Alasan anak tidak suka sayur, dan tips agar anak suka makan sayur


Alasan anak tidak suka sayur, dan tips agar anak suka makan sayur 1

Hai bunda apa kabarnya hari ini? Apa bunda masih pusing tentang bagaimana cara menangani si keci yang rewel dan tidak mau makan ya?. Hai bunda dimanapun berada semua bunda pasti tau kan manfaat sayur bagi kesehatan dan pertumbuhan si kecil, selain menyehatkan sayuran itu juga berpengaruh sekali pada pertumbuhan si kecil ya bunda sayuran berpengaruh mulai dari pertumbuhan fisik hingga kecerdasan si kecil nih bunda.

Bunda pasti juga tahu kan jika sayuran hijau juga dapat melancarkan sistem pencernaan si kecil. Nah siapa nih yang anaknya masih sering sembelit atau bahkan diare? Kemungkinan itu karena si kecil sering memakan makanan yang kurang sehat dan kekurangan serat bunda untuk menangani hal itu salah satunya adalah dengan sering-sering memberikan sayuran hijau kepada si kecil tapi masalahnya adalah si kecil itu susah banget kalau di suruh makan sayur kenapa ya bunda?

Ini jawabannya ya bunda si kecil itu tidak suka makan sayur adalah beberapa faktor berikut penjelasannya.

1. karena rasanya yang hambar dan khas kita sebagai orang dewasa pasti tau kan kalau setiap sayuran itu memiliki rasa khas yang berbeda-beda seperti bayam yang rasanya agak manis dan selada yang rasanya hambar tapi sedikit beraroma nah hal itulah yang terkadang membuat si kecil malas dan tidak suka makan sayur.

2. karena cara penyajiannya, nah bunda pasti sering masak sayur yang cuma dipotong lalu dimasak dan disajikan untuk si kecil terus si kecil akhirnya tidak mau makan iya kan? Begini ya bunda anak kecil itu kebanyakan tidak menyukai hal-hal yang berbau sayuran jadi kita sebagai orang tua harus kreatif dalam menyajikannya agar si kecil tertarik untuk mencoba dan melahap habis sayur yang kita sajikan.

3.  Karena si kecil belum mengenal sayuran tersebut, bunda tahu tidak ada kondisi tertentu pada anak yang disebut dengan food neophobia ini adalah kondisi dimana si kecil kita ketakutan terhadap makanan yang belum dia kenal atau makanan yang baru saja mereka kenal bunda nah selain itu anak-anak juga cenderung lebih menyukai makanan manis dan makanan yang asin atau gurih seperti ayam, daging, ikan, dan roti.

Nah bagaimana nih bunda sudah paham kan alasan kenapa si kecil jadi susah makan sayur?. Tapi jangan khawatir bunda karena setip masalah itu pasti ada jalan keluarnya, ada beberapa tips agar si kecil jadi suka sayuran nih bunda cara ini terbilang sangat mudah untuk bisa bunda coba nih dan saran saya bunda semua harus mencobanya karena ini demi kebaikan dan kesehatan pertumbuhan si kecil.

Tapi sebelum itu bunda harus pastikan sudah tau apa makanan kesukaan si keci. Karena hal itu juga akan sangat berpengaruh ya bunda, baiklah berikut beberapa tips untuk bunda agar si kecil suka makan sayur.

1. Bunda harus mulai memperhatikan nih apa makanan kesukaan si kecil, kalau si kecil menyukai telur goreng bunda bisa dengan mudah menyatukannya yaitu dengan menggiling halus sayuran hijau pilihan bunda dan menyatukannya dengan telur, garam, dan gula aduk hingga rata kemudian bunda bisa goreng atau masak sesuai selera aja ya bunda.

2. ubah jadi makanan yang menarik dan enak, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya jika si kecil tidak suka sayur karena rasanya yang hambar dan kalau bunda menyajikannya secara langsung pasti si kecil pun akan langsung menolak untuk makan bunda jadi bunda harus kreatif nih caranya bunda bisa menghaluskan sayuran terlebih dahulu atau blender sayuran hingga halus lalu siapkan adonan tepung tapioka, tepung beras, garam, dan ketumbar bubuk. Campur kan semua bahan dan tambahkan air secukupnya setelah itu masukan ke panci masak di api kecil hingga adonan mengental setelah itu letakkan adonan di loyang yang sudah ditaburi tepung terigu lalu bentuk sesuai selera dan kemudian goreng sampai matang kalau sudah matang sajikan kepada si kecil untuk camilan atau lauk si kecil pasti suka. Bunda juga bisa membuat kreasi sendiri sesuai dengan kreatifitas bunda masing-masing tapi selalu ingat ya bunda untuk mengolah sayuran yang berbeda setiap harinya agar si kecil tidak bosan.

3. Ajari dan contoh kan, nah cara ini terbilang yang paling mudah nih bunda yaitu setelah bunda memasak sayur untuk si kecil bunda bisa menunjukan sayur tersebut pada si kecil lalu menceritakan sebuah dongeng anak pada si kecil agar dia tertarik untuk mengetahui banyak hal tentang sayur itu kemudian bunda bisa melanjutkan dengan menjelaskan tentang berbagai manfaat sayuran pada si kecil setelah itu bunda bisa makan bersama si kecil untuk memberikannya contoh jadi si kecil akan senang karena dia bisa mendengar cerita dan mengetahui manfaat sayur bunda pun tenang karena akhirnya si kecil mau belajar untuk makan sayur.

4. Jangan terlalu memaksa, pasti bunda pernah kesal dan marah karena si kecil sering rewel dan tidak mau makan sayur tapi bunda cara itu justru akan membuat si kecil jadi takut dan semakin tidak menyukai sayuran nah untuk mengatasi itu bunda harus banyak bersabar saat menghadapi si kecil yang suka pilih-pilih makanan kalau bisa ajak si kecil masak dan menciptakan menu baru dari sayuran agar si kecil mengenal dan tidak takut lagi pada sayuran.

Tadi adalah beberapa tips dan penjelasan mengenai si kecil yang tidak suka makan sayur. Nah bunda semoga bermanfaat ya bunda harus selalu ingat nih untuk mengutamakan kesehatan si kecil dengan memenuhi asupan gizi dan vitamin nya setiap hari pastikan agar si kecil mau makan sayur dan agar si kecil tidak bosan bunda harus sering-sering mengganti menu sayuran yang disajikan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Niken Agustiani

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap