Apa itu SWOT? Penjelasan beserta Contohnya

Apa itu SWOT? Penjelasan beserta Contohnya 1

Di dalam dunia manajemen, tentunya kita tidak asing dengan istilah SWOT. Namun, beberapa diantara kita masih belum mengetahui apa itu SWOT. SWOT merupakan strategi yang biasa digunakan perusahaan atau badan usaha atau organisasi untuk menganalisis lingkungan internal maupun eksternal.

Apa itu SWOT? Penjelasan beserta Contohnya 3

Dengan menganalisis suatu objek maka kita akan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dan mana saja yang harus diperhatikan. Berikut penjelasan tentang SWOT dan contohnya.

1. S = Strength / Kekuatan

Strength yang ada di dalam SWOT ini menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh suatu objek. Contoh dari strength bisa dari: produk, jasa maupun kemudahan yang dimiliki dari suatu penawaran ataupun pelayanan. Kita ambil salah satu contoh produk seperti: Janji Jiwa. Adapun strength dari Janji Jiwa adalah sebagai berikut:

  • Memiliki brand images yang baik
  • Memiliki beragam variasi minuman yang enak
  • Memiliki banyak franchise sehingga mudah ditemukan dimana saja 
  • Kualitas produk yang worth it dengan harga yang dibayar

2. W = Weakness / Kelemahan

Weakness dalam SWOT ini menunjukkan kelemahan dari suatu produk ataupun jasa yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau badan usaha. Contoh weakness bisa mencakup: terbatasnya sumber daya, kurangnya sumber daya manusia atau kurangnya inovasi yang dilakukan untuk produk maupun jasa. Melanjutkan dari strength yang ada diatas, contoh dari weakness akan menggunakan Janji Jiwa juga, yaitu:

  • Produk yang ditawarkan bisa ditiru pesaing
  • Target pasar yang belum bisa mencakup orang yang lanjut usia (karena kopi yang manis cenderung dikonsumsi oleh anak muda)

3. O = Opportunity / Peluang

Opportunity adalah peluang atau kemungkinan yang bisa dicapai oleh suatu perusahaan maupun pelaku bisnis. Dengan memperhatikan peluang yang ada, para pelaku usaha mampu memanfaatkannya dan bisa menjadikan peluang tersebut sebagai strategi untuk memperbaiki produk maupun jasa yang dirasa kurang optimal. Adapun contoh peluang dari Janji Jiwa yaitu:

  • Bisa menjadi franchise kopi nomer satu di Indonesia
  • Mampu bersaing dengan brand kopi luar negeri (jika terus mengembangkan kualitas dan inovasi)
  • Jika mampu mengelola semua operasional dan keuangan dalam bisnis maka ada peluang untuk melakukan ekspansi ke negara-negara besar

4. T = Threat / Ancaman

Threat biasanya berupa ancaman dari luar perusahaan / sifatnya eksternal sehingga hal ini lah yang harus dipantau oleh perusahaan agar bisa bertahan di pasar dan tidak dikalahkan oleh pesaing. Threat biasanya dilakukan dengan analisis keunggulan pesaing yang tidak dimiliki oleh perusahaan. Adapun contoh threat dari Janji Jiwa:

  • Belum menonjolkan produk tambahan seperti roti (lebih berfokus pada minuman). Akhirnya banyak pelanggan yang hanya memesan minuman. Berbeda dengan salah satu merek kopi ternama yang unggul karena rotinya sehingga ketika menjual kopi, mereka unggul dikedua produknya.
  • Merchandise yang dimiliki Janji Jiwa jarang diketahui oleh pelanggan. Berbeda dengan pesaing (brand kopi dari luar negeri) yang terkenal dengan berbagai macam tumblr nya yang unik dan mengikuti musim. 

Itulah sedikit contoh dari SWOT dan Janji Jiwa termasuk brand kopi terbaik yang mampu melebarkan sayap di Indonesia. Tentunya setiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. SWOT dibuat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari suatu perusahaan maupun badan usaha. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

YellowSky