Apa itu Simplisia & Cara Membuatnya

Apa itu Simplisia & Cara Membuatnya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan bahan alam. Bahan alam merupakan segala jenis bahan yang dapat secara langsung diperoleh dari alam seperti daun-daunan, biji-bijian, kayu, ranting dan lain-lain.

Pemanfaatan bahan alam di Indonesia masih cenderung rendah dan masih memiliki potensi yang besar. Salah satu pengolahan bahan alam adalah dengan membuat simplisia.

Simplisia merupakan obat-obatan yang memanfaatkan bahan alam. Proses pengolahan sangat sederhana dan tidak akan merubah komponen penyusun bahan alam.

Bahan alam yang dapat digunakan adalah daun, bunga, buah, kulit buah, biji, kulit batang, akar, rimpang, dan kayu. Selain itu terdapat juga simplisia nabati yang berasal dari eksudat tanaman.

Penggunaan simplisia dapat mengobati berbagai macam penyakit karena penggunaan bahan dasar yang berbagai macam. 

Apa itu Simplisia & Cara Membuatnya

Proses pembuatan simplisia dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, siapkan bahan yang akan diolah dengan mengupas kulit atau mencuci bersih bahan.

Bahan yang telah dibersihkan kemudian dilakukan pemotongan sampai ukuuran kecil dengan ketebalan 2 cm.

Pengirisan ini bertujuan untuk memperbesar luas permukaan bahan agar proses pengeringan lebih cepat. Proses pengeringan dapat dilakukan dengan penjemuran matahari atau penggunaan oven.

Suhu yang digunakan pada proses ini adalah 40 derajat celcius. Suhu yang berlebihan dapat berpotensi merusak bahan. 

Apa itu Simplisia & Cara Membuatnya

Lama waktu pengeringan disesuaikan dengan karakteristik bahan. Indikator yang dapat digunakan untuk menentukan proses sudah selesai adalah bahan yang mudah patah dengan tangan.

Bahan yang sudah kering kemudian akan melalui proses pengecilan ukuran menggunakan blender dan alu. Setelah melalui proses tersebut maka bahan akan berbentuk serbuk dan telah menjadi simplisia.

Nah, itu adalah pengertian dan proses yang dibutuhkan untuk membuat simplisia. Bahan dan alat yang dibutuhkan sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Khalish Gefalro