AI Lebah jadi Pembunuh Manusia, Kok Bisa? Intip di Netflix Series Black Mirror

AI Lebah jadi Pembunuh Manusia, Kok Bisa? Intip di Netflix Series Black Mirror 1

Perkembangan Artificial Intelligence saat ini sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Mulai dari media sosial, pertanian, medis dan kesehatan, telekomunikasi, perbankan, dan banyak sektor lainnya. Nah, Netflix punya salah satu series andalan yang berjudul Black Mirror.

Sumber: https://www.imdb.com/title/tt5709236/
Sumber: https://www.imdb.com/title/tt5709236/

Black Mirror ini salah satu series yang setiap episodenya punya jalan cerita masing-masing. Jadi, buat yang gak suka series karena episodenya yang banyak, Black Mirror ini bisa sih dibilang film pendek yang dibalut dengan episode setiap musimnya.

Black Mirror mengangkat isu-isu dilema sosial dan kebanyakan isu dilema perkembangan teknologi. Ada satu episode yang mengangkat tentang AI Lebah yang dimanfaatkan buat membunuh manusia, Loh kok bisa?

AI sendiri merupakan kecerdasan buatan yang diprogram untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu. Misal nih, kayak menyiram tanaman, cek suhu dan kelembapan tanah, pengantar barang, dan banyak lagi deh. Tapi bagaimana jadinya kalau AI tersebut diretas dan dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk tindakan kejahatan?

AI yang diangkat dalam series Black Mirror sangat banyak, yang diulas kali ini yaitu AI Lebah yang dibuat untuk menggantikan lebah yang sudah punah. Lebah itu bekerja di hampir seluruh wilayah negara dan tersebar luas.

Masalah yang diangkat bukan dari AI itu sendiri, tetapi lebih ke figur publik yang dibenci oleh masyarakat. Figur publik tersebut viral di media sosial dan terdapat satu platform yang menyediakan proses voting per minggunya untuk menentukan siapa figur publik yang paling dibenci dan layak untuk mati.

Platform tersebut ternyata berdampak pada kematian dari figur publik yang menempati posisi teratas per periodenya. Kematian dari figur publik ini sangat mengenaskan dan tidak diketahui penyebab kematiannya.

Ternyata, kematian figur publik yang dibenci itu berasal dari AI Lebah yang diretas menjadi AI pembunuh. Coba deh, AI Lebah menggantikan Lebah yang sudah punah disebar ke seluruh wilayah. Betapa banyaknya jumlah AI Lebah tersebut tersebar di negara itu kan.

AI Lebah tersebut mulai diselidiki oleh polisi, walaupun tentu dalam penyelidikannya dilakukan ke perusahaan penyedia AI Lebah.

Lantas, gimana jadinya AI Lebah yang berfungsi sebagai pengganti lebah dapat membunuh manusia? AI Lebah tersebut masuk ke sel-sel otak manusia melalui telinga, hidung, atau mulut tanpa disadari oleh manusia yang telah menjadi target. AI Lebah menyerang sistem syaraf otak manusia dan melumpuhkannya.

Dalam episode tersebut, kedua detektif ditugaskan untuk mencari tahu misteri kematian dari beberapa figur publik tersebut. Konflik menegang pada saat detektif tersebut berhasil mengetahui penyebab terbunuhnya beberapa figur publik tersebut melalui teknik profiling.

Episode ini terasa klimaks karena detektif berusaha melindungi salah satu figur publik yang akan dibunuh oleh AI Lebah itu. Lawan yang dihadapi secara langsung ini tentu AI Lebah pembunuh yang bisa masuk rumah dari lubang mana pun.

Di Indonesia, figur publik yang melakukan tindakan nyeleneh malah dapat ruang positif di dunia hiburan. Isu yang diangkat di Black Mirror sangat berhubungan dengan kondisi budaya di Indonesia. Seseorang yang melakukan tindakan di luar kebiasaan masyarakat Indonesia pasti bakal viral dan terkenal di media sosial, seperti twitter, tiktok, instagram, dan youtube.

Perkembangan AI saat ini sangat disambut positif oleh banyak kalangan, mulai dari pengembang, industri, pemerintah, hingga masyarakat. AI memang sangat membantu pekerjaan manusia di bidang tertentu. AI dapat menurunkan tingkat bahaya yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

AI Lebah ini bisa jadi salah satu contoh solusi masa depan bagi kehidupan manusia. Misal nih, AI berukuran kecil bisa digunakan untuk mencari barang berharga yang hilang seperti emas. AI itu bisa dilatih dengan kemampuan pelatihan terhadap data yang dapat mengidentifikasi sebuah emas.

Semakin sering dan terlatih AI dan kesesuaian dengan hasil ujinya, ini menentukan seberapa layak AI digunakan secara resmi di kehidupan sehari-hari. Jadi, peran AI ke depannya akan sangat memudahkan pekerjaan manusia.

Nah, terus gimana dengan ancaman AI tersebut? Tentunya peran dari keamanan AI sangat penting. Teknologi AI harus dirancang dan diimplementasikan dengan aman dong. Contohnya, AI harus memberikan sistem keamanan yang tahan dari peretasan, terus memperbarui sistemnya, dan keamanan pemrograman yang harus diperhatikan agar tahan dari serangan yang berasal dari kesalahan kode program.

Black Mirror memang dikenal sebagai series yang menyajikan dilema kehidupan manusia yang berdampingan dengan perkembangan teknologi. Bagaimana tidak, seperti episode AI Lebah yang memang sudah mulai banyak dikembangkan saat ini seperti negara Taiwan yang berhasil mengembangkan chip AI terkecil di dunia sejak 2019.

Pasti kalian penasaran kan cerita utuh dan akhir dari episode AI Lebah pembunuh ini di episode Black Mirror? Episode yang mengangkat isu AI Lebah pembunuh ini bisa kalian temui di Season 3 Black Mirror dengan judul “Hated in the Nation”.

Wajib banget buat kalian yang suka isu teknologi dan dilema kehidupan masyarakat dengan menonton series Black Mirror di Netflix. Engga hanya AI Lebah pembunuh, banyak teknologi dan isu terkait perkembangan teknologi yang berhubungan banget dengan era saat ini lho!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fandi Aditya Putra