Aneka Olahan Modern Berbahan Dasar Tempe

Aneka Olahan Modern Berbahan Dasar Tempe 1

Tempe merupakan salah satu makanan rakyat yang memiliki banyak penggemar. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mengonsumsi tempe dan tidak sedikit pula yang akhirnya memasukkan tempe dalam daftar makanan favoritnya. Selain karena harganya yang ekononis, tempe juga memiliki rasa yang lezat. Bagi para vegetarian, tidak sedikit dari mereka yang menjadikan tempe sebagai pengganti daging. Mereka mengolah tempe dengan berbagai teknik dan menambahkan beragam bumbu yang dibutuhkan agar tempe memilki tekstur dan rasa yang menyerupai daging.

Selain sebagai makanan yang lezat, tempe juga merupakan salah satu sumber protein nabati, sehingga selain menambah rasa lezat ketika makan, mengonsumsi tempe juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi atau gizi harian kamu.  Agar tidak bosan, kamu dapat membuat beragam olahan dengan bahan dasar tempe. Berikut merupakan beberapa rekomendasi olahan tempe modern yang dapat kamu coba agar kamu tidak mudah bosan dan kebutuhan protein kamu terpenuhi.

1. Nugget Tempe

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika kamu seorang vegetarian tapi ingin memakan nugget, nugget tempe adalah alternatifnya. Mengolahnya dengan cara yang tepat, akan membuat nugget tempe memiliki tekstur dan rasa seperti nugget ayam.

Hal yang perlu diperhatkan ketika membuat nugget tempe adalah tekstur tempe. Agar olahan nugget tempe dapat berhasil, kamu harus memastikan ketika menghancurkan tempe harus sampai benar-benar halus agar nugget yang dihasilkan padat tapi tetap lembut.

Selain itu, sebelum diolah tempe sebaiknya dikukus terlebih dahulu agar ketika digoreng, nugget tempe matang sempurna.

2. Kroket Tempe

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Satu lagi olahan tempe modern yang cara membuatnya digoreng adalah kroket tempe. Selain lezat, kroket tempe dengan beragam variasi isian dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Kroket tempe juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menyiasati anak yang tidak terlalu suka dengan tempe. Tekstur kroket tempe yang crunchy tapi lembut akan membuat kroket tempe lebih disukai anak-anak.

3. Burger Tempe

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Burger tempe merupakan variasi hamburger yang mengganti daging dalam lapisan hamburger dengan menggunakan tempe. Sama seperti hamburger pada umumnya, hamburger tempe ini juga disajikan dengan berlapis mulai dari roti hamburger, tempe, salad, saus, bumbu, hingga keju.  

Burger tempe kini mudah ditemui di banyak restoran, terutama di restoran-restoran yang menyajikan menu vegetarian. Kamu juga dapat membuat sendiri burger tempe ini di rumah.

Dengan membuat sendiri burger tempe, kamu dapat menyesuaikan olahan tempe yang kamu gunakan untuk burger kamu, apakah ingin dicincang lalu dimasak seperti daging burger pada umumnya atau kamu juga dapat membuat tempe dalam isian burger kamu menjadi krispy.

4. Steak Tempe

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Olahan tempe modern yang selanjutnya adalah steak tempe. Siapa sangka, dengan harga yang sangat ekonomis jika dibandingkan dengan daging, tempe ternyata juga bisa diolah menjadi hidangan mewah sekelas daging.

Agar rasa tempe menyatu dengan saus steak, tempe sebaiknya dikukus terlebih dahulu kemudian dihaluskan agar dapat dibentuk menyerupai daging steak.

Saat kamu membuat steak tempe, kamu juga dapat menambahkan pelengkap layaknya steak daging pada umumnya agar kekhasan hidangan steak tidak hilang.

Menarik bukan bahan makanan yang kita miliki ini? Tempe yang memiliki harga ekonomis dapat diolah menjadi olahan modern yang bernilai harga tinggi. Selain dikonsumsi sendiri, aneka olahan modern berbahan dasar tempe ini juga dapat kamu jual karena memiliki nilai bisnis yang cukup menjanjikan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh