Apa Saja Sih Perubahan-Perubahan Yang Kita Rasakan Setelah Adanya Pandemi COVID-19 Ini ?

Apa Saja Sih Perubahan-Perubahan Yang Kita Rasakan Setelah Adanya Pandemi COVID-19 Ini ? 1

Sepertinya kita sudah tidak asing dengan kata “ pandemi “. Pandemi Covid-19 ini dirasakan dan dialami oleh semua orang diseluruh dunia, termasuk Indonesia sampai saat ini. Sekitar satu tahun lebih kita mengalami dan merasakan pandemi Covid-19 ini, tepatnya pada bulan Maret 2020 Indonesia mengumumkan bahwa wabah Covid-19 mulai masuk ke wilayah Indonesia. Mulai saat itu banyak sekali perubahan-perubahan yang dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia.

Lalu apa saja sih perubahan-perubahan yang kita rasakan setelah adanya pandemi Covid-19 ini?,  berikut adalah lima perubahan yang kita rasakan. Yuk lihat dan simak!

1. Pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan)

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh artinya pembelajaran tidak tatap muka secara langsung dan dilakukan dirumah masing-masing. Pembelajaran daring lebih mengutamakan teknologi loh, pasalnya pembelaran daring berbeda dengan kita belajar saat di sekolah yang alat belajarnya menggunakan buku, pensil, pulpen, dan papan tulis. Sedangkan pembelajaran daring lebih di utamakan menggunakan handphone, laptop dan pastinya jaringan wifi atau kuota yang kuat dan stabil.

2. Wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Penggunaan masker saat keluar rumah menjadi hal yang wajib untuk saat ini, apalagi ketika kita pergi keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang dijalan. Masker saat ini menjadi kebutuhan yang wajib dan harus dilakukan bagi masyarakat sebagai salah satu cara untuk menati prokes ( protokol kesehatan ), nah bagi yang belum terbiasa menggunakan masker pada saat berpergian mungkin akan menjadi sesuatu yang aneh. Tetapi, kita sebagai masyarakat yang bijak dan peduli terhadap sesama harus bisa membiasakan penggunaan masker di dalam kehidupan sehari-hari terutama pada saat di luar rumah.

3. Pembatasan sosial dengan orang lain

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Sosial Distancing atau pembatasan sosial adalah cara kita menjaga jarak dengan lawan bicara atau dengan orang yang kita jumpai. Jarak antara lawan bicara minimal adalah dua meter, dalam pembatasan sosial juga tidak memperbolehkan kita untuk berjabat tangan atau melakukan kontak fisik dengan orang lain. Pembatasan sosial juga dilakukan ketika menjumpai adanya kerumunan, saat adanya kerumunan kita wajib untuk menghindari dan memilih ketempat yang lebih sepi. Tujuan dilakukannya pembatasan sosial ini adalah untuk mengatasi atau mengurangi penyebaran wabah covid-19.

4. Wajib mencuci tangan setelah melakukan aktifitas

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Nah, sepertinya kita sudah tebiasa ya dengan mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktifitas, tetapi kali ini berbeda loh. Saat pandemi seperti saat ini kita diwajibkan untuk mencuci tangan ketika akan melakukan aktifitas atau sesudah melakukan aktifitas dan tidak asal mencuci tangan juga, ada aturannya loh yaitu, minimal mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik menggunakan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun tentunya. Diperhatikan pula ketika kita mencuci tangan gosok bagian sisi kanan, kiri, bawah, atas dan samping serta sela-sela jari juga perlu agar tangan kita bersih secara menyeluruh.

5. Adanya pembatasan mobilitas

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Nah, yang terakhir tentang perubahan -perubahan kita rasakan saat pandemi ini adalah pembatasan mobilitas, artinya masyarakat dihimbau untuk mengurangi kegiatan atau aktifitas yang dirasa tidak terlalu penting yang membuatnya harus keluar dari rumah, seperti bermain, menonton, jalan-jalan dan olahraga. Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk pembatasan mobilitas, seperti  diberlakukannya sistem lockdown dan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ). Pembatasan ini juga bertujuan untuk mengurangi penyebaran dan penularan  Covid-19 di Indonesia.

Nah, itu tadi lima  perubahan yang kita rasakan setelah adanya pandemi Covid-19, dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia bukan menjadi penghalang bagi kita untuk tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita maupun bagi orang lain. Pandemi ini bisa menjadi tolak ukur seberapa kita mampu dan kuat menjalaninya, sudah banyak kerabat-kerabat kita yang lebih dulu pergi meninggalkan kita, meninggalkan orang yang mencintai dan dicintainya.

Maka dari itu, kita sebagai masyarakat yang cerdas hendaklah kita mengikuti anjuran yang sudah pemerintah buat salah satunya dengan menaati protokol kesehatan, dengan cara ini dapat membantu dan melindungi diri kita dan orang lain dari penyebaran Covid-19  yang ada di Indonesia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Safilla Azhari Budiono