Aneka Jenis Rujak Yang Cocok Dikonsumsi Saat Hawa Panas

Aneka Jenis Rujak Yang Cocok Dikonsumsi Saat Hawa Panas 1

Salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat hawa panas terutama pada siang hari adalah rujak. Rujak merupakan salad khas Indonesia yang biasanya terdiri atas aneka buah yang disiram dengan sambal. Perpaduan antara rasa pedas manis dari sambal dengan buah-buahan menciptakan rasa segar saat dikonsumsi.

Ada banyak jenis rujak yang ada di Indonesia. Sayangnya, sebagian besar masyarakat kita hanya mengenal rujak buah dan rujak cingur. Nah, berikut merupakan beberapa jenis rujak yang perlu kamu tahu sebagai rekomendasi aneka rujak apabila kamu perlu variasi rujak yang ingin kamu makan.

1. Rujak Buah

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Rujak buah merupakan varian rujak yang paling dikenal oleh masyarakat kita. Rujak buah merupakan hidangan salad buah yang disajikan dengan sambal gula aren pedas. Buah yang biasa digunakan untuk rujak ini, yaitu mentimun, nanas, pepaya, bengkuang, mangga muda, semangka, jambu air, kedondong, dan sebagainya. Sedangkan sambalnya terbuat dari campuran cabai rawit, garam, gula merah, dan air asam jawa.

Rujak buah ini memiliki rasa yang pedas manis dari bumbunya dan asam dari buah-buahannya, sehingga akan menciptakan kesegaran saat dinikmati. Penjual rujak buah sendiri mudah kita temui di pinggiran jalan. Hanya dengan uang sekitar Rp10.000,00 kita sudah bisa menikmati kesegaran rujak buah ini.

2. Rujak Cingur

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Rujak cingur juga merupakan rujak yang tidak kalah terkenal dari rujak buah. Rujak cingur ini merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, rujak cingur ini berisi irisan mulut atau moncong sapi yang sudah direbus. Selain irisan mulut atau moncong sapi, biasanya rujak cingur juga ditambahkan toping aneka irisan buah, seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong, serta aneka isian lain, seperti lontong, kecambah, kacang panjang, dan sebagainya.

Sambal untuk rujak cingur ini terbuat dari cabai, gula merah, kacang tanah yang sudah digoreng, garam, dan petis. Rasa manis, pedas, gurih, asin, dan segar yang tersaji dalam sepiring rujak cingur menjadikan jenis rujak ini sebagai jenis rujak terbaik yang wajib dicoba.

3. Rujak Bebeg

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Rujak bebeg merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, rujak ini dibuat dengan cara dibebeg atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ditumbuk. Rujak bebeg ini terdiri atas aneka buah yang sama dengan rujak buah biasa. Yang membedakannya, buah dalam rujak bebeg ini tidak diiris tetapi ditumbuk menggunakan lesung dan alu kecil bersamaan dengan bumbu-bumbunya. Bumbu untuk rujak bebeg ini pun sama dengan bumbu rujak buah biasa, yaitu cabai rawit, gula merah, garam, dan air asam jawa.

4. Rujak Mi

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kalau berkunjung ke Palembang, cobain deh jenis rujak yang satu ini. Rujak mi merupakan jenis varian rujak yang berasal dari Palembang. Rujak ini berisi mi kuning, tahu, kecambah atau taoge, dan irisan mentimun, serta sambalnya menggunakan kuah cuko yang gurih dan segar.

5. Rujak Kuah Pindang

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selanjutnya terdapat varin rujak khas Bali, yaitu rujak kuah pindang. Isian dari rujak kuah pindang ini hampir sama dengan rujak buah biasa, yaitu terdiri atas aneka buah yang dipotong-potong. Yang membedakannya adalah pada sambalnya. Sambal untuk rujak kuah pindang ini terbuat dari ikan pindang, garam, terasi, dan cabai yang diolah menjadi kaldu. Kaldu tersebut kemudian disiramkan pada aneka buah yang sudah dipotong-potong tadi.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.