Agar Sepatu Handmade Tetap Awet


Agar Sepatu Handmade Tetap Awet 1

Sepatu merupakan salah satu item  yang dapat menunjang penampilan. Dengan model sepau yang pas, selain menambah kesan ok pada penampilanmu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Kamu suka model sepatu yang seperti apa? Hak tinggi? Wedges? Flat atau yang mana? Pernah mengalami kesulitan mencari sepatu yang sesuai ukuran? Sebagian orang  mengalami kesulitan dalam mencari sepatu yang ukurannya pas karena memiliki kaki yang relatif kecil.

Untuk mendapatkan sepatu yang sesuai ukuran, kamu dapat memesan  sepatu  handmade kepada pengrajin sepatu yang sudah berpengalaman. Pengrajin sepatu handmade biasanya juga melayani pemesanan sesuai dengan ukuran kaki yang sulit ditemukan di toko.

Koleksi sepatu handmade harus dirawat dengan tepat agar tetap awet. Yang harus dipahami terlebih dulu adalah sepatu tersebut dibuat dari bahan apa? Jika sepatu terbuat dari bahan kain dengan sol karet atau kayu maka perawatannya relatif mudah. Kamu dapat mencucinya langsung dengan air dan sabun. Sepatu dari bahan suede memerlukan perawatan ekstra karena suede mudah ditumbuhi jamur.

Untuk membersihkan sepatu berbahan suede, kamu dapat mengelap bagian yang kotor dengan kain yang lembab kemudian mengeringkannya. Jangan menjemur langsung di panas matahari karena dapat merusak bahan sepatumu. Kamu dapat mengeringkan dengan mengangin-anginkan sepatu atau menggunakan hair dryer. Bagian yang kotor membandel dapat dibersihkan menggunakan penghapus kotoran khusus untuk bahan suede. Sepatu berbahan kulit dapat dibersihkan menggunakan bahan pembersih khusus untuk bahan kulit. Bahan kulit juga relatif mudah ditumbuhi jamur.

Perawatan sepatu yang tepat akan membuat umur pakainya lebih panjang. Selain itu juga dapat menghilangkan bau apek.

Berikut cara perawatan sepatu handmade yang harus kamu lakukan:

1. Bersihkan sepatu langsung setelah digunakan.

Kotoran yang melekat pada sepatu akan membuat sepatu cepat rusak. Setelah digunakan, angin-anginkan sepatu sebentar untuk menghilangkan keringat yang menempel pada sepatu. Kemudian segera bersihkan sesuai dengan bahan sepatu. Usahakan jangan menjemur sepatu langsung di bawah terik sinar matahari agar bahan sepatu tidak mudah rusak.

2. Jika sepatu tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama, simpan di kotak sepatu dengan baik.

Ketika membeli sepatu, jangan langsung membuang kotaknya! Kotak sepatu selain berfungsi sebagai pembungkus saat kamu membelinya, juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan yang aman. Simpan sepatu di tempat yang tidak lembab.

3. Pastikan saat sepatu dimasukkan ke kotak penyimpanan sudah benar-benar kering.

Jamur akan cepat tumbuh dalam kondisi lembab. Karena itu pastikan sepatumu dalam keadaan kering sebelum disimpan. Untuk bagian dalam sepatu yang susah kering namun bahannya tidak dapat dipanaskan langsung dengan sinar matahari, kamu dapat mengeringkannya dengan menekan-nekan sepatumu menggunakan handuk kering. Tekan secara lembut agar tidak merusak tekstur bahan sepatu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian dalam sepatu.

4. Masukkan kertas bekas yang diremas sebesar genggaman ke bagian dalam sepatu untuk menjaga agar bentuknya tidak berubah.

Selain menjaga bentuk sepatu, kertas juga dapat menyerap udara yang lembab selama masa penyimpanan. Jangan lupa setiap sebulan sekali periksa semua koleksi sepatumu dan ganti kertas yang kamu gunakan.

5. Masukkan silica gel ke dalam kotak sepatu.

Silica gel berfungsi untuk menjaga kelembaban. Kondisi yang lembab akan menyebabkan bahan sepatu mudah rusak dan lem antara sol dan bagian atas sepatu mudah lepas. Kemampuan silika gel  untuk menyerap udara lembab yang ada di sepatu relatif lebih lama sehingga kamu tidak perlu sering-sering menggantinya. Pastikan kamu menaruh silika gel di dalam kotak sepatu dalam keadaan utuh, tidak dibuka pembungkusnya. Silika gel yang menyerap kelembaban akan mengalami titik jenuh atau tidak dapat menyerap lembab lagi. Silika Gel harus diganti secara berkal.

O, ya! Saat memesan sepatu, sebaiknya kamu pesan dengan bahan yang berkualitas. Meski harganya relatif lebih mahal namun sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas akan lebih awet dan lebih enak dipakai.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap