Ada Apa dengan Sumba?


Ada Apa dengan Sumba? 1

Pulau Sumba salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang epic dan natural. Dalam Pulau Sumba sendiri tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja tetapi juga adat-istiadat yang masih kental sehingga tidak bisa ditemukan di tempat lain. Ada apa aja sih di Sumba ? disini penulis ingin menunjukan apa aja yang kalian dapatkan ketika berkunjung di Pulau Sumba yuk disimak !

KAIN SUMBA

Kain Sumba sendiri memiliki cerita sendiri bagi sebagian masyarakat di Pulau Sumba. Kain sumba merupakan suatu tanda kehormatan bagi masyarakat sumba. Proses pembuatan kain sumba sendiri memakan waktu sekitar 3 tahun WOW! inilah sebabnya kain sumba dianggap sangat berharga bagi masyarakat Sumba. 

Setiap motif yang ada didalam kain sumba sendiri memiliki makna tersendiri contohnya seperti motif kuda pada kain tenun sumba. Motif kuda sendiri memiliki lambang tersendiri yaitu Kepahlawanan, Keagungan, dan Kebangsawanan karena kuda sendiri adalah simbol bagi masyarakat sumba sebagai harga diri masyarakatnya.

Kain Sumba memiliki peranan aktif dalam segala aspek kehidupan mulai dari penyambutan kelahiran, pernikahan hingga kematian seseorang, karena kain sumba sangatlah berharga bagi masyarakatnya. Tak lupa wisatawan pun dapat membeli kain sumba mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta, hal ini tergantung dengan motif yang wisatawan pilih dan lamanya pengerjaan dari kain itu sendiri.

pemakaian kain sumba dalam upacara kematian 
pemakaian kain sumba dalam upacara kematian 

PANTAI

Apa yang ada di benak kita ketika kita mendengar kata Pantai? Yas! Pasti kita berfikir bahwa keindahan pantai ada di Bali. Tak kalah dengan Bali di Pulau Sumba sendiri memiliki keindahan Pantai yang sangat epic. Wisatawan akan sangat mengagumi keindahan pantai di Pulau Sumba. Disini wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan warna air laut yang masih asri. 

Ada Apa dengan Sumba? 3

Tak perlu jauh-jauh berlibur ke Maldives atau Hawaii disini kalian akan menikmati keindahan pantai yang begitu indah. Jangan lupa untuk berfoto-foto ria ya !

Ada Apa dengan Sumba? 4

PASOLA

“sola” atau “hola” yang berartikan kayu lembing. Pasola yaitu tradisi perang adat yang memberikan atraksi bagaimana acara perang itu berlangsung. Menurut legenda setempat pasola merupakan klimaks dari sebuah tragedi cinta segitiga. Jangan heran ketika kita melihat pasola, wisatawan akan melihat seperti perang sungguhan. Pasola sendiri biasanya diadakan pada bulan februari.

Ada Apa dengan Sumba? 5

Pasola sendiri memiliki serangkaian acara pasola didahului oleh ritual yang berhubungan mulai dari :

  1. Purung Ladu Loda, yang berarti menurunkan tali larangan. Purung ladu loda merupakan pertanda dimulainya Wulla Bihha atau merupakan Bulan Pamali dengan dimulainya sejumlah larangan yang harus dipatuhi oleh setiap masyarakat.
  2. Penentuan waktu, dasar perhitungan utama ini adalah bentuk bentuk bulan yang didukung oleh kemunculan tanda-tanda alam seperti mekarnya bunga katina, babi hutan dan dsb. 
  3. Pati Rahi, ini adalah konsep empat hari yang sama seperti pada Bijalungu Hiu Paana. Empat hari menjelang puncak penghargaan yang diisi dengan ritual-ritual penting.
  4. Madidi Nyale, ritual yang harafiah berarti memanggil nyale ini berlangsung di pantai wanokaka pada hari keempat Pati Rahi. Disini para warga dan wisatawan dapat berkumpul di laut untuk mendapat Nyale. Nyale adalah cacing warna warni laut dan memiliki makna yang berarti bagi masyarakat.
  5. Pasola, dan akhirnya acara gong nya mulai yaitu pasola. Atraksi pasola secara berurutan di dunia tempat yang berbeda. Pertama atraksi dilakukan di pantai wanokaka setelah Madidi Nyale yang kedua di arena utama Kamaradena.
Ada Apa dengan Sumba? 6

NIHIWATU RESORT

Banyak dari masyarakat Indonesia menganggap resort terbaik hanya ada di Bali, padahal Resort terbaik ada di Pulau Sumba. Nihiwatu adalah resort terbaik di dunia. Nihiawatu sendiri memiliki berbagai macam fasilitas mulai dari private room hingga private beach. Bahkan artis Hollywood pun pernah ke Nihiwatu untuk menikmati resort yang indah ini. Nihiwatu sendiri untuk per malamnya mulai dari 10 Juta hingga ratusan juta. Mungkin dari kalian yang mempunyai tabungan yang lebih bisa menikmati resort indah ini, karena jujur penulis juga ingin menghabiskan waktunya disini hehehe.

Ada Apa dengan Sumba? 7

KAMPUNG ADAT PRAIJING 

Kampung adat praijing terletak di desa tebara kecamatan waikabubak, kabupaten Sumba Barat Provinsi NTT. Disini wisatawan akan melihat pemandangan hamparan sawah yang hijau dan menyejukan mata wisatawan yang berkunjung.Disini kalian juga bisa melihat bentuk rumah dari masyarakat sumba sendiri.

Ada Apa dengan Sumba? 8

di Pulau Sumba sendiri masih menganut kepercayaan “Marapu” yang diartikan “yang diperlukan” atau “dipermuliakan”. Marapu bagi masyarakat disebut sebagai arwah-arwah leluhur. Saat kita berkunjung ke kampung adat praijing kita tetap harus menghormati dan menjaga kesopanan adat istiadat masyarakat setempat. 

Ada Apa dengan Sumba? 9

Last but not least, kalian kapan mau berkunjung ke sini? Jangan lupa untuk tetap jaga protokol ya, Salam Travelling!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Putri Kurnia

   

Kata "Ema" (sebutan mama dalam bahasa Estonia) aku berasal dari planet zigya. Pa adalah Jendral di planet kami dan saat ini kami sudah tinggal di bumi ini selama 24 Tahun. Terima kasih Bumi dan seisinya mari kita menciptakan kedamaian dan tidak ada perbedaan! Salam Sayangku <3

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap