Alasan Mengapa Perlu Mengikuti Organisasi Selama Kuliah

Alasan Mengapa Perlu Mengikuti Organisasi Selama Kuliah 1

Bagi kalian yang sedang kuliah ataupun calon maba pastinya sudah tidak asing dengan organisasi kan ya.. Banyak yang bingung saat pertama kali masuk ke kuliah, apakah harus ikut organisasi? Gimana kalau aku malas mengikuti kegiatan kepanitiaan? Apa gunanya organisasi?. Nahh beberapa diantara kalian pasti merasa bingung dan tidak mau tahu ketika ditanya tentang organisasi. Sebenarnya, mengikuti organisasi itu banyak sekali lohh manfaatnya! Yuk simak sampai akhir. 

1. Menambah dan mengasah hard skill maupun soft skill 

Seperti yang kita ketahui, ketika kita mengikuti kegiatan organisasi pastinya kita akan diberi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan divisi. Mulai dari divisi acara, divisi pdd / perkap, divisi registrasi, divisi HR, divisi SOF (Source Of Fund) dan lainnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalkan divisi acara, mereka yang mengatur run down, mengatur waktu / time keeper hingga memikirkan bagaimana acara tersebut menarik buat para audience (bisa melalui games dan doorprize). Begitu juga dengan pdd yang mengatur segala seuatu yang dibutuhkan untuk mendukung jalannya acara. Berbeda lagi dengan registrasi yang mendata audience siapa saja yang ikut serta dalam acara. Kemudian SOF berfungsi sebagai orang yang mencari dana agar acara bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah dari semua kegiatan tersebut, tanpa disadari bisa mengasah kemampuan kita baik itu hard skill maupun soft skill. Dari orang yang tidak bisa buat jadwal acara jadi orang yang biasa membuat rundown, dari orang yang tidak bisa mencari uang, bisa menjadi divisi pencari dana. Tidak hanya itu, saat kita melakukan tugas, soft skill kita juga bisa semakin meningkat mengapa itu bisa terjadi? karena biasanya dalam organisasi kita memiliki peraturan atau sistem yang perlu dipatuhi sehingga ada beberapa hal yang menambah soft skill kita seperti misalnya, bertanggung jawab, jujur, tepat waktu hingga pandai bersosialisasi. Tidak semua orang bisa melakukan kegiatan soft skill, ada yang tidak bertanggung jawab, ada yang suka telat dan bahkan tidak memiliki etika. Padahal, soft skill juga tidak kalah penting daripada hard skill loh!!

2. Melatih kemampuan mengatur waktu

Ketika kita melakukan kegiatan organisasi pastinya kita juga tidak boleh melupakan tugas dan tanggung jawwab kita sebagai mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan belajar dengan baik. Oleh karena itu, biasanya anak-anak organisasi pandai membagi waktu. Adakalanya mereka totalitas dalam hal belajar dan ada waktu juga untuk mengabdi dalam organisasi mereka. Nah bagi kalian yang merasa tidak bisa mengatur waktu, kalian akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Karena jika satu orang organisasi pintar membagi waktu maka akan menular ke anggota lainnya. Tidak hanya berprestasi secara akademik akan tetapi bisa menjadi andalan dalam organisasi. 

3. Melatih kita untuk beradaptasi dengan berbagai karakter orang

Alasan Mengapa Perlu Mengikuti Organisasi Selama Kuliah 3

Suatu organisasi biasanya memiliki banyak anggota yang tentunya dengan berbagai macam karakter. Ada orang yang karakternya tegas, ada juga yang lemah lembut, ada yang cekatan dan ada juga yang lamban. Semua orang yang berada dalam suatu organisasi pastinya perlu mengenali dan beradaptasi satu sama lain. Tidak heran jika ada kalanya kita antar teman lainnya memiliki perbedaan pendapat, bahkan ada juga yang terlibat perselisihan. Hal itu tentunya sudah biasa kita temui dalam organisasi dan biasanya anggota lain akan membantu untuk memecahkan masalah dengan berbagai solusi.

Masalah dalam organisasi bukanlah hal yang asing dan tentunya itu sudah pasti dimaklumi karena kita bertemu dengan berbagai karakter dan pemikiran. Oleh karena itu kalian tidak perlu khawatir karena semua anggota organisasi akan bisa menangani masalah tersebut dan kalian bisa semakin akrab satu sama lain. Mengapa masalah bisa mempersatukan organisasi? Karena dari masalah tersebut kita akan semakin mengenal dan memaklumi karakter antar anggota dan bisa juga mendapatkan solusi bahkan ide untuk melakukan kegiatan /event. Jadi, jika kalian ingin meningkatkan kemampuan bersosialisasi bisa ikut organisasi yaa!!

4. Mendapatkan pengalaman dan pembelajaran hidup

Ini dia nih poin yang sering terlupakan ketika kita selesai mengikuti organisasi. Sering diantara kita, saat organisasi merasa tidak maksimal dan bahkan merasa bahwa diri kita banyak melakukan kesalahan saat ada event atau proker. Dan karena itulah, kita harus bersyukur telah melewati semua. Baik dan buruknya kejadian-kejadian yang ada di dalam organisasi akan menjadi pengalaman di masa depan. Dari organisasi kita juga belajar tentang apa saja yang sebaiknya kita lakukan di masa mendatang dan apa saja yang tidak perlu dilakukan. Ketika sudah tua nanti, kita akan merindukan masa-masa itu dan menceritakannya kepada anak cucu atau orang terdekat kita. Semuanya memiliki alasan untuk terjadi. Baik itu suka dan duka pada saat mengikuti organisasi akan menjadi cerita yang bisa mengembangkan diri kita untuk melangkah maju ke tahapan kehidupan yang lebih baik.

5. Mendapatkan teman baru (kelak bisa menjadi koneksi atau bahkan kekasih hati)

Banyak nihh, diantara kita yang tidak sadar jika organisasi itu juga memiliki benefit seperti misalnya punya kenalan baru. Nah pada saat proker tentunya kita akan bertemu dengan orang-orang dengan potensi dan kelebihan yang dimiliki. Oleh karena itu jika suatu saat kita membutuhkan bantuan, mereka lah yang bisa menjadi pilihan utama untuk membantu kita saat sedang berada dalam suatu kondisi maupun permasalahan. Tidak hanya itu, saat sedang proker kita tidak pernah tahu bahwa akan ada orang yang menaruh hati atau jangan-jangan itu adalah belahan jiwa kita. Wahhh pastinya tidak terduga kan ya?? Hal itu sangat wajar terjadi dan bisa saja terjadi karena organisasi merupakan tempat untuk menyatukan orang-orang. Tapi, kalau sudah dapat kekasih dalam organisasi jangan bucin yaa!! Tetap fokus dengan tujuan masing-masing. 

6. Tempat untuk melebarkan sayap

Biasanya nih, orang-orang yang mengikuti organisasi sering dikenal oleh orang banyak. Sehingga tak jarang diantara mereka disebut “famous” oleh teman-teman disekitarnya. Tidak hanya itu, biasanya anak-anak yang mengikuti organisasi juga lebih dikenal oleh dosen (terutama organisasi yang fokus pada tiap prodi) oleh karena itu, bagi kalian yang ingin melebarkan sayap saat menjadi mahasiswa di suatu universitas, organisasi merupakan tempat yang tepat untuk menujukkannya kepada orang banyak. Jadilah orang yang terus berkarya dimanapun kalian berada!!

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika aktif mengikuti organisasi. Saat ada kegiatan pendaftaran dan interview, kalian sebaiknya aktif ya, karena organisasi bisa menjadi nilai plus saat kalian melangkah ketahap bekerja. Good luck and have a nice day peeps!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yellow Sky