Aneka Jenis Sambal yang Wajib Kamu Coba!

Aneka Jenis Sambal yang Wajib Kamu Coba!

Bagi para pencinta , makan akan terasa kurang tanpa ada . menjadi salah satu pelengkap makanan yang memiliki banyak penggemar. Dari mulai masakan tumis, santan, kuah, hingga gorengan, selalu dicari untuk melengkapi sajian yang akan dimakan.

Bahan dasar untuk membuat diantaranya, yaitu , bawang merah, bawang putih, dan bahan-bahan lain sesuai dengan cita rasa khas dari itu sendiri. Ada beragam jenis yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya , tiap-tiap jenis ini juga memiliki cita rasa yang khas, berbeda antara satu sama lain. Nah, berikut merupakan beberapa jenis yang sangat populer dan banyak penggemarnya.

1. Tomat

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

tomat biasa disajikan tidak terlalu . Namun, ada juga tomat yang memiliki rasa yang . Hal tersebut bergantung pada selera masing-masing pembuat atau pesanan dari pembeli. Bahan dasar untuk membuat tomat ini, yaitu tomat, rawit dan keriting sebagai campuran, bawang merah, dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut direbus kemudian dihaluskan bersama dengan sedikit gula jawa dan garam. tomat ini memiliki sensasi rasa yang segar dan biasa disajikan untuk menemani sajian sup hingga aneka jenis makanan penyetan.

Baca juga  7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan

2. Sambal Terasi

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sesuai dengan namanya, sambal terasi ini ditambahkan terasi yang sudah dibakar atau digoreng pada adonan sambalnya. Sambal terasi memiliki aroma yang tajam, tetapi sangat lezat ketika semua bahan sambal sudah tercampur dan bertemu dengan sajian utamanya.

Baca juga  3 Pelengkap Makanan Yang Paling Pas Untuk Ada Disetiap Makan

3. Sambal Bawang

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika kamu menyukai sambal yang super , sambal bawang dapat menjadi pilihan. Bahannya sangat sederhana dan cara membuatnya sangat mudah, sehingga kamu dapat membuat sendiri jenis sambal ini di rumah. Sambal bawang ini terbuat dari bawang putih, , dan garam yang dihaluskan. Kemudian kamu dapat menumisnya sebentar atau kamu juga dapat langsung memakannya tanpa menumisnya terlebih dahulu. Keduanya sama-sama lezat, bergantung dengan selera kamu.

4. Sambal Matah

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan jenis sambal-sambal lain, bahan-bahan untuk membuat sambal matah ini tidak diuleg, tetapi diiris. Bahan-bahan untuk membuat sambal matah ini, yaitu bawang merah, bawang putih, daun jeruk, garam, kemudian disiram minyak panas. Rasa sambal matah ini terasa dan segar karena bahan-bahan yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu.

Baca juga  Beragam Manfaat Dari Si Pedas Merah

5. Sambal Ijo

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan aneka jenis sambal lain yang memiliki warna merah menyala, sambal ijo ini berwarna hijau sesuai dengan namanya. Rasanya tetap karena terbuat dari aneka jenis hijau. Sambal ijo ini biasa kita temukan pada masakan-masakan padang.

6. Sambal Plecing

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sambal plecing ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan sambal terasi. Tetapi jenis terasi yang digunakan berbeda dengan jenis terasi yang biasa digunakan pada sambal terasi, sehingga rasanya sangat khas. Air jeruk nipis dan irisan tomat di dalam sambal plecing membuat sambal plecing ini terasa lebih segar. Sambal plecing ini biasa disajikan bersama tumisan kangkung.

Selain aneka jenis sambal di atas, masih ada banyak lagi jenis-jenis sambal yang dapat membuat makanan menjadi lezat dan menambah selera makan kamu. Jenis sambal apa yang paling kamu suka?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh