita tidaklah cukup makan. Makan buah atau sayuran di awal makan dapat membantu membuat semua orang kenyang. Selain itu, menawarkan sayuran dan buah-buahan saat anak-anak masih lapar, dapat membantu mereka makan lebih banyak buah dan sayur.

Itulah 9 cara atau tips yang dapat anda lakukan di rumah, untuk mengajari kebiasaan makan makanan yang sehat dan menyukai makan makanan yang sehat kepada buah hati atau anak-anak anda.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap