Apa Saja Kunci Agar Rasa Percaya Diri Tumbuh Dalam Diri Kita

Apa Saja Kunci Agar Rasa Percaya Diri Tumbuh Dalam Diri Kita 1

Seseorang pasti memiliki kemampuan untuk dapat tampil percaya diri. Orang yang percaya diri dapat dilihat seperti bagaimana dia berbicara baik antar individu maupun di depan banyak orang. Ada juga orang yang memang pantas menjadi pemimpin, namun pada saat ia ditunjuk menjadi pemimpin ia tidak mau. Mengapa demikian? Biasanya orang itu memiliki rasa tidak percaya diri atau minder.

Jika rasa tidak percaya diri terus ditanamkan dalam diri seseorang maka dapat disimpulkan orang tersebut tidak akan pernah mengalami perubahan atau pergerakan dalam hidupnya. Oleh karena itu, ketika rasa percaya diri sedang berkurang maka penting bagi setiap orang mengetahui kiat-kiat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang percaya diri biasanya adalah orang yang mengetahui kemampuan dirinya.

Karena dengan percaya diri kehidupan seseorang dapat lebih terarah. Rasa percaya diri juga terbentuk dari proses sosialisasi dalam setiap perjalanan hidup seseorang. Dengan kata lain percaya diri terbentuk dari pengalaman yang terjadi saat berinteraksi di lingkungan baik di dalam maupun di luar.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap rasa percaya diri. mulai dari gen, latar belakang budaya, pengalaman masa kecil, serta berbagai peristiwa dalam hidup. Jangan patah semangat. Rasa percaya diri bisa dibangun. Salah satu langkah awalnya adalah dengan mengenali penyebab rasa percaya diri Anda yang rendah. Dilansir dari laman Psychology Today, berikut ini adalah beberapa alasan penyebab rasa percaya diri yang rendah.

Gen dan temperamen

Pada saat melahirkan ketahuilah kondisi otak sikecil sangat mempengaruhi rasa percaya diri nya nanti. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susunan genetik bisa berdampak pada sejumlah kimia (yang berhubungan dengan rasa percaya diri) yang bisa diakses otak yaitu serotonin, neutransmiter yang dihubungkan dengan kebahagiaan, serta okstosin si hormon cinta, bisa dipengaruhi oleh variasi genetik tertentu. Kira-kira 25-50 persen ciri-ciri kepribadian yang berkaitan dengan rasa percaya diri bisa diwariskan.

Beberapa perilaku juga berasal dari temperamen. Pada saat anda hendak melakukan sesuatu dan berpikir bahwa akhirnya akan seperti apa itu juga menjadi salah satu penghambat bagi anda untuk melakukan sesuatu. Jika anda berpikiran seperti itu maka anda akan cenderung menghindar untuk tidak melakukan hal tersebut. Perilaku di atas sebetulnya tak salah, karena dunia juga butuh orang-orang yang tidak bereaksi secara impulsif pada situasi tertentu.

Jika anda adalah orang yang sangat berhati-hati dalam melakukan sesuatu atau cenderung pendiam, maka rasa percaya diri itu tidak akan datang. Namun, ketika anda mengerti diri anda dan apa yang harus anda lakukan, anda bisa berdamai dengan temperamen dan tidak melawannya.

Pengalaman hidup

Pengalaman hidup setiap orang pasti akan berbeda-beda. Ada yang mempunyai pengalaman menyenangkan adapula yang menyedihkan. Pengalaman hidup juga menjadi salah satu faktor tidak percaya diri. Terdapat empat hal yang mempengaruhi yaitu,

Trauma

Biasanya orang pernah mengalami trauma baik internal maupun eksternal. Contoh orang yang pernah mengalami pelecehan seksual akan mengalami trauma yang sangat berat akibatnya dia cenderung menjadi pendiam dan tidak percaya diri.

Penindasan, pelecehan, dan penghinaan

Kasus bullying, penindasan dll juga dapat mempengaruhi tidak percaya dirinya seseorang terhadap sesuatu yang ingin dia lakukan.

Gender, ras, dan orientasi seksual

wanita lebih khawatir bagaimana mereka dipersepsikan. Karenanya, mereka cenderung lebih sedikit mengambil risiko. Latar belakang ras dan budaya serta orientasi seksual juga bisa berpengaruh. Jika Anda sering menerima perlakukan rasisme dan diskriminasi, Anda mungkin telah menginternalisasi pesan negatif dan pesan yang salah mengenai potensi serta eksistensi diri Anda.

Rasa percaya diri itu sangat perlu kita tanamkan dalam diri kita. Mengapa demikian? Seseorang belum dapat dikatakan sukses apabila belum menegaskan sesuatu dalam dirinya yang menunjukan bahwa dia adalah seseorang yang percaya diri. Para pakar ilmu jiwa sepakat menanamkan prinsip-prinsip percaya diri yaitu :

Pertama, cara agar selalu merasa percaya diri adalah dengan menumbuhkan mental-mental positif pada diri anda. Seperti tidak berpikir tentang suatu hal yang nantinya akan menghambat anda. Menumpas segala mental negative yang selalu mengganggu anda. Sekarang saatnya ubah diri anda menjadi lebih baik.

Kedua, bijaksana lah dalam menyikapi suatu hal dan merancang target-target dengan baik. Mulailah melakukan aktivitas-aktivitas potensial yang menjanjikan kesuksesan pada diri anda. Karena setiap kali anda berhasil melakukan sesuatu maka percaya diri akan semakin kuat pada diri anda. Banyak orang yang gagal dan mengalami rasa tidak percaya diri.

Ketiga, anda juga harus belajar cara bergaul dengan baik dengan orang sekitar agar anda mendapatkan suasana positif yang mendukung anda untuk selalu tampil percaya diri.

Keempat,  anda harus selalu memperhatikan penampilan psikis dan fisik anda dengan baik. Mulai dari gerak tubuh anda, tutur karta anda, cara duduk, cara berdiri, dan perilaku anda harus selalu elegan dan sopan. Individu yang mempunyai rasa percaya diri yang baik adalah individu yang selalu memperhatikan penampilan luar dan dalam nya dengan amat baik. Riset- riset ilmiah juga menyatakan bahwa penampilan yang baik dapat memperkuat rasa percaya diri

Kelima, pilihlah teman yang dapat memberikan dorongan kepada anda supaya anda selalu tampil percaya diri dimanapun. Menurut hemat pada kami, anda bebas memilih. Anda ingin memilih teman yang mempunyai rasa percaya diri atau anda ingin memilih teman yang memberikan rasa percaya diri. Atau anda bisa menjadikan keduanya teman karib.

Apapun alasannya belajarlah untuk tidak cemas, tunjukan kemampuan anda dan berkarya lah sebanyak mungkin. Karena melalui percaya diri anda dapat menjadi pribadi yang sukses untuk diri sendiri dan untuk orang sekitar anda. Belajarlah untuk selalu menjadi orang yang terbuka dan jangan menjadi orang yang introvert karena dari situlah rasa percaya diri anda akan semakin kuat dan bertambah.

Source :

https://www.gramedia.com/best-seller/percaya-diri/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3619930/kenali-penyebab-rasa-percaya-diri-rendah

Percaya diri pasti

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

putri mutiara sari