Apa Penyebab Sosial Media Whatsapp, Instagram, Facebook Down ?


Apa Penyebab Sosial Media Whatsapp, Instagram, Facebook Down ?

Pengguna seperti , dan kini tidak bisa memakai aplikasi tersebut karena di kabarkan saat ini lagi . Kejadian ini sudah pernah terjadi waktu pertengahan april kemarin. Saat ini belum di ketahui apa penyebab dari ketiga aplikasi ini , tetapi kalau seperti kejadian yang pernah terjadi penyebabnya adalah server yang sedang atau isu yang terjadi dalam proses integrasi antara dan .

Pada bulan maret kemarin dari pihak mengatakan bahwa saat itu mereka sedang mengalami masalah pada server. “Kemarin kami membuat konfigurasi server yang memicu serangkaian isu yang ada”. Dari semua itu kebanyakan orang sulit untuk mengakses layanan dan aplikasi kami”, ucap pihak dari .

Beberapa pengamat security yang mengaitkannya dengan rencana integrasi antara, , dan agar bisa dan saling mengirim pesan melalui platform tersebut.

“Jadi ada bug yang menyebabkan hal ini dan memberi dampak pada hampir semua layanan utama milik ,” ujar peneliti keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Pada pantauan dari DetikNet melalui situs detector pada hari rabu (22/05/2019), memperlihatkan bahwa beberapa negara menunjukan dengan sinyal berwarna kuning dan merah dalam melakukan pengecekan terhadapa aplikasi , dan , yang berarti bahwa itu adalah gangguan layanan pada masing – masing aplikasi.

Kalau di lihat melalui aplikasi juga mengalami gangguan seperti gambar pada halaman tidak bisa di tampilkan selain itu pada halaman resmi dari pihak jika kita pantau bahwa pengguna banyak yang melaporkan bahwa adanya gangguan pada layanan tersebut yang berdampak dari indonesia juga negara lain seperti malaysia, brazil dan amerika serikat.

Selain itu, melalui layanan twitter bahwa susahnya mengakses aplikasi layanan dari dan menjadi worldwide trends dengan tagar instagramdown (#instagramdown). dengan tagar ini para pengguna twitter sudah menge-tweet lebih dari 3.556 tweet mengelukan tentang downnya aplikasi tersebut.

Di indonesia baru saja di umumkan bahwa pembatasan akses di media sosial belum diketahui penyebabnya terjadinya antara , dan facebook. Namun pemerintah memutuksan untuk membatasi aktifitas layanan di beberapa media sosial untuk menghindari hal – hal negatif atau yang tidak di inginkan, terutama perderan info hoax yang saat ini sedang terjadi dimana – mana.

Seperti dikutip oleh CNBC Indonesia bahwa Rabu (22/05/2019), “Sementara untuk hindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses media sosial untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat,” kata Menkopolhukam Wiranto di Jakarta.

Baca Juga

Exit mobile version