Anjing Husky : Sifat, Cara Merawat, Makanan & Harga (update)


Anjing Husky

Anjing Husky – Memiara anjing jadi salah satunya kesukaan beberapa orang sejak dahulu sampai sekarang ini. Selainnya kucing, anjing juga dicintai karena karakternya yang setia pada majikan. Dari bermacam tipe anjing, anjing siberian husky adalah tipe sebagai favorite beberapa orang.

Anjing tipe ini banyak dibahas pada bermacam artikel berkenaan hewan piaraan anjing di internet. Walau tipe anjing ini sedikit dipiara oleh warga Indonesia berkaitan stigma mengenai piaraan ini di salah satunya agama.

Tetapi tidak dapat disangkal kembali, Siberian Husky demikian dicintai nyaris di semua negara dalam dunia karena keunikannya.

Sesungguhnya bagaimana karakter dari anjing tipe ini? Bagaimana performa fisiknya? Lantas bagaimanakah cara memasangkan dan langkah menjaganya?

Pada artikel ini kami akan mengulas bermacam hal berkenaan anjing tipe Siberian Husky secara mendalam . Maka bila Anda punya niat untuk memiara hewan yang wajahnya cukup galak yang ini, karena itu artikel ini harus Anda baca sampai usai.

Sejarah Anjing Husky

Anjing Husky

Mempunyai performa yang memikat jadikan tipe anjing yang ini demikian disukai oleh beberapa pencinta hewan piaraan anjing. Perlu Anda kenali, Siberian Husky mempunyai riwayat yang unik.

Ras anjing Siberian Husky dulu sebagai anjing yang dipakai untuk menarik kereta luncur oleh warga Chukchi.

Barisan warga ini hidup di teritori Asia Timur Laut, di mana wilayahnya sebagai wilayah yang dingin dan bersalju. Anjing tipe ini selanjutnya diperkembangbiakkan di situ menjadi anjing penarik kereta yang dapat mengusung beban yang cukup berat.

Pada akhirnya di tahun 1909, tipe anjing ini pertama kalinya dibawa ke wilayah Alaska untuk ditandingkan pada laga jarak jauh. Hingga warga dunia mulai mengenali tipe anjing ini lewat kelihaiannya saat mengikut laga.

Tidak cuman sanggup lari cepat dan mempunyai ketahanan badan yang bagus, Siberian Husky juga dikenali sanggup keluarkan lolongan seperti serigala.

Perbedaan Anjing Husky & Alaskan Malamute

Kiri: Anjing Siberian Husky & Kanan: Alaskan Malamute
Kiri: Anjing Siberian Husky & Kanan: Alaskan Malamute

Walau Siberian Husky dan Alaskan Malamute kerap dipandang sama karena mempunyai corak bulu-bulu warna putih hitam dan kelihatan cukup serupa, tetapi mereka ialah dua tipe anjing yang lain.

Berikut ini ialah beberapa ketidaksamaan dari Siberian Husky dengan Alaskan Malamute:

Siberian Husky

  • Kemampuan berlari yang kencang
  • Hanya mampu membawa beban yang lebih ringan
  • Kaki kecil, badan kecil dan bentuk tulang kecil.
  • Wajah mereka umumnya lebih menyenangkan dan bersahabat
  • Warna mata biasanya coklat, biru, hijau, atau kominasi kedua warna seperti warna coklat dan biru.
  • Ujung telinga berdekatan dan menjulang tinggi ke atas, bentuk kepala lebih kecil mirip seperti hewan rubah.
  • Bulu lebat dengan banyak variasi corak.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, baik dengan manusia, anjing maupun hewan yang lain.
  • Bentuk ekor lebih sering ke bawah.

Alaskan Malamute

  • Kecepatannya tidak lebih dari husky
  • Mampu membawa beban yang berat karena memiliki postur tubuh yang lebih besar.
  • Postur ideal dan gagah. Ketika dewasa, bentuk tulang akan semakin membesar
  • Wajah terlihat dingin, namun tetap menggemaskan
  • Warna mata coklat dengan bentuk seperti biji almond.
  • Ujung telinga sedikit berjarak, bentuk kepala lebih besar dengan bulu yang lebat sehingga mirip hewan beruang atau serigala.
  • Bulu lebat berwarna namun tidak ada corak yang beragam.
  • Tidak suka dengan lingkungan baru dan segan jika bertemu dengan anjing lain, terlebih jika memiliki jenis kelamin yang sama.
  • Bentuk ekor lebih sering melengkung ke atas.

Karakteristik Anjing Husky

Anjing Husky

Anjing tipe Siberian Husky bila disaksikan sekilas memang seperti serigala. Dari wujud telinga, mata, pembagian muka, hidung, sampai warna bulu-bulu, anjing tipe ini benar-benar serupa dengan fox atau serigala.

Meski begitu, rupanya anjing Siberian mempunyai bermacam karakter yang membandingkannya dengan serigala. Dari sisi karakter, anjing siberian husky mempunyai karakter yang jinak, berteman, dan ramah ke seluruh orang.

Bahkan juga ke orang selainnya pemiliknya, mereka sanggup tampilkan perform yang demikian friendly dan tenang hingga benar-benar berlainan dari serigala.

Mereka condong setia ke majikannya dan selalu cerah hingga benar-benar disukai oleh beberapa pencinta anjing.

Memang dari sisi karakter fisik, anjing ini cukup seperti serigala. Tetapi ada bermacam ketidaksamaan yang lain membandingkan ras anjing ini dengan serigala, berikut salah satunya:

  • Karakternya halus, mempunyai tingkat kesiagaan dan kesiapsiagaan yang bagus, pintar, dan ramah pada seseorang.
  • Mempunyai bentang berat tubuh 20 sampai 27 kg untuk jantan dan 16 sampai 23 kg yang betina.
  • Tinggi tubuh yang bervariatif, dimulai dari 54 sampai 60 cm untuk Siberian Husky jantan dan 50 sampai 56 cm untuk Siberian Husky betina.
  • Mempunyai bentang umur yang lumayan panjang, yakni 12 sampai 15 tahun bagus untuk Siberian Husky jantan atau betina.
  • Warna bulu-bulu yang cukup bermacam, seperti abu-abu kehitaman, hitam, belang, putih, sampai coklat kemerahan.

Cara mengawinkan Anjing Husky

Anjing Husky

Karena sebagai tipe anjing yang paling dijaga kwalitasnya, anjing tipe Siberian Husky memang seharusnya diberi pengaturan turunan. Anda juga sesungguhnya dapat memasangkan tipe anjing ini dengan turunan anjing yang serupa.

Anda tidak dapat pilih sembarangan anjing yang bakal dikawinkan dengan anjing tipe ini. Karena pada intinya arah perkawinan Siberian Husky selainnya perbanyak turunan, untuk jaga kualitas turunan.

Jadi anjing yang diputuskan juga sebaiknya yang diprediksi mempunyai karakter atau karakter yang dapat lengkapi kelemahan pada anjing yang bakal dibiakkan.

Bila Anda ingin memperoleh turunan dari anjing ras Siberian Husky, anda perlu cari anjing dengan ras semacam yang lain tipe kelamin. Anda dapat meminjamnya dari kenalan atau rekan Anda, atau mengontak pusat hewan piaraan yang berada di wilayah Anda.

Dokter hewan tentu memahami langkah tangani perkawinan anjing tipe ini dan memberi tindakan yang paling tepat.

Saat sebelum melangsungkan proses perkawinan, sebaiknya ke-2 anjing yang lain kelamin diberi tindakan sebagai berikut ini:

1. Pengamatan atau penilaian

Anjing Siberian Husky dewasa baik jantan atau betina yang bakal dikawinkan sebaiknya dilihat lebih dulu berkenaan persiapan mereka mempunyai turunan.

Anjing Siberian Husky betina bagusnya mempunyai umur 18 bulan supaya bisa siap dikawinkan dan hasilkan turunan.

Kebalikannya, mereka tidak boleh dihimpun sama yang jantan kalau sudah capai usia 4-6 tahun supaya tidak hasilkan turunan low quality. Untuk anjing Siberian Husky jantan, dapat disebutkan sebagai anjing yang masak secara seksual saat berumur 1,5 tahun.

2. Check riwayat kesehatan anjing

Sesudah dilaksanakan penilaian dari sisi fisik dan kematangan psikis secara seksual, sebaiknya anjing tipe Siberian Husky yang siap psikis dilaksanakan pengecekan secara klinis.

Ini mempunyai tujuan supaya anjing yang dikawinkan tidak alami penyakit menyebar lewat alat kelamin atau cairan seksual.

Bermacam pengecekan yang seharusnya dilaksanakan pada Siberian Husky dewasa yang siap kawin sebagai berikut :

a. Pengecekan kesehatan jantung

Kesehatan jantung memiliki peran penting untuk anjing ras Siberian Husky yang bakal dikawinkan.

Bila pada proses pengecekan kesehatan jantung mereka diketemukan keganjilan atau penyakit tertentu, anjing itu jangan dikawinkan. Karena bila dilanjutkan maka mencelakakan hidup anjing tersebut.

Pengecekan kesehatan jantung Siberian Husky umumnya dilaksanakan dengan memakai gelombang ultrasonik. Bila rupanya Siberian Husky dijumpai menderita penyakit jantung yang beresiko, dokter akan mengatakan larangan kawin pada anjing itu.

Disamping itu, untuk ketahui kesehatan jantung mereka dapat dilaksanakan dengan menurut garis turunan untuk ketahui ada peluang penyakit jantung turun.

b. Pengecekan displasia pinggul

Displasia panggul ialah satu keadaan di mana ada perkembangan yang tidak normal di bagian itu tetapi tidak mempunyai potensi kanker.

Pemeriksaaan kesehatan untuk tentukan Adakah keadaan displasia pinggul pada Siberian Husky yang dikawinkan sebaiknya dilaksanakan. Ini membuat perlindungan kesehatan pinggul anjing itu.

Bila dijumpai ada keadaan yang tidak normal di bagian itu, karena itu dokter akan merekomendasikan larangan kawin untuk Siberian Husky.

Anjing yang terserang penyakit displasia pinggul umumnya diberi perawatan dan pembaruan bentuk badan dengan cahaya X yang dikontrol dokter.

c. Pengecekan penyakit brucellosis

Hubungan penyakit brucellosis dengan kemandulan dan tingkat kematian anjing yang barusan lahir dari kandungan Siberian Husky betina. Dibutuhkan pengecekan berkaitan penyakit ini karena terkait langsung dengan kehidupan seksual anjing tersebut.

Bila anjing tidak dilaksanakan pengecekan dan rupanya menderita penyakit ini, anjing yang lain berkontak kelamin dengan anjing yang berkaitan akan terjangkit.

Ini juga benar-benar beresiko hingga anjing yang bisa dibuktikan menderita brucellosis sebaiknya dikasih tindakan pensterilan.

3. Memasangkan Anjing Husky

Anjing Husky

Sesudah bermacam proses pengecekan itu dikerjakan dan anjing dipastikan siap untuk lakukan perkawinan, proses itu dapat diawali.

Bila Anda sangsi dan pemula hal sistem memasangkan anjing Siberian Husky jantan dan betina, sebaiknya cari pawang atau dokter hewan yang eksper. Umumnya, proses memasangkan anjing tipe ini mencakup bermacam proses sebagai ini.

  1. Taruh anjing yang bakal dikawinkan pada sebuah kandang.
  2. Anjing betina yang akan dikawinkan diikat mulutnya supaya tidak berontak atau menggigit pawang dan anjing jantan.
  3. Taruh anjing jantan di atas punggung anjing betina, dengan alat kelamin yang ditujukan pada alat kelamin betina.
  4. Secara automatis alat kelamin anjing jantan akan jadi membesar dan penuhi rongga kelamin anjing betina.
  5. Diamkan mereka lakukan persetubuhan secara alami.
  6. Bila cairan sperma anjing jantan telah keluar, angkat kaki anjing betina supaya sperma itu tidak tumpah keluar alat kelamin dan jadi terbuang sia-sia.
  7. Kemudian, pisah anjing jantan dari anjing betina dan diamkan proses pembuahan jalan seharusnya pada kandungan anjing betina.

Cara merawat

Langkah menjaga Anjing Siberian Husky berlainan di antara anakan dengan indukan. Berlainan usia, tentu berlainan juga langkah pengatasannya. Berikut langkah menjaga anjing tipe ini dengan benar dan baik.

1. Anak Anjing Husky

anak Anjing Husky

Siberian Husky anakan perlu dimandikan secara periodik, tetapi tidak boleh dibarengi intensif yang tinggi. Tipe anjing yang ini mempunyai kelebihan yakni bulu-bulu yang tidak gampang kotor dan berbau . Maka Anda tak perlu kerap memandikannya.

Di bagian kuku Siberian Husky, ada banyak pembuluh darah yang bisa setiap saat pecah bila terlampau pendek mengguntingnya. Tetapi demikian, Anda dianjurkan untuk kerap menggunting kuku mereka karena tingkat perkembangan kukunya lumayan tinggi.

Disamping itu, Siberian Husky anakan perlu diberi tindakan khusus di bagian matanya. Bermacam tipe penyakit yang umum terjadi pada mata mereka ialah katarak, atrofi retina progresif, dan distrofi kornea.

Pengecekan pada dokter hewan dengan teratur sanggup menahan karena lebih fatal dari beberapa penyakit itu.

Dari sisi konsumsi, anjing Siberian Husky anakan sebaiknya diberi porsi makan satu hari sekitar 3x sampai umurnya mencapai tiga bulan. Baru sesudah tiga bulan, porsi makannya dikurangkan jadi 2x satu hari.

Jaga kualitas makanan dari anjing tipe ini supaya bulu-bulu tidak gampang rontok atau anjing alami masalah kesehatan lainnya.

2. Anjing Husky dewasa

Anjing Husky

Anjing Husky dewasa mempunyai bulu-bulu yang cukup lebat, hingga rumahnya dianjurkan diperlengkapi dengan pendingin ruang supaya mereka tidak berasa panas.

Disamping itu, lokasi yang luas dibarengi dengan bermacam feature permainan pas untuk watak mereka yang cerah dan hangat.

Anjing tipe ini tak perlu dikasih tindakan mandi sering, cukup kerjakan aktivitas ini optimal 2x dalam satu bulan.

Bulu-bulu anjing Siberian Husky dewasa mempunyai ketebalan optimal, dan oleh karena itu Anda dianjurkan untuk menjaga bulu-bulu mereka pada salon kecantikan hewan. Di salon, bulu-bulu mereka akan dibereskan, dibikin bersih, serta dikasih gizi.

Tetapi bila Anda ingin menjaga dan memandikan mereka sendiri, pakai shampoo khusus bulu-bulu anjing supaya bulu-bulu mereka tidak begitu rontok.

Sesudah proses mandi usai, selekasnya keringkan bulu-bulu mereka dengan memakai hair dryer. kemudian, bulu-bulu disisir memakai sisir halus supaya bisa lembut dan terbangun.

Janganlah lupa selalu untuk menggunting kuku sang Siberian Husky dewasa supaya mereka berpembawaan rapi dan tidak mencederai beberapa orang disekelilingnya.

Yakinkan mereka memperoleh konsumsi dengan nutrisi imbang dengan porsi makan 2x satu hari. Lihat permasalahan penyuntikan vaksin dan vitamin sesuai saran dokter.

Makanan Anjing Husky

makanan Anjing Husky

Anjing Husky anakan dan dewasa sama menyenangi tipe makanan yang dibuat dari daging. Mereka terhitung dalam tipe hewan karnivora, tetapi Siberian Husky pun tidak menampik makanan anjing dalam paket yang secara umum.

Hingga bila Anda memiara anjing tipe ini, Anda juga bebas memberi bermacam tipe makanan seandainya terhitung dalam tipe makanan yang dicintai mereka.

Untuk dapat memberikan dukungan tumbuh berkembang Siberian Husky, Anda dapat memberi bermacam tipe daging untuk dapat jadi konsumsi mereka setiap hari. Daging ayam, sapi, dan kambing biasa jadi sebagai konsumsi mereka.

Ukuran daging yang dianjurkan juga dianjurkan tidak besar supaya mereka dapat kunyah makanan secara baik.

Anda dapat mengiris tipis daging supaya gampang diolah. Tidak boleh kebanyakan memberi makanan untuk Siberian Husky karena secara umum jatah makan yang mereka punyai sedikit. hingga saat Anda memberi jatah makan yang cukup banyak, pencernaan mereka akan terusik.

Bila Anda ingin memberi gizi untuk Siberian Husky seharusnya beri tipe vitamin E supaya bulu-bulu mereka terbangun keelokannya.

Beri bermacam tipe gizi sesuai saran dokter hingga mereka tidak gampang jatuh sakit.

Kandang

Perawatan dari Siberian Husky sebaiknya diberi secara totalitas, hingga mereka berasa nyaman dan tidak mudah jatuh sakit. Untuk permasalahan kandang tempat beberapa Siberian Husky tidur, upayakan selalu pada kondisi bersih.

Proses pembersihan ini sebaiknya Anda kerjakan selekasnya saat kandang mereka kelihatan kotor. Triknya bersihkan kandang memakai sabun sekali dalam periode waktu dua hari, hingga kandang itu bersih dari virus serta bakteri yang mencelakakan.

Di bagian kandang yang dipakai untuk tidur, beri alas tidur yang empuk dan nyaman supaya Siberian Husky nyaman ada di dalam rumah. Beri handuk atau kain yang bisa membuat mereka berasa hangat khususnya saat malam hari.

Tetapi bila Anda tidak mau ribet, pakai tempat tidur anjing khusu yang tidak meresap air. Ini mempunyai tujuan untuk mempermudah proses Anda dalam bersihkan kandang dengan teratur.

Tempat minum dan makan Siberian Husky sebaiknya ditempatkan secara terpisah supaya tidak mengotori tempat tidur. Penempatan tempat minum dan makan yang terpisah ini mempunyai tujuan untuk jaga kebersihan kulit anjing tersebut.

Anda dapat tempatkan toilet dalam kandang, dengan risiko harus bersihkan kandang tiap hari supaya tidak ada bakteri yang berkembangbiak di situ.

Atau ajari anjing untuk dapat mengaplikasikan toilet manner atau buang air di kamar mandi supaya tidak mengotori ruang atau kandang mereka sendiri.

Harga Anjing Husky

Spesifikasi Harga
Anjing Husky anakan stamboom Rp4.200.000
Anjing Husky anakan non stamboom Rp1.500.000
Anjing Husky dewasa stamboom Rp5.100.000
Anjing Husky dewasa non stamboom Rp2.000.000
Anjing Husky import stamboom Rp6.000.000 – Rp7.000.000

Itu bermacam hal yang penting Anda kenali berkenaan anjing Husky dimulai dari riwayat, langkah memasangkan, langkah menjaga, sampai berkenaan konsumsi makanannya. Dengan ketahui bermacam hal seperti pada atas, Anda juga dapat memiara mereka secara betul.

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

rosa

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap