Alasan Kita Perlu Mengganti Seprai Secara Rutin

Alasan Kita Perlu Mengganti Seprai Secara Rutin 1

Seberapa seringkah kamu mengganti seprai beserta sarung bantal dan sarung guling kamu? Apakah kamu memiliki jadwal khusus untuk mengganti seprai beserta sarung bantal dan sarung guling yang kamu pakai? Masih ingatkah kapan kali terakhir kamu mengganti seprai beserta sarung bantal dan sarung guling kamu?

Melalui pertanyaan di atas, kamu akan diajak untuk berpikir seberapa pentingkah mengganti seprai secara rutin. Seprai merupakan lembaran kain yang digunakan untuk menutupi atau melapisi kasur tempat kita tidur. Memakai seprai sebagai alas tidur kita dipercaya dapat menambah kenyamanan saat tidur. Oleh karena itu, kebersihan seprai yang kita pakai harus kita perhatikan. Mengganti seprai setiap beberapa waktu sekali secara rutin menjadi agenda wajib agar kebersihan seprai yang kita pakai selalu terjaga. Selain itu, ada beragam alasan mengapa kita perlu mengganti seprai yang kita pakai secara rutin, mulai dari alasan kenyamanan hingga alasan medis.

1. Mencegah adanya kutu kasur atau tungau

Seprai yang kotor dapat membuat kutu kasur dan tungau berkembang biak dengan cepat. Kutu kasur dan tungau ini dapat memicu beragam masalah pada kulit kamu, seperti ruam, gatal, hingga infeksi kulit. Oleh sebab itu, kamu perlu mengganti seprai kamu secara rutin agar kutu kasur dan tungau tidak dapat berkembang biak di kasur kamu.

2. Seprai kotor dapat menyebabkan masalah jerawat

Pada seprai yang kotor pasti terdapat kotoran, debu, hingga bakteri. Kotoran, debu, hingga bakteri ini dapat menimbulkan jerawat pada wajah ataupun tubuh kita. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, kebersihan seprai beserta sarung bantal dan sarung guling kamu harus kamu perhatikan supaya usaha kamu untuk merawat kulit kamu tetap sehat dan bebas jerawat dapat tercapai secara optimal.

3. Mengganggu kenyamanan kamu saat tidur

Seprai dapat menyerap keringat yang keluar dari tubuh saat kita tidur. Keringat yang diserap oleh seprai ini lama kelamaan akan membuat seprai menjadi lembap dan menciptakan aroma yang kurang sedap. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan tidur kita. Tidur kita akan terasa kurang nyaman karena seprai tersebut akan menciptakan rasa yang tidak nyaman pada kulit dan tubuh kita.

4. Memicu alergi

Tidak mengganti seprai selama lebih dari dua minggu merupakan awal yang dapat memicu alergi. Alergi yang ditimbulkan pun dapat beragam, seperti bersin hingga gatal-gatal. Agar tidak semakin parah, kamu sebaiknya lekas mengganti separi kamu saat indikasi alergi tersebut muncul.

5. Menyebabkan masalah kulit

Seprai yang lama tidak diganti dapat memicu timbulnya masalah kulit, mulai dari gatal, ruam, eksim, hingga skabies yang disebabkan oleh tungau yang berkembang biak pada seprai kotor yang kamu pakai. Jika kamu tidak ingin mengalami masalah kulit ini, sebaiknya kamu sering-sering mengganti seprai kamu dan juga selalu jaga kebersihan kamar kamu agar tidak menjadi tempat tumbuh jamur, kuman, dan bakteri penyebab masalah kulit.

Sekarang kamu sudah paham bukan, mengapa kamu harus mengganti seprai kamu secara rutin? Waktu ideal untuk mengganti seprai adalah 1 minggu hingga 2 minggu sekali. Apabila terasa sangat kotor kamu dapat mengganti seprai kamu lebih sering agar kesehatan dan kenyamanan tidur kamu tidak terganggu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.