Aneka Jenis Pisang yang Sebaiknya Kamu Tahu!

Aneka Jenis Pisang yang Sebaiknya Kamu Tahu!

merupakan salah satu yang hampir selalu ada di setiap musim. Iklim tropis yang dimiliki Indonesia membuat dapat dengan mudah tumbuh tanpa harus ada perlakuan khusus. Hampir di semua jenis tempat dapat ditanami pohon , seperti di pinggir sawah, di kebun, hingga di pekarangan rumah. Oleh karena itu, tidak heran jika menjadi yang hampir selalu ada di meja makan atau di kulkas.

yang sering dikonsumsi sebagai penutup biasanya adalah Ambon ataupun susu. Kedua jenis tersebut memiliki rasa yang manis, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai dessert atau penutup.

Selain Ambon dan susu, terdapat beragam macam jenis , loh. Berikut merupakan beberapa jenis

Baca juga  Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan
yang biasa kita temui.

1. Pisang Ambon

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang yang paling populer dan paling sering dikonsumsi masyarakat. Pisang ambon ini juga mudah kita temukan di pasar, di swalayan, ataupun di supermarket. Pisang ambon dijual dengan harga yang relatif murah, sepadan dengan ukurannya yang - dan rasanya yang sangat lezat. Pisang ambon memiliki tekstur daging yang lembut dan padat. Teksturnya yang lembut ini menjadikan pisang ambon juga biasa diberikan pada anak-anak setelah memulai MPASI. Selain lezat untuk dimakan langsung, pisang ambon juga biasa diolah menjadi aneka kue atau cake. Kue yang dicampur dengan pisang ambon ini akan memiliki aroma khas pisang yang sangat harum.

Baca juga  Bener ga sih, tidak ada yang tidak menyukai musik?

2. Pisang Raja

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Pisang raja merupakan jenis pisang lokal yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Saat sudah matang, pisang raja memiliki berwarna kuning dengan sedikit corak kehitaman di beberapa bagian. Pisang raja memiliki tekstur daging yang tebal dan padat serta memiliki rasa yang manis dan beraroma harum. Sama seperti pisang ambon, selain lezat untuk langsung dimakan, pisang raja juga biasa diolah menjadi campuran kue, baik itu cake, kue tradisional, dan sebagainya.

3. Pisang Susu

Pisang susu dapat dikategorikan sebagai pisang yang memiliki ukuran paling kecil di antara jenis-jenis pisang yang lainnya. Pisang susu ini memiliki rasa yang manis dan ada sensasi creamy layaknya susu. Tidak heran, banyak anak-anak yang menyukai jenis pisang susu ini. Pisang susu memiliki yang tipis. Apabila sudah masak, pisang susu berwarna kuning cerah dan terdapat bintik-bintik coklat kehitaman.

Baca juga  Aneka Buah dan Sayur untuk Membuat Salad

4. Pisang Kepok

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Pisang kepok merupakan jenis pisang olahan. Artinya, pisang kepok lebih baik diolah menjadi aneka sajian pisang daripada dimakan secara langsung. Pisang kepok ini biasa diolah menjadi pisang goreng, dibuat kolak pisang, dikukus, dan sebagainya. Pisang kepok ini memiliki ukuran yang pendek tetapi lebar dan kulitnya tebal.

5. Pisang Tanduk

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sesuai dengan namanya, pisang tanduk ini memiliki bentuk yang panjang dan melengkung layaknya tanduk. Pisang tanduk ini dapat dikategorikan sebagai jenis pisang yang berukuran paling panjang di antara jenis-jenis pisang yang lainnya. Sama seperti pisang kepok, pisang tanduk juga termasuk pisang olahan. Hal tersebut dikarenakan daging pisang tanduk memiliki tekstur yang cukup keras. Setelah diolah menjadi pisang goreng atau aneka kue, pisang tanduk ini akan memiliki rasa yang lezat dan bertekstur empuk.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh