Alasan Vespa Matik Cocok Jadi Motor Pertama Kamu


Alasan Vespa Matik Cocok Jadi Motor Pertama Kamu 1

Memilih motor pertama kadang kali membingungkan karena banyaknya pilihan motor yang bisa kita pilih. Mulai dari pabrikan Eropa sampai pabrikan Jepang, setiap pabrikan punya kelebihannya masing-masing. Sebagai pengguna salah satu motor matic pabrikan Eropa, penulis ingin memberikan rekomendasi kenapa Vespa matik cocok menjadi pilihan motor pertama kalian.

Keamanan dalam berkendara

Vespa terkenal karena body motornya yang terbuat dari besi, ini menjadikan body Vespa lebih keras jika dibandingkan motor-motor lain di jalan. Bentuk body yang lebih lebar juga menjaga penumpangnya jikalau motor jatuh ke samping. Dengan kelebihan tersebut, Vespa menjadi pilihan kendaraan yang cukup aman jika terjadi kecelakaan dengan kendaraan lain di jalan.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika bertabrakan dengan motor matik lain, penulis tidak mengalami cedera yang terlalu fatal dan motor pun tidak mengalami kerusakan yang tinggi.

Tempat servis yang banyak

Pada tahun 1991 ketika Vespa matik pertama masuk Indonesia, biaya onderdil dan service menjadi pertimbangan orang-orang yang ingin membeli motor keluaran Italia tersebut. Seiring berjalannya waktu, kini bengkel-bengkel khusus Vespa matik mulai bermunculan di berbagai sudut kota dengan beragam harga yang ditawarkan.

Terbiasa dengan motor yang berat

Karena Vespa terbuat dari besi, maka bobot motor Vespa pun menjadi lebih berat dibanding motor-motor lainnya. Hal ini membuat mereka yang berlatih mengendara pertama kali menggunakan motor Vespa akan dapat lebih mudah untuk menyesuaikan mengendarai motor-motor jenis lain dengan bobot yang lebih enteng. Pengendara juga akan terbiasa jika diharuskan membawa motor yang cukup berbobot karena kendaraannya sehari-hari sudah cukup berat.

Beragamnya kustomisasi yang bisa dilakukan

Terkadang, stigma pembaca tentang Vespa matik adalah kustomisasinya yang monoton atau cenderung tidak sebebas Vespa klasik. Padahal sekarang kustomisasi Vespa matik sangatlah beragam, kalian bisa membuat motor skuter kesayangan kalian lebih condong kearah bentuk klasik maupun terlihat lebih garang seperti pembalap. Semua ada di tangan pengendara.

Harga jual yang cenderung stabil atau naik

Vespa matik bekas cenderung memiliki harga yang stabil ketika ingin dijual kembali. Tergantung kilometer pemakaian kendaraan, harga jual Vespa matik juga dapat menjadi lebih tinggi dibanding harga belinya. Tiap tahun harga Vespa matik baru terus naik. Harga pasaran Vespa matik bekas pun turut naik seiring dengan kenaikan harga Vespa matik yang baru. Namun, orang-orang lebih memilih membeli Vespa matik bekas dikarenakan harganya yang terpaut jauh dengan membeli yang baru.

Komunitas dan budaya tegur sapa

Vespa juga terkenal tentang solidaritas antar penggunanya. Mulai dari beragam komunitas penggemar Vespa yang dapat kalian ikuti untuk memperluas pertemanan hingga budaya tegur salam sapa menggunakan klakson ketika berpapasan dengan pengguna Vespa lainnya dijalan. Bahkan ketika motor kamu mogok di jalan, seringkali pengguna Vespa lainnya akan datang untuk membantumu karena rasa solidaritas yang tinggi.

Nah, itulah beberapa alasan yang menjadikan Vespa matik pilihan yang tepat sebagai motor pertama kamu. Ketika kamu nanti sudah meminang motor Vespa matik idamanmu, jangan lupa tegur sapa ketika berpapasan dengan pengguna Vespa lain. Sampai bertemu di jalan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Thalib Rabbani

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap