Apa Itu Software ArcGIS..?

Apa Itu Software ArcGIS..? 1

ArcGIS merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue). Software ini berbasis Geographic Information System (GIS). ArcGIS mulai dirilis oleh ESRI pada tahun 1999. ArcGIS biasa digunakan untuk membuat peta, baik peta administrasi ataupun peta lainnya.

Hasil utama dari software ArcGIS adalah ArcGIS dekstop. ArcGIS dekstop sendiri mempunyai tiga komponen utama, yaitu : ArcView (Berguna untuk mengelola data komprehensif, pemetaan, dan analisis), ArcEditor (Berguna untuk mengelola atau mengedit data spasial), dan ArcInfo (Komponen yang berguna menyediakan fitur fungsi-fungsi yang ada di dalam GIS serta mencakup keperluan analisa dari fitur geoprocessing).

Selain 3 komponen utama, ArcGIS dekstop memiliki 4 fitur yaitu :

1. ArcMap : ArcMap merupakan aplikasi utama yang digunakan pada software ArcGIS. Berfungsi sebagai pengolah data, pengedit, pembuatan peta tematik, composing, serta melakukan output berupa tampilan peta dan masih banyak lagi.

2. ArcGlobe : ArcGlobe merupakan aplikasi yang berfungsi menampilkan peta bola dunia dalam bentuk 3D dengan menggunakan citra satelit, seperti tampilan pada GoogleEarth. 

3. ArcCatalog : ArcCatalog merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mencari/menulusuri data, mengorganisasikan data, menempatkan dan mendokumentasikan data, serta menampilkan data-data yang ada pada ArcGIS.

4. ArcScene : ArcScene merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan peta yang sudah diolah dalam bentuk 3D.

ArcGIS biasa digunakan untuk mengolah data spasial, baik dalam bentuk peta atau yang lainnya. Keunggulan ArcGIS yaitu pada bagian pemprosesan data dan analisa data spasial. Tetapi ArcGIS masih memiliki kekurangan dalam mengelola data raster. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

JunJun