Apa Bedanya Warisan, Hibah, Wasiat, dan Hibah Wasiat?


Apa Bedanya Warisan, Hibah, Wasiat, dan Hibah Wasiat? 1

Pertanyaan mendasar dari sebuah definisi kata yang memiliki perbedaan makna mendalam. Sebagian besar dari orang belum faham apa itu arti warisan, hibah, dan wasiat.

Lalu terkadang belum mengetahui perbedaannya ketiga hal tersebut secara umum, dan harus terjebak ke dalam definisi yang salah. Berikut kami ulas perbedaan ketiganya :

Pengertian Warisan

Warisan merupakan suatu proses peralihan hak terhadap harta benda seseorang yang telah meninggal dunia yang meninggalkan barang baik bergerak maupun tidak bergerak kepada ahli warisnya. Lalu apa yang dinamakan ahli waris? Ahli waris sendiri adalah mereka yang masih memiliki garis keturunan ke bawah dengan orang yang telah meninggal dunia tersebut.

Sebagai contoh ahli waris dari X, dia memiliki 3 orang anak, bernama A, B, dan C, maka ketiga anaknya itu disebut sebagai ahli waris dari X yang berhak mewarisi harta benda X.

Pengertian Hibah

Sementara hibah sendiri memiliki definisi adalah pemberian seseorang berupa harta bergerak maupun tidak bergerak kepada seseorang ketika pemberi hibah masih hidup. Jadi hibah itu hanya dapat dilakukan ketika para pihak masih hidup, baik yang memberi hibah maupun yang menerima hibah. Hibah bisa berwujud barang bergerak maupun tidak bergerak.

Hibah diberikan harus memiliki kegunaan atas pemberian tersebut, dan bertujuan untuk keperluan penerima hibah. Dan barang harus diserahkan ketika keduanya masih hidup.

Pengertian Wasiat

Wasiat merupakan pernyataan seseorang ketika masih hidup tentang sesuatu yang dikehendakinya setelah ia meninggal dunia. Pernyataan itu berupa tulisan maupun secara lisan yang dibuat ketika masih hidup tentang segala sesuatu yang ia inginkan jika sudah meninggal dunia. Sebagai contoh : X memiliki harta benda dan X juga meninggalkan ahli waris B, namun ketika masih hidup X menuliskan suatu pesan berupa pernyataan mengenai harta bendanya besok ketika X meninggal dunia akan dibagikan kepada siapa.

Pengertian Hibah Wasiat

Banyak yang mengira antara Wasiat dengan Hibah itu memiliki persamaan, namun sebenarnya keduanya itu memiliki perbedaan makna, Hibah Wasiat merupakan pernyataan yang dibuat oleh seseorang ketika masih hidup, dan lebih bersifat spesifik mengenai harta benda apa saja yang akan diberikan kepada seseorang yang di maksud dalam wasiat. Sebagai contoh : X ketika masih hidup dia memiliki harta benda berupa Tanah A, Tanah B, dan Tanah C, kemudian X membuat pernyataan mengenai harta bendanya berupa tanah C akan diberikan kepada seseorang bernama D jika X sudah meninggal dunia. Secara umum hibah wasiat ini pernyataan yang bersifat khusus memgenai jenis harta benda yang akan diberikan kepada seseorang penerima hibah wasiat.

Berbeda dengan wasiat, wasiat lebih bersifat umum belum sampai ke jenis harta benda yang akan diserahkan. Sementara perbedaannya dengan hibah, terletak pada waktu pemberiaan harta benda tersebut. Jika hibah dilaksanakan saat pemberi hibaj masih hidup, namun hibah wasiat diberikan setelah pemberi wasiat meninggal dunia.

Jadi itu perbedaan antara warisan, hibah, wasiat, dan hibah wasiat secara umum. Kesemuanya memiliki ketentuannya sendiri-sendiri.   


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap