Anak Sering Keras Kepala? Begini Cara Mendidiknya

Anak Sering Keras Kepala? Begini Cara Mendidiknya 1

Keras kepala merupakan salah satu karakter yang sering ada pada diri seorang anak. Anak yang keras kepala biasanya memiliki pendirian yang tidak bisa diubah dan sulit untuk dinasehati, bahkan oleh kedua orang tuanya. 

Sikap keras kepala tersebut tidak boleh berlanjut hingga mereka dewasa. Pasalnya keras kepala akan merugikan mereka sendiri nantinya. 

Sebelum terlambat, Anda bisa mendidik Si Kecil agar tidak keras kepala. Berikut ini adalah cara mendidik yang bisa Anda ikuti di rumah: 

Membiarkan Anak Belajar dari Pengalaman 

Cara mendidik anak untuk tidak keras kepala yang pertama yaitu dengan membiarkan mereka belajar dari pengalaman. Dengan belajar dari pengalaman, kemandirian Si Kecil akan lebih berkembang. Mereka bisa menentukan sendiri apakah yang ia lakukan merugikan atau tidak. Salah satu alasan mengapa seorang anak menjadi keras kepala yaitu karena mereka ingin mengeksplorasi berbagai hal.  

Jangan Menghakimi 

Rasa penasaran yang tinggi membuat mereka menjadi keras kepala. Namun Anda sebagai orang tua tidak boleh menghakimi apa yang mereka lakukan. Meskipun karena rasa penasaran itu, Si Kecil bisa melakukan banyak kesalahan.  

Dibandingkan menghakimi hal yang dilakukan adalah salah, akan lebih baik jika Anda memberikan pengertian. Buat mereka paham akan konsekuensi sehingga tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. 

Ajarkan Tentang Tanggung Jawab 

Anda perlu mengajari Si Kecil rasa tanggung jawab sejak dini. Hal tersebut juga bisa membantu mengatasi karakter keras kepalanya. Beri tahu mereka jika semua hal yang dilakukan harus dipertanggung jawabkan.  

Buat mereka paham mengenai konsep sebab dan akibat akan pilihan yang diambil. Sebagai contoh jika membuat berantakan mainan, maka mereka harus bertanggung jawab untuk merapikannya. 

Jangan Biarkan Ada Perdebatan 

Anak yang memiliki karakter keras kepala pada umumnya senang adu argumen atau berdebat. Agar karakter keras kepala tidak berkembang, jangan pernah berikan kesempatan mereka untuk berdebat.  

Selalu arahkan percakapan agar tidak menimbulkan perdebatan dengan mereka. Berikan perhatian agar Si Kecil merasa bahwa Anda siap mendengarkan cerita maupun pendapat mereka. 

Ketika Si Kecil merasa diperhatikan, biasanya mereka lebih mau mendengarkan saran orang lain. 

Selalu Ciptakan Suasana yang Damai 

Suasana rumah yang damai dan hangat bisa membuat anak nyaman berada di rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari Si Kecil mencari tempat ketika merasa rumah tidak tenang. 

Sebagai teladan bagi anak-anak, orang tua juga perlu memberikan contoh yang baik. Pastikan rumah selalu nyaman, tenang, damai, dan tidak ada pertengkaran. 

Jangan Diamkan atau Mengabaikan Si Kecil 

Anda tidak boleh mengabaikan atau mendiamkan Si Kecil ketika mereka dalam mode keras kepala. Selalu arahkan mereka pada keputusan yang benar, namun jangan memaksa. 

Lakukan pendekatan yang lembut karena sikap yang kasar hanya membuat mereka semakin keras kepala.  

Sebagai contoh, dibandingkan membentak mereka yang tidak mau belajar, lakukan pendekatan yang lembut sambil bertanya apakah ada pekerjaan rumah atau apakah mereka mau dibantu mengerjakan pekerjaan rumahnya. 

Ajari Si Kecil untuk Patuh Pada Rutinitas 

Cara mendidik anak agar tidak keras kepala yang terakhir yaitu mengajari mereka untuk selalu patuh pada rutinitas. Buat jadwal bermain, nonton televisi, dan belajar. 

Pastikan mereka selalu mematuhi jadwal yang telah Anda buat. Berikan pengertian bahwa akan ada konsekuensi apabila mereka melanggar rutinitas tersebut. 

Itulah cara mendidik anak agar tidak keras kepala. Sebagai orang tua, Anda harus bersabar saat mendidik anak karena setiap anak memiliki karakteristik masing-masing. Dengan kesabaran orang tua, Si Kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Bagikan artikel ini dengan keluarga terdekat ya. Semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yusuf