Apa saja Organ PT ?

Apa saja Organ PT ?

memiliki kepanjangan Perseroan Terbatas yang berasal dari kata “Sero” yang memiliki pengertian berdasarkan Kamus Besar Bahasa merupakan “Perserikatan dagang, kongsi, maskapai”.

Perseroan yang berada di harus serta wajib tunduk pada Nomor 40 Tahun 2007 Tentang sebagai pedoman bagi perseroan.

merupakan subjek hukum yang memiliki harta tersendiri dna terpisah dari para pemilik tersebut yang mana jika sebuah bangkrut akibat tidak mampu bersaing dalam dunia di

Baca juga  Mari Menyelami Manusia Korporat
.

Maka harta pemilik dari tersebut tidak ikut bertanggung jawab untuk mengganti sisa hutang apabila harta tidak mencukupi untuk membayar hutangnya kepada kreditor-kreditornya tersebut.

Lebih jauh memiliki - yang digunakan untuk menjalani roda kegiatan bisnisnya agar semua kegiatan yang terjadi dalam terstruktur serta terarah agar tidak ada penyimpangan-penyimpangan sehingga mengakibatkan kerugian bagi atau .

Dalam Peraturan Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, dalam atau termaktub dalam ketentuan Pasal 1 angka (2) Nomor 40 Tahun 2007 Tentang yang berbunyi

Baca juga  Kenali 4 Profesi di Bidang Akuntansi Secara Umum
Perseroan adalah Rapat Umum Pemegang , Direksi, dan Dewan Komisaris”.

Oleh karena itu apabila melihat ketentuan Pasal diatas, perseroan dibagi menjadi tiga yakni :

  •  Rapat Umum Pemegang (RUPS),
  • Dewan Komisaris,
  • Direksi

Ketiga perseroan tersebut memiliki tugas dan wewenang yang berbeda yang mana kedudukan tertinggi dalam sebuah perseroan adalah Rapat Umum Pemegang .

Baca juga  Yang Berwenang Mewakili Perseroan Terbatas (PT)

Sedangkan yang menjalankan roda kegiatan perseroan merupakan wewenang dari Direksi yang diawasi oleh Dewan Komisaris yang bertujuan agar jalannya roda perseroan tidak disalahgunakan atau penyelewengan oleh direksi apabila tidak diawasi oleh Dewan Komisaris yang mana kemudian setiap tahun wajib dilaporkan kepada para pemegang dalam Rapat Umum Pemegang .

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Referensi :

Kamus Besar Bahasa (KBBI)

Dasar Hukum :

Nomor 40 Tahun 2007 Tentang

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arief