Aman Berkendara Motor Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut Ini!

Aman Berkendara Motor Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut Ini! 1

Menjelang penghujung tahun, musim hujan sudah mulai tiba di sebagian wilayah di Indonesia. Tentunya pengendara motor harus berhati-hati saat berkendara di jalan.

Faktor jalanan yang licin, membuat pengendara motor harus meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara agar terhindar dari potensi berbahaya seperti tergelincir, menghantam lubang dan berbagai potensi bahaya lain yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Berikut tips berkendara motor yang aman untuk kamu, simak ya!

1. Perhatikan Kondisi Tubuh

source: pexels.com
source: pexels.com

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa untuk cek kondisi tubuh terlebih dahulu ya. Cobalah untuk cek suhu tubuh secara berkala untuk memastikan tubuh dalam kondisi fit. Sebab, kondisi tubuh yang kurang fit akan memengaruhi fokus saat berkendara dan mengingat ini adalah musim hujan, tubuh rentan terkena penyakit.

So, jangan memaksakan diri untuk berkendara jika tubuh sedang dalam kondisi tidak fit ya.

2. Pastikan Lampu Sepeda Motor Menyala

source: pexels.com
source: pexels.com

Pastikan lampu sepeda motor berfungsi dengan baik ya. Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan, bertujuan agar kamu bisa melihat jalanan yang dilewati dengan jelas. Tak hanya lampu depan, pastikan lampu belakang juga hidup supaya pengendara lain bisa melihat kendaraan di depannya.

3. Cek Kondisi Ban

source: pexels.com
source: pexels.com

Jangan lupa untuk selalu cek kondisi ban sebelum berkendara. Pastikan tekanan udara pada ban dalam keadaan normal, tidak kempes. Selain itu, cek pula kondisi ketebalan ban. Jika beberapa bagian ban sudah gundul, ganti ban segera karena dapat mengakibatkan kendaraanmu tergelincir nantinya.

Pastikan juga rem motormu berfungsi dengan baik.

4. Berkendara dengan Hati-Hati

source: pexels.com
source: pexels.com

Mengingat musim hujan jalanan menjadi licin, jangan mencoba berkendara dengan mengebut atau menyamakannya ketika jalanan normal ya karena itu bisa membahayakan keselamatanmu. Resiko berkendara ketika hujan jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal, jadi kamu harus berhati-hati membawanya, terutama saat pengereman. Cobalah mengerem secara perlahan agar ban tidak selip serta buka tutup gas dengan smooth.

5. Gunakan Jas Hujan

source: triomotor.co.id
source: triomotor.co.id

Jas hujan menjadi perlengkapan berkendara yang sangat penting ketika musim hujan. Selain untuk melindungi tubuh dari hujan, jas hujan juga mampu mengurangi rasa dingin serta dapat menjaga barang bawaan seperti tas, laptop dan barang bawaan lainnya agar tidak rusak karena air hujan. Oh iya, jangan gunakan jas hujan model ponco ya, sebab berisiko tersangkut di roda. Gunakan jas model setelan supaya lebih aman.

Untuk kenyamanan alas kaki, cobalah untuk menggunakan sepatu berbahan karet atau sepatu bots karena tidak mudah rusak dan tentunya tidak licin. Selain itu, pakailah visor helm berwarna bening untuk memudahkan penglihatanmu saat berkendara, sebab air hujan bisa membuat visor helm berkabut sehingga mengganggu penglihatanmu. Tentunya akan sangat berbahaya jika kamu menggunakan visor helm berwarna gelap, bukan?

Jadi, sudah siap berkendara di musim hujan? Jangan lupa untuk tetap jaga jarak aman agar terhindar dari tabrakan. Pastikan juga selalu mengonsumsi vitamin dan makan makanan sehat ya agar tubuh tetap fit!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES