Apa Itu Makna Perbuatan “Makar”

Apa Itu Makna Perbuatan "Makar" 1

Tidak ada definisi secara terperinci yang menjelaskan mengenai Apa itu arti kata makar atau perbuatan makar. 

Hak tersebut tentunya menyebabkan multitafsir mengenai arti makar dalam penegakan hukum.

Sedangkan dalam KUHP  atau kitab undang-undang hukum pidana tidak dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perbuatan makar.

Namun menurut kamus besar bahasa Indonesia definisi makar adalah perbuatan menyerang. Dan seyogyanya definisi makar ini dijelaskan dalam tiga makna, pertama akal busuk atau bisa disebut niat tidak baik, kemudian tipu muslihat. 

Kedua perbuatan atau usaha dari niat tersebut memiliki arti dan tujuan dengan memiliki niat akan menyerang yang berpotensi menyebabkan adanya korban jiwa.

Apa Itu Makna Perbuatan "Makar" 3

Serta perbuatan ketiga adalah perbuatan upaya permulaan yang akan menjatuhkan pemerintah yang sah.

Sementara definisi Makar itu sendiri adalah niat untuk melakukan suatu perbuatan yang telah diwujudkan dalam  adanya suatu permulaan pelaksanaan perbuatan, sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 167 RUU KUHP atau Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Sementara bagi para akedemisi hukum istilah makar dipergunakan untuk menterjemahkan arti kata bahasa Belanda aanslag.

Menurut kamus bahasa Belanda, aanslag memiliki arti suatu serangan yang bersifat kuat dan membahayakan atau dalam bahasa Inggrisnya fierce attack.

Banyak kasus terjadi sebelum RUU ini dibahas, contohnya saat sebuah pesawat jet tempur hendak akan menyerang dan membahayakan keselamatan Presiden Soekarno saat itu.

Pelaku akhirnya didakwa atas perbuatannya Makar dan diancam dengan pidana mati atau seumur hidup.

Perbuatan tersebut diartikan sebagai tindakan penyerangan yanng merupakan perbuatan permulaan.

Penjelasan mengenai pasal Makar ini sempat beberapa kali mengalami uji materi di MK.

Definisi serangan harusnya terpenuhi dulu unsurnya. Kemudian bisa dianggap sebagai delik makar.

Namun apabila kata ‘makar’ langsung dimaknai begitu saja diartikan dengan kata ‘serangan’, itu malah akan menimbulkan ketidakpastian hukum.

Mengingat penegak hukum hanya dapat melakukan tindakan hukum kepada seseorang jika orang yang tersebut sudah melakukan tindakan ‘serangan’.

Kemudian benar-benar telah ada korban, hal itu merupakan isi amar putusan putusan MK sebagaimana terjadi tanggal 31 Januari 2018.

Upaya tindakan makar juga terjadi dari tindakan upaya people power sebagai upaya memobilsasi masa dalam jumlah banyak dalam rangka membujuk, merayu, dan mengajak mereka untuk menggulingkan pemerintahan.

Sebagaimana dijelaskan dalam pasal KUHP juga dijelaskan tentang makar bahwa niat itu telah ada dan sudah ada perbuatan permulaan yang mengawalinya.

Hal tersebut seoeti dijelaskan dalam Pasal 87 yang mengatakan jika  suatu perbuatan, apabila niat untuk itu telah ternyata dari adanya permulaan pelaksanaan.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam pasal 104 bahwa dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Bahwa mereka telah ada niat maksud untuk membunuh merampas kemerdekaan kebebasan pimpinan negara atau Presiden dapat diancam pidana. 

Niat saja sebenarnya sudah bisa dikategorikan sebagai tindakan makar disertai dengan pelaksanaan awal perbuatan yang secara langsung ada.korbam jiwa dimana sebuah kebebasan kemerdekaan seorang Presiden.

Sementara dalam pasal 107 ayat 1  juga dijelaskan mengenai tindakan makar dengan cara bermaksud menggulingkan Presiden dan atau Wakil Presiden yang berbunyi :

” Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun”.

Hal itu sebagai contohnya adalah tindakan upaya people power yang baru saja terjadi dan sudah ditangani oleh  Mabes Polri baru-baru ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS