Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural


Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 1

Hantu, sesuatu yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ada banyak sekali kisah-kisah dan bukti keberadaannya yang bertebaran di dunia maya. Hantu secara umum diartikan sebagai roh atau arwah dari orang yang sudah mati, kemudian menunjukkan dirinya ke hadapan orang yang masih hidup.

Kepercayaan pada hantu dan roh sebenarnya sudah muncul sejak peradaban manusia dimulai dan disebut sebagai kepercayaan animisme. Nyatanya sampai saat ini, belum ada ilmuwan yang dapat membuktikan keberadaan hantu. Jika sains tidak mendukung keberadaan hantu, bagaimana dengan orang-orang atau bahkan kamu sendiri yang pernah ngalamin pengalaman supranatural?

Well, meskipun sains belum bisa membuktikan keberadaan hantu, sains bisa dengan mudah menjawab fenomena supranatural yang terjadi di antara kita.

1. Percaya hantu + sugesti = combo

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 3

Coba bayangkan dirimu berada di depan rumah tua yang terbengkalai. Saat kamu ingin memasukinya, datang seorang sesepuh yang memberi tahu bahwa rumah yang akan kamu masuki ada penghuninya, Yap, hantu. Saat memasuki rumah tersebut, kemungkinan besar kamu akan mengalami pengalaman supranatural atau paling tidak merasakan perasaan yang tidak enak atau merinding.

Hal itulah yang dilakukan oleh para peneliti yang penelitiannya diterbitkan pada tahun 1997. Peneliti menyuruh 22 orang untuk memasuki 5 area teater. Sebagian dari mereka diberi tahu bahwa lokasi tersebut berhantu dan sebagiannya lagi diberi tahu bahwa lokasi tersebut sedang di renovasi. Dan hasilnya bisa di tebak. Mereka yang mengira lokasi tersebut berhantu cenderung merasakan kehadiran sesuatu dari dunia lain.

2. Suara Infrasonik

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 4

Telinga manusia dapat mendengar bunyi dengan frekuensi 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi itu disebut dengan bunyi audiosonik. Sedangkan bunyi yang berada dibawah ambang batas pendengaran disebut dengan suara infrasonik. Meskipun tidak kedengaran, kita masih bisa merasakan getarannya.

Suara infrasonik mampu memicu kecemasan, ketakutan, merinding dan rasa tidak nyaman. Itulah sebabnya beberapa film horor menyisipkan suara infrasonik untuk mempengaruhi rasa takut penontonnya meskipun adegan yang ditampilkan ‘biasa saja’.

3. Shadow people

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 5

Sudah banyak bukti-bukti berupa foto dan video penampakan shadow people yang terkenal. Menurut saya, mungkin shadow people inilah hantu yang paling banyak dilihat oleh orang diseluruh dunia, setidaknya pernah melihatnya sekali seumur hidup.

Shadow people seperti namanya adalah sesosok bayangan mirip manusia (atau juga bisa berbentuk makhluk lain) yang dapat dilihat di sudut mata kita. Biasanya, shadow people ini akan menghilang dengan sangat cepat atau bersembunyi dibalik kegelapan dan menghilang.

Sebelum saya menjelaskan tentang shadow people ini, terlebih dahulu saya akan menunjukkan 3 gambar:

Gambar 1
Gambar 1
gambar 2
gambar 2
gambar 3
gambar 3

Masih ingat ketiga foto diatas?  Foto-foto itu merupakan bebatuan yang ada di mars yang juga sempat viral dan para penganut teori konspirasi kegirangan.

Lalu, apa hubungan antara shadow people dengan ketiga foto batuan mars tersebut?

Fenomena ini disebut sebagai pareidolia, yaitu kecenderungan untuk menafsirkan suatu pola asing dengan sesuatu yang familiar. Contoh lainnya dapat kita lihat saat melihat awan yang memiliki bentuk wajah atau simbol keagamaan.

Jadi, shadow people bisa saja hanya bayangan dari furnitur yang membentuk pola acak dimana otak menafsirkan bayangan tersebut mirip seperti manusia.

4. Bisikan setan

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 6

melihat penampilan hantu mungkin sudah biasa, bagaimana dengan suaranya? 

Ternyata penjelasannya cukup simple, pernahkah kamu seperti diajak berbicara saat berada di jalan yang ramai atau saat kamu mengabaikan suara yang ada disekitar lalu tiba-tiba ada yang memanggil namamu? Hampir sama dengan #3, itu bisa terjadi karena pareidolia. Hanya saja, indra yang dipengaruhinya adalah pendengaran.

Ini juga menjelaskan tentang pesan setan dari lagu yang diputar terbalik yang sempat heboh beberapa tahun lalu. Jika tidak ada yang memberitahu pesan apa yang terdengar dalam lagu, suara-suara itu seperti omong kosong. Tetapi sebaliknya, jika ada yang memberitahu kata yang kamu dengarkan, maka kamu akan mendengarnya.

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 7

Mirip-miriplah ya sama kucing yang ngomong tahu bulat.

5. Kesurupan

Alasan Ilmiah Dibalik 5 Pengalaman Supernatural 8

Kesurupan, suatu kejadian yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kesurupan selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis. Kesurupan dapat terjadi karena stress dan banyak tekanan sehingga keadaan mentalnya tidak stabil. Orang yang kesurupan akan mengalami kejang-kejang, berhalusinasi, jantung berdebar-debar, teriak-teriak, hingga pingsan.

Kesurupan juga dapat ‘menular’ ke orang lain disekitarnya (seperti di sekolah dan kantor). Itu bisa terjadi karena orang-orang disekitarnya panik dan ketakutan ditambah sedang ada tekanan juga. Akhirnya, reaksi berantai pun terjadi.

Tapi, penjelasan diatas belum menjawab pertanyaan: mengapa orang yang kesurupan bisa bahasa Belanda?

Tunggu, kamu bisa bahasa Belanda? :’/

Itulah 5 pengalaman supernatural yang dapat dijelaskan dengan ilmiah. Penjelasan diatas tidak bertujuan untuk menjelek-jelekkan saksi mata yang mengalami pengalaman supernatural, melainkan untuk mengetahui apa yang sebenarnya kita lihat. Jika ada kata-kata yang menyinggung, mohon dimaafkan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Memikirkan kamu saja sudah berat, apalagi memikirkan hidup #bukanmain *lah kok jadi iklan rokok?

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap