9 Tips Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa, Pernah Mengalami?

9 Tips Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa, Pernah Mengalami? 1
orami.co.id
orami.co.id

Bulan Ramadan saatnya para kaum muslim menjalankan rukun Islam keempat, yaitu menjalankan ibadah puasa. Puasa dimulai saat azan subuh atau azan  azan magrib. Selama waktu tersebut tidak boleh melakukan makan dan minum. Tidak jarang selama menjalakan ibadah puasa  bibir terasa kering. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak di area bibir berkurang. 

Bibir kering sangat mengganggu dan terasa sangat perih.Sehingga dapat mengakibatkan sariwan. Agar bibir kering dan pecah-pecah ini tidak kamu alami, berikut sembilan tipsnya agar puasamu lancar, diambil dari berbagai sumber. Yuk simak dibawah ini

1. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Pada saat sahur tambahkan buah dalam menu sahurmu. Terutama buah yang banyak mengandung air dan mengandung vitamin C, serta E, Misal jeruk, melon, semangka, stroberi, papaya, dan lain-lainnya. Kerena buah yang mengandung vitamin C dan E dapat mencegah bibir kering dan meningkatkan kelembapannya. Hindari makanan berlemak, ya.

2. Hindari makanan pedas dan asin

Saat buka puasa menikmati makanan dengan rasa asin dan pedas sangat digemari. Namun untuk yang memiliki bibir mudah kering hindari makanan tersebut. Karena makanan dengan rasa ini membuat cepat haus. mengonsumsi makanan pedas dan asin ini hindari saat sahur, ya.

3. Hindari menjilat bibir

Karena bibir terasa kering tak jarang membasahi bibir dengan air liur. Namun membasahi bibir dengan air liur bukannya membantu tetapi akan semakin memperburuk kondisi bibirmu. Tahukah air liur akan semakin membuat bibir menjadi kering. Maka dihindari, ya.

4. Beri madu pada bibir

Sejak zaman dahulu kala madu dikenal sebagai bahan alami yang sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pacah. Oleskan madu pada bibir  pada saat buka puasa atau malam hari sebelum tidur, biarkan selama semalaman. Saat sahur minum satu sendok madu, selain untuk mengatasi bibir kamu yang kering dan pecah-pecah, madu dapat menambah stamina dalam menjalankan ibadah puasa.

5. Mengoleskan lip balm

Mengoleskan lip balm dapat kamu lakukan saat beraktivitas agar bibir tidak kering. Namun hindari lip balm yang memiliki aroma dan rasa, ya.

Saat membeli lip balm pilih yang mengandung banyak minyak alami serta SPF di dalamnya. SPF bertugas melindungi bibir dari kekeringan akibat sinar matahari dan cuaca di luar.

6. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal khasiatnya untuk merawatan kulit termasuk kulit bibir. Kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C serta anti inflamasi memberikan kelembapan pada kulit. Oleskan lidah buaya pada malam hari saat menjelang tidur. Diamkan semalaman  lalu bilas dengan air bersih keesokan harinya atau pada saat sahur. Agar kelembapan terjaga lakukan tiap malam,ya.

7. Menghindari minuman yang mengandung kafein

Kopi sering digunakan agar menghilangkan kantuk terutama pada bulan Ramadan. Hindari minum kopi pada saat sahur, karena Kafein yang terkandung dalam kopi berperan diuretik (pendorong air seni) sehingga akan selalu buang air kecil. Maka pada saat puasa tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan kulit akan berkurang kelembapannya termasuk kulit bibir akan kering dan pecah-pecah.

8. Oleskan ketimun pada saat buka dan sahur

Ketimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu ketimun mengandung vitamin C dan E, keduanya sangat bermanfaat untuk kelembapan kulit. Menggunakan ketimun untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah dengan cara mengiris ketimun kemudian rendam dalam air dingin beberapa saat kemudian oleskan air rendaman ketimun tersebut pada bibir. Atau dapat juga dengan cara memarut ketimun kemudian ratakan parutan ketimun tersebut pada bibir.

9. Memperbanyak konsumsi air putih

Memenuhi kebutuhan air putih pada saat puasa merupakan hal yang penting. Karena zat air sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit termasuk kulit bibir. Kebutuhan cairan untuk tubuh adalah delapan gelas perhari. Saat puasa kamu dapat membagi cara mengonsumsi air putih ini yaitu, dua gelas masing-masing pada sahur dan buka puasa. Empat gelas saat makan malam hingga mau tidur. Dengan demikian bibir kamu akan terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah.

Puasa adalah kewajibah setiap umat Islam kecuali anak kecil (belum balig), orang telah lanjut usia, orang sakit, dan orang yang tidak berakal sehat. Maka jangan sampai bibir kering dan pecah-pecah akan mengganggu kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasamu, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andi Nitha Nahfiah