Anak Kecanduan Bermain Handphone? Begini Solusinya!


Anak Kecanduan Bermain Handphone? Begini Solusinya! 1

Anak-anak suka bermain handphone saat ini bukan menjadi hal yang langka lagi. Bermain game atau mengakses video di youtube menjadi kebiasaan yang baru untuk anak-anak zaman sekarang. Kadang, orang tua dengan sengaja memberinya handphone sebagai mainan kala ia mengasuhnya.Meskipun menjadi hal yang umum, memberi kebebasan penuh kepada anak dalam bermain handphone ini juga kurang bijak. Berbagai ulasan mengatakan jika hal tersebut juga akan mengganggu kesehatan. Sakit mata misalnya, atau banyak gangguan-gangguan lain karena radiasi dan sebagainya.

Internet saat ini menawarkan kebebasan dalam mengakses informasi tanpa batasan di dunia ini. Meskipun itu merupakan hal yang baik, namun tak semua informasi didalam internet akan berdampak positif bagi anak-anak. Konten-konten pornografi maupun kekejaman (perkelahian, penyiksaan dan pembunuhan), merupakan konten yang semestinya tidak dikonsumsi oleh anak-anak.

Melarang sepenuhnya anak-anak mengenal piranti teknologi yang ada saat ini juga bukan solusi yang tepat. Mereka juga harus terbiasa untuk mengenal piranti-piranti tersebut, supaya pada saat dewasa tidak ketinggalan zaman. Solusi terbaiknya tentu mengatur penggunaan dari peralatan tersebut, supaya informasi yang ia dapatkan merupakan informasi yang positif. Berikut ada 6 tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang sering menggunakan handphone.

1. Selalu mengawasi penggunaannya.

<br>

Untuk memastikan anak mengakses informasi yang posistif, sebaiknya anda mengawasi dan selalu mengecek. Tidak perlu mengganggunya dengan meminta handphone tersebut. Anda bisa memanfaatkan fitur histori pada web browser atau tontonan terakhir pada youtube.

2. Memberi kata sandi untuk aplikasi tertentu yang tidak boleh diakses anak-anak.

<br>

Jika hanphone yang digunakan anak juga handphone anda pribadi, maka ada pentingnya untuk melindungi aplikasi-aplikasi tertentu agar tidak diakses oleh anak-anak. Aplikasi chat seperti whatsapp misalnya sebaiknya tidak diakses oleh anak. Beberapa aplikasi lain seperti pengelola file atau aplikasi konten dewasa juga sangat perlu untuk diberi kata sandi.

3. Mengatur batas umur pada youtube atau website lainnya.

<br>

Youtube dan website lainnya, kini menyediakan fitur pembatasan umur. Dengan menggunakan fitur tersebut maka video yang direkomendasikan akan sesuai dengan apa yang seharusnya ditonton anak-anak. Bahkan untuk Youtube, kini juga menyediakan aplikasi khusus untuk anak-anak dengan nama Youtube Kids.

4. Melakukan pembatasan waktu akses baik menggunakan nasehat atau mengatur pada aplikasi.

<br>

Mengatur batas waktu dalam penggunaan hanphone tentu sangat penting agar anak-anak tidak kecanduan dan melupakan tugas atau kegiatan lain. Memberinya nasihat secara halus tentu wajib bagi kita. Namun begitu, ada baiknya juga jika kita membuat pengaturan di handphone. Seperti misalnya menjadwalkan hanphone agar mati otomatis pada jam-jam tertentu, dsb.

5. Mengatur jenis game yang dimainkan dan video yang ditonton.

<br>

Ada begitu banyak jenis game yang tersedia saat ini, begitu juga dengan tontonan video. Sebagai orang tua tentu harus selektif dalam memilih game atau video yang dimainkan anak-anak. Sangat banyak jenis game maupun video yang bernilai edukatif dan membantu perkembangan berfikir anak-anak.

6. Mengajak anak pada aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan gadget.

<br>

Jika kita membatasi penggunaan handphone tersebut, maka kita pun harus memberi solusi kegitan lain yang menyenangkan bagi anak tanpa penggunaan handphone dan gadget lainnya. Permainan bola, bulu tangkis, atau permainan lain biasanya membuat anak senang dan gembira.

Itulah 6 tips untuk mengatasi anak yang suka bermain handphone. Jika kita menggunakan strategi yang baik, mungkin penggunaan handphone tersebut juga akan memiliki manfaat yang baik untuk anak. Dan yang perlu kita ingat, apa yang mereka saksikan dan dengarkan saat ini menjadi dasar pemikirannya pada saat dewasa.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Elang

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments