Apa Itu gerakan Zero Waste?

Apa Itu gerakan Zero Waste? 1

Hidup berkelanjutan sangat erat kaitannya dengan gerakan bebas plastik atau dikenal dengan zero waste dimana kita dituntut untuk menjauhi single use plastic atau plastik sekali pakai. Gerakan ini bertujuan untuk mengembalikan seluruhnya ke alam. Jika kita menerapkan gaya hidup berkelanjutan, kita sudah berpartisipasi dalam gerakan zero waste. Apabila terpaksa harus menggunakan barang sekali pakai, kita harus manfaatkan barang tersebut agar tidak berakhir menjadi tumpukan sampah yang tidak berguna.

Memang benar bahwa kita terbiasa hidup di tengah barang-barang sekali pakai, tanpa kita sadari tempat pembuangan sampah mulai menumpuk, lautan menjadi tercemar, bahkan masih banyak sampah yang baru dapat terurai selama ratusan tahun. Dengan begitu, kita perlu melaksanakan gerakan zero waste supaya ekosistem kita terus terjaga. 

We don’t need a handful of people doing zero waste perfectly. We need millions of people doing it imperfectly.– Anne Marie

Apa Itu gerakan Zero Waste? 3

Gerakan zero waste mengajak kita semua untuk menyadari betapa banyaknya dampak negatif barang-barang yang telah kita konsumsi bagi lingkungan. Kita harus menjaga bumi ini demi masa depan anak dan cucu kita, untuk itu mulailah ubah kebiasaan konsumsi barang yang dapat merusak lingkungan. Kita dapat berkontribusi dalam gerakan zero waste dengan menggunakan beberapa barang ramah lingkungan seperti contoh dibawah ini.

Apa Itu gerakan Zero Waste? 4

Sampah Membawa Dampak Buruk Bagi Laut

Apa Itu gerakan Zero Waste? 5

Sampah tidak hanya menimbulkan masalah di daratan saja, tetapi juga di lautan. Sekarang lautan kita sedang mengalami ancaman serius akibat sampah plastik yang terus menumpuk secara masif, apabila laut terancam keberlangsungan hidup manusia juga ikut dikhawatirkan. Hal ini dikarenakan seluruh biota laut tidak aman dikonsumsi jika telah terkontaminasi mikroplastik.

Sampah plastik sukar terurai dan sangat ringan sehingga mudah terbawa angin serta aliran air sampai ke lautan. Oleh sebab itu, kita harus memikirkan rencana strategis untuk mereduksi sampah seperti melakukan gerakan zero waste untuk menjauhi plastik sekali pakai dan melakukan 5R. Jika banyak orang yang melakukannya maka perlahan biota laut dan sekitarnya akan terlestarikan.

5R Untuk Mengurangi Sampah

Apa Itu gerakan Zero Waste? 6

Banyak yang salah konsepsi mengenai bebas sampah atau zero waste, orang berpikir bahwa gerakan ini hanya berbicara tentang daur ulang sampah saja. Sebenarnya zero waste harus dimulai dari :

  1. Refuse (Menolak), dimana kita harus menolak barang yang tidak perlukan  
  2. Reduce (Mengurangi), kita mengurangi penggunaan produk yang dapat menghasilkan sampah dalam jumlah banyak
  3. Reuse (Memakai ulang), kita dapat memilih produk yang dapat digunakan secara berulang-ulang.

Jika kita sudah tidak dapat menerapkan 3R, barulah :

  1. Recycle (Mendaur ulang), produk yang sudah tidak terpakai dapat dikreasikan menjadi produk lebih bermanfaat
  2. Rot (Membusukkan), sampah organik dapat dibusukkan menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi kesuburan tanah

Konsep 5R ini menjadi pegangan kita untuk menciptakan lebih sedikit sampah dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana. Tentu saja gerakan ini tidak mudah untuk dilakukan, kita harus melewati banyak proses untuk berhasil hidup menghindari plastik. Oleh karenanya, jangan menyerah berusaha demi kebaikan bumi kita, ya!

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.