“Air Terjun Pelangi Di Selatan Cianjur”

“Air Terjun Pelangi Di Selatan Cianjur” 1

Bersama teman-teman berangkat ke sisi selatan Cianjur untuk sekedar berswafoto untuk menambah foto galeri feed Instagram. Sebelumnya kami merencanakan untuk berwisata di tempat-tempat yang sedang ramai didatangi oleh wisatawan. Tetapi kami memilih tempat ini dengan keistimewaan, seakan akan kita berada negeri yang hilang seperti dalam Film UP (2009). Karena target lokasi wisata kali ini seperti Paradise Fall nya Amerika.

Info tempat yang kami datangi ini didapat masih dari mulut ke mulut. Memang sulit mencari info di internet untuk tempat ini. Dan nama tempat yang kami datangi yaitu Curug Citambur berdomisili di desa Karangjaya Kec. Pasirkuda Kab Cianjur Prov. Jawa Barat.

Alasan kami memilih tempat ini juga karena tempatnya yang masih asri dan juga belum begitu familiar di kalangan wisatawan. Jika anda mengetahui Paradise Fall Amerika, setelah datang anda pasti bangga karena Indonesia juga memiliki tempat yang tidak kalah indahnya. Memang sebuah fakta Indonesia itu negeri yang kaya akan Alamnya.

Kami berangkat dari Kabupaten Bandung menuju Kabupaten Cianjur, menempuh perjalanan sekitar 2 jam 45 menit dengan jarak 50 km. Saat perjalanan kami sudah bersiap dengan membawa perbekalan. Saat diperjalanan tidak begitu  macet karena jalan yang ditempuh memanglah relatif sepi dari padatnya nya perkotaan.

Sesampainya kami di lokasi, kami tidak diminta membeli tiket karena memang lokasi tersebut masih sepi. Akan tetapi kita diminta untuk membayar parkir saja yang bernilai Rp.5000 per unit untuk motor, apa bila mobil Rp.10.000 per unit.

Setelah parkir kami lanjut berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai Curug Citambur tersebut. Jangan khawatir apabila kita kecapean saat berjalan kaki, karena pengelola tempat sudah menyediakan saung-saung kecil sebagai tempat istirahat. Tentunya gratis juga untuk sekedar beristirahat di saung itu.

Lelahnya kami diperjalanan, terbayar sudah ketika melihat pemandangan yang sangat indah. Bila dilihat oleh mata telanjang, anda bisa menikmati indahnya pelangi ketika air terjun yang jatuh terbiaskan oleh cahaya matahari sehingga terlihat seperti pelangi abadi yang muncul sangat lama sekali sampai matahari terbenam.

Apabila telah sampai di lokasi berhati – hati lah. Karena dengan adanya percikan air terjun yang terus – menerus ini membuat bebatuan dan jalan berlumut sehingga licin. Apalagi tanah yang di sana memang sedikit basah dan becek, oleh karena itu ber hati-hatilah ketika kita berpijak.

Meskipun kami sampai lokasi pada siang hari, tidak terasa panas karena percikan air terjun ini membantu mendinginkan hawa panas disana. Ouh iyah pastikan juga HP anda tidak lama digunakan pada saat di lokasi. Dikhawatirkan percikan air terjun bisa merusak barang elektronik.

Beberapa dari teman kami mencoba mendekat di aliran sungai tepat pada titik jatuhnya air. Ternyata memang sumber air ini sangat lah murni. Ditambah suasana yang masih asri jauh dari perkotaan. Cocok untuk menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam sehingga rasa penatnya aktivitas kita bisa ter Refresh kembali.

Teriknya sinar matahari pada siang hari menjadi tidak begitu terasa oleh percikan air terjun yang indah dengan pelangi ketika dilihat dengan mata telanjang.
Teriknya sinar matahari pada siang hari menjadi tidak begitu terasa oleh percikan air terjun yang indah dengan pelangi ketika dilihat dengan mata telanjang.
Suasana air terjun ketika dilihat lebih dekat, airnya begitu jernih dan bersih dari sampah yang sudah jarang dijumpai.
Suasana air terjun ketika dilihat lebih dekat, airnya begitu jernih dan bersih dari sampah yang sudah jarang dijumpai.
Keseruan kami ketika mendapatkan foto tepat disebelah air terjun yang epic
Keseruan kami ketika mendapatkan foto tepat disebelah air terjun yang epic
Berdiri diatas batu sambil mengabadikan Curug Citambur yang indah
Berdiri diatas batu sambil mengabadikan Curug Citambur yang indah

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Afif Wahyu Pradana