Aneka Jajanan & Oleh-Oleh Pasar Gede Solo

Aneka Jajanan & Oleh-Oleh Pasar Gede Solo

Pasar Gede Hardjonagaro atau yang lebih terkenal dengan sebutan Pasar Gede Solo, merupakan pasar terbesar yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah.

Tepatnya berada di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Jebres. Pasar Gede ini terbagi menjadi 2 bagian yakni Pasar Gede sebelah sisi Barat dan Timur.

Pasar Gede sisi Barat, tidak seramai sisi sebelah Timur. Namun semenjak mengalami renovasi dan banyak bermunculan coffee shop, resto-resto mini, dan warung-warung jajanan kekinian, sisi pasar sebelah barat ini menjadi cukup ramai.

Terutama oleh kalangan anak muda Kota Solo, pasar sisi barat ini menjadi tempat nongkrong baru yang banyak menjadi pilihan.

Pasar Gede Timur
Pasar Gede Timur

Sedangkan pasar sisi sebelah timur menjadi pusat perdagangan di Pasar Gede ini. Mulai dari berjualan aneka sayur mayur, buah-buahan, bahan pokok harian, sampai aneka oleh-oleh dan jajanan.

Baca juga  15 Destinasi Wisata Menarik yang Ada di Jenewa, Swiss

Nah, memang ada jajanan dan oleh-oleh apa saja sih di Pasar Gede ini? Oke, mari kita list ya..

Dawet Telasih

Es Dawet Telasih Hj. Sipon
Es Dawet Telasih Hj. Sipon

Es Dawet yang diberi telasih/ biji selasih ini merupakan jajanan yang sangat difavoritkan di Pasar Gede.

Rasanya yang manis, dingin dan segar sangat cocok diminum saat kita kelelahan setelah jalan-jalan memutari pasar.

Bisa juga untuk sekedar mendinginkan dahaga karena udara Kota Solo yang biasanya cukup panas.

Nah, dawet telasih yang cukup banyak dicari dan sangat terkenal dikalangan wisatawan adalah dawet telasih Bu Dermi atau Hj. Sipon.

Namun banyak juga pedagang dawet telasih lain di pasar ini, jadi jangan takut keabisan ya.

Lenjongan

Baca juga  4 Objek Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate yang Wajib Kamu Kunjungi

Merupakan jajanan pasar yang mayoritasnya berbahan dasar singkong yang dicampurkan dalam satu wadah, yang biasanya memakai daun pisang sebagai alasnya.

Isi lenjongan ini diantaranya seperti getuk, tiwul, cenil, klepon, jongkong, ketan hitam, dan ketan putih, lalu ditaburi dengan kelapa parut diatasnya.

Bisa juga ditambahkan taburan gula putih atau lelehan gula merah pula diatasnya. Rasanya manis dan teksturnya kenyal.

Sambel Pecel

Kalo yang ini, bisa beli untuk oleh-oleh ya. Aneka sambal pecel yang terbuat dari tumbukan kacang tanah, bawang putih, daun jeruk, dan bumbu dapur lainnya ini terjejer rapi dalam baskom-baskom.

Kita bisa membeli varian yang tidak pedas hingga yang sangat pedas.

Banyaknya pun bisa kita sesuaikan, mulai dari ukuran 250 gram hingga 1000 gram, karena akan dibungkus dadakan sesuai pesanan kita.

Baca juga  5 Rekomendasi Penginapan Murah di Labuan Bajo

Aneka Keripik

Disini banyak kios-kios yang menjual aneka keripik yang biasa dijadikan oleh-oleh khas Solo.

Yang paling khas adalah keripik paru, keripik usus, keripik ceker ayam, dan keripik belut. Namun banyak juga keripik lain yang dijual disini seperti keripik bayam, lanting, keripik tempe dan masih banyak sekali jenis lainnya.

Harganya pun akan jauh lebih murah dari aneka keripik yang biasa dijual di toko oleh-oleh besar loh.

Aneka Jamu Tradisional

Aneka jamu dan wedang
Aneka jamu dan wedang

Bagi yang senang mengonsumsi minuman tradisional seperti jamu godong, aneka wedang, empon-empon dan sejenisnya, disini kalian bisa menemukan banyak kios yang menjual aneka jamu.

Banyak sekali jenis jamu herbal yang dijual disini, baik yang sudah dibungkus rapi sesuai peruntukannya, ataupun jamu racikan sesuai kebutuhan pembeli.

Jamu juga bisa menjadi oleh-oleh alternatif loh bagi teman atau kerabat.

Itulah beberapa jajanan maupun oleh-oleh yang bisa kita dapatkan di Pasar Gede Solo. Jangan lupa mampir jika sedang berkunjung ke Solo ya..

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Santi Artika