Apa Itu Turbo dan Intercooler? Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Turbo dan Intercooler? Bagaimana Cara Kerjanya 1

Sebagian jenis kendaraan berupa mobil memang dibekali turbo pada mesinnya. Namun demikian, masih ada beberapa pengguna mobil sama sekali tidak tahu apa itu arti turbo, dan bagaimana cara kerjanya.

Turbo sendiri merupakan bagian dari mesin mobil yang berfungsi memutar baling-baling atau kincir untuk menghasilkan angin agar terkompresi dalam jumlah yang banyak. Turbo sendiri biasanya berada pada bagian pipa gas pembuangan kendaraan.

Baling-baling yang diputar oleh turbo, lalu menghasilkan udara atau extra oksigen, kemudian di alirkan ke silinder untuk proses pembakaran mesin. Adanya turbo ini berfungsi agar fungsi pembakaran pada mesin menjadi lebih baik. Agar lebih jelas memahami apa itu fungsi atau cara kerja turbo pada mesin mobil, bisa dipahami dengan cara berikut.

KIta pernah melihat sebuah pesawat terbang dia memiliki dua turbin di bagian sayapnya. Turbin itu sama persis bentuknya dengan baling-baling, dan pasti banyak yang tahu bagaimana turbin itu berfungsi.

Turbin pada pesawat berfungsi untuk menampung udara dan mengompresinya menjadi sebuah tenaga yang dapat menggerakkan mesin pesawat agar dapat terbang. Hal ini sama dengan konsep turbo pada mobil. Mobil juga memiliki dua turbin yang berfungsi sama untuk mengkompresi udara masuk ke dalam mesin agar mesin berjalan sempurna.

Logikanya, dengan udara yang masuk kedalam mesin itu semakin banyak, tenaganya akan semakin kuat. Nah, jika ada turbo pasti ada intercooler. Apa itu intercooler dan bagaimana fungsinya di kendaraan. Intercooler sendiri adalah komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil agar panasnya stabil, cara kerja intercooler hampir sama dengan turbo hanya saja memiliki fungsi yanag berbeda.

Udara yang dihasikan oleh turbo sebenarnya didinginkan terlebih dahulu oleh sebuah komponen bernama intercooler. Hal ini dilakukan agar pembakaran pada mein menjadi lebih sempurna. Dengan kata lain intercooler bekerja untuk mendinginkan udara yang dikeluarkan dari turbo.

Udara yang keluar dari turbo yang panas akan didinginkan terlebih dahulu, sehingga udara yang masuk ke mesin akan menjadi dingin. Jika sebuah mesin mobil tanpa dilengkapi intercooler, maka pembakaran mesin pada mobil akan menjadi tidak sempurna, mesin cepat panas dan rusak serta dapat mengakibatkan overhead. 

Sususan intercooler sendiri terdiri dari pipa dan diantaranya ada bagian sayap yang berfungsi sebagai pendingin. Letak intercooler itu ada di bagian depan mesin mobil berdekatan dengan radiator,

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.